Memiliki minat untuk membaca buku saat ini mungkin bisa dibilang sangat minim. Padahal, segala hal tentang pengetahuan berawal dari membaca, sehingga tidak heran selalu dikatakan jika buku merupakan “jendela dunia”. Hal tersebut dikarenakan melalui buku, akan banyak sekali pengetahuan yang bahkan belum diketahui sebelumnya dari berbagai belahan dunia di manapun. Oleh karena itu, menumbuhkan budaya serta minat untuk membaca merupakan langkah awal agar menjadi masyarakat yang lebih cerdas dan juga berilmu pengetahuan.

Tips menumbukan minat membaca
Tips menumbuhkan minat membaca

Cara mudah untuk menumbuhkan minat membaca dari diri sendiri

Tentunya, menumbuhkan minat baca harus dimulai dari diri sendiri. Meskipun mungkin terkadang akan sangat sulit untuk menumbuhkan minat baca tersebut. Namun jika mengetahui tips dan juga triknya, maka menumbuhkan minat untuk membaca akan lebih mudah. Terlebih lagi, dengan niat dan juga kesungguhan untuk menumbuhkannya secara pribadi. Maka bukan tidak mungkin akan tumbuh kesadaran untuk terus memiliki ilmu dan pengetahuan melalui membaca.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tumbuh minat membaca dari diri sendiri

1. Mengenal manfaat dari membaca

Membaca merupakan salah satu cara untuk mengembangkan diri pribadi, khususnya dalam segi keilmuan serta pengetahuan. Karena harus diketahui jika daya saing juga memiliki kebutuhan akan ilmu pengetahuan, dan semua itu harus dijalani selama manusia hidup. Oleh karena itu, mulailah untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membaca karena memiliki banyak manfaatnya. Mulai dari wawasan, ilmu pengetahuan dan tidak lupa juga untuk menjadi salah satu senjata dalam melakukan daya saing di zaman sekarang ini.

2. Miliki waktu khusus untuk membaca

Tentunya, memiliki niat untuk membaca merupakan langkah awal untuk menumbuhkan minat membaca. Namun tentunya juga jika minat saja tidaklah cukup, tetapi harus disertai dengan tindakan. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk membaca, merencanakan waktu khusus, hingga memastikan akan konsistensi diri untuk membaca buku. Dengan niat dan juga tindakan, bukan tidak mungkin untuk meluangkan waktu membaca bahkan sekitar setengah jam sekalipun dalam satu hari.

3. Menemukan buku yang tepat untuk di baca

Pastikan untuk benar-benar memilih buku yang tepat untuk dibaca. Karena seringkali saat pertama kali ingin membaca buku, dan salah dalam memilih buku. Maka kemungkinan akan ada rasa bosan dan juga kurangnya motivasi untuk melakukannya lagi. Oleh karena itu, jangan langsung melahap buku yang orang lain pikir itu bagus. Tapi pastikan mengenali kepribadian sendiri untuk mengetahui ketertarikan mengenai genre buku yang akan di baca. Hal itu dikarenakan tiap-tiap orang memiliki jenis ketertarikan yang berbeda-beda. Jika telah menemukan jenis buku yang pas, maka akan lebih mudah untuk mencari buku dengan jenis genre yang sama sekaligus juga untuk menambah semangat dalam menumbuhkan minat untuk membaca.

4. Paksa diri sendiri untuk membaca

Yang biasanya salah satu hambatan bagi orang-orang untuk membaca yaitu seringkali menunda-nunda untuk melakukannya. Terlebih lagi jika menganggap bahwa membaca bukanlah sesuatu hal yang terlalu penting sehingga menjadi terlupakan dalam menumbuhkan minat baca tersebut. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memaksakan diri agar mau membaca karena itu bukanlah hal yang salah. Sekalipun keinginan untuk membaca tidak terlalu tinggi, namun pastikan untuk ‘memaksakan’ diri membaca salah satu buku dan mencoba untuk menuntaskannya.

5. Rajinlah untuk membaca review buku

bisa menjadi langkah selanjutnya, khususnya untuk lebih mengetahui buku apa yang akan dijadikan media dalam menumbuhkan minat baca tersebut. Banyak review-review buku yang bisa menjadi rekomendasi jika ingin membaca buku. Mulai dari media koran, hingga internet akan lebih mudah untuk menemukannya. Misalnya saja mencari berdasarkan genre maka akan banyak sekali buku yang bisa menjadi salah satu untuk dinikmati sekaligus juga menumbuhkan minat baca secara pribadi. Bukan tidak mungkin, dengan banyaknya membaca buku dan juga mengetahui bagaimana bentuk review buku, maka bisa membuat ulasan atau review sendiri serta mengemukakan opini pribadi mengenai buku yang telah dibaca. Jika telah seperti itu, maka dapat dipastikan jika minat membaca benar-benar telah tumbuh.

6. Menjadi bagian komunitas pecinta buku

ada banyak pecinta buku yang bahkan saat ini lebih mudah untuk melakukan komunikasi karena teknologi yang semakin berkembang dan canggih. Mulai dari dalam negeri bahkan juga bukan tidak mungkin dari luar negeri. Dengan menjadi bagian dari komunitas pembaca buku, mungkin akan lebih menumbuhkan motivasi membaca dan juga tertarik untuk membaca lebih banyak buku lagi. Menjadi bagian dari komunitas juga akan banyak mendapatkan gambaran dari buku-buku menarik yang bisa jadi menumbuhkan minat membaca tersebut.

Itulah beberapa tips atau cara untuk menumbuhkan minat membaca. Setelah minat membaca telah tumbuh dalam diri pribadi, maka cobalah untuk menyebarkannya agar minat membaca yang memiliki banyak manfaat serta kualitas khususnya sebagai pendamping dalam menjalani hidup juga dimiliki oleh banyak orang.