AndroidHow-ToTeknologi

Tutorial Cara Mengatasi Android Lemot

posted by MiFTiD 11 Mei 2016
Tutorial Cara Mengatasi Android Lemot

Agar Android Tidak Lemot

Cara mengatasi android lemot sebenarnya cukup mudah. Perangkat yang tiba-tiba lemot baik saat membuka aplikasi ataupun sedang menjalankan aplikasi memang kerap membuat kesal. Apalagi Anda merasa terburu-buru dan tidak bisa menunggu lama.

Bagi setiap pengguna OS Android sudah pasti ingin supaya perangkatnya selalu dalam kondisi prima. Namun, tidak bisa dipungkiri lemot menjadi salah satu kendala yang sering dialami. Mengapa android bisa lemot? Bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum mengetahui cara mengatasi android yang lemot, ada baiknya bila mengetahui apa penyebab perangkat andorid menjadi lemot. Dengan mengetahui penyebabnya tentu upaya mengetasi bisa berlangsung lebih efekitf. Adapun berikut beberapa faktor penyebab android lemot:

  • Kapasitas internal memori RAM (Random Acces Memory) pada perangkat android yang terlalu kecil. Besar kecilnya RAM ibarat meja kerja. Saat digunakan untuk bekerja, maka akan ada banyak barang ditaruh di atas meja. Bila ukuran meja cukup kecil tentu tidak bisa menampung banyak barang, dan sebaliknya. Demikian pula dengan kapasitas RAM. Kapasitas RAM yang besar sekiranya mendukung pemasangan aplikasi canggih.
  • Terlalu banyak memasang aplikasi juga mempengaruhi kinerja andorid. Karenanya hindari memasang terlalu banyak aplikasi yang sebenarnya kurang begitu dibutuhkan. Aplikasi yang diinstall dapat menyebabkan force close dan tidak jarang lemot. Bila ingin mengunduh aplikasi pastikan dari market terpercaya agar perangkat lebih aman dari infeksi malware dan Anda tidak perlu repot-repot mengatasi android lemot.
  • Jumlah kapasitas eksternal memori juga berpengaruh pada perangkat. Namun, sebenarnya faktor terbesar bukan pada kapasitas melainkan dari Class micro SD. Class terbaik yaitu Midro SD Class 10 yang mana cocok untuk bisnis ataupun hobi.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab andorid lemot, berikut cara mengatasi android lemot:

1. Hapus Widget dari Home Screen

Hindari memasang terlalu banyak widget di layar utama. Keberadaan widget memang ampuh membuat tampilan android makin keren, tetapi terlalu banyak malah memberatkan kinerja perangkat. Alhasil perangkat jadi lemot. Oleh karena itu, gunakan widget untuk aplikasi yang memang Anda butuhkan saja.

2. Aplikasi Serba Guna

Seperti yang sudah Anda tahu, semakin banyak aplikasi yang Anda install berisiko memberatkan tugas perangkat android. Untuk itu, manfaatkan aplikasi serba guna yang dapat memenuhi banyak kebutuhan Anda. Sehingga Anda bisa menghemat penggunaan memori ataupun permintaan RAM yang mesti diambil.

3. Atur Sinkronisasi

Cara mengatasi android lemot lainnya yaitu mengatur sinkronisasi. Pastikan Anda ingat untuk mengatur sinkronisasi supaya tidak mengambil terlalu banyak koneksi paket data internet baik untuk ditampilan atau otomatis diunduh.

4. Cukup Gunakan Satu Antivirus

Memang benar antivirus berperan penting dalam melindungi device. Meskipun demikian, cukup install satu antivirus saja. Hal ini karena aplikasi jenis ini bekerja pada latar dan memantau sistem android. Bila Anda menggunakan lebih dari satu antivirus permintaan penggunaan RAM pun pastikan akan jauh lebih boros.

5. Atur Tampilan Wallpaper

Tidak jarang agar terlihat keren dan fresh, pengguna android memasang live wallpaper. Sebenarnya penggunaan live wallpaper malah membuat android boros baterai. Selain itu android juga jadi lemot. Karenanya atur tampilan wallpaper Anda sebaik mungkin.

6. Unduh Clean Master

Cara mengatasi android lemot berikutnya yaitu dengan mengunduh Clean Master. Aplikasi ini dapat anda manfaatkan untuk membersihkan junk files, cache, dan cookies secara rutin. Setiap kali Anda berselancar di internet, maka semua data web akan tersimpan di cache browser. Bila tidak dibersihkan tentu bisa memakan kapasitas memori. Karena itulah dibutuhkan Clean Master yang juga ampuh mengatasi residual file atau folder kosong yang secara otomatis dibuat oleh banyak aplikasi agar memori Anda tidak penuh dengan file tidak penting.

7. Aktifkan Auto Kill

Agar andorid tidak lemot, Anda bisa juga mengaktifkan auto kill. Tujuannya tidak lain mematikan secara paksa aplikasi-apikasi yang dinilai memakan RAM secara berlebihan. Tenang saja. Fitur ini cukup aman dan bekerja pada latar secara otomatis.

8. Aplikasi Berbayar

Aplikasi gratis memang menarik dan menggiurkan. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya beberapa aplikasi gratis adalah aplikasi percobaan? Itulah mengapa banyak review yang dibuat di market dengan membagikan aplikasi secara gratis memudahkan pengembang mengetahui adanya bugs atau ketidaksesuaian. Jadi bila tidak ingin andorid lemot memang lebih baik menggunakan aplikasi berbayar. Meski memang masih ada banyak pula aplikasi gratis hadir dengan kualitas bagus.

9. Freeze Aplikasi

Cara ini hanya bisa dilakukan pada perangkat andorid yang sudah pernah diroot. Adapun salah satu aplikasi yang mempunyai fitur freeze yaitu link2SD.

10. Isi Daya Baterai Secara Benar

Seperi sudah menjadi kebiasaan, pengguna android mengisi daya baterai tanpa mematikan perangkat. Sebenarnya kebiasaan tersebut dapat menurunkan kualitas baterai dan perangkat. Oleh karena itu, biasakan mematikan perangkat android saat mengisi baterai. Hal ini tidak hanya membuat baterai lebih awet tetapi menjaga supaya andorid tetap sensitif dan Anda tidak perlu bingung mengatasi android lemot.

You may also like

Leave a Comment