How-ToKesehatanTips

Tips Perawatan Kulit Sensitif

posted by MiFTiD 12 Mei 2016

Merawat Kulit Sensitif

Bagaimana perawatan kulit sensitif yang benar? Merawat kulit sensitif memang tidak boleh asal-asalan. Pasalnya kulit sensitif termasuk jenis kulit yang dapat bereaksi cepat terhadap produk kosmetik tertentu, bahan kimia tertentu, cuaca panas, atau kondisi lingkungan. Bila tidak cocok dengan suatu produk kosmetik atau kondisi lingkungan, kulit sensitif akan terlihat memerah, iritasi, atau malah muncul jerawat. Kondisi tersebut jelas membuat tidak nyaman dan dapat mengurangi rasa percaya diri Anda.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tidak perlu khawatir. Selama dirawat dengan baik, maka kulit akan selalu sehat dan bebas dari gangguan kulit. Berikut diberikan beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Perawatan kulit sensitif yang pertama yaitu rutin membersihkan wajah. Hal ini pun wajib bila Anda setiap hari menggunakan riasan wajah atau make up. Debu dan bakteri bisa jadi menempel di kulit wajah. Cara paling tepat untuk menghilangkannya jelas dengan membersihkan wajah Anda. Pertama-tama sapu wajah Anda dengan air bersih. Lanjutkan dengan menggunakan cleanser atau sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda. Terakhir bilas lagi seperlu memastikan tidak ada debu, bakteri, atau kotoran di wajah Anda. Bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan, sering-sering cuci muka. Demikian pula untuk Anda yang bekerja di dalam ruangan. Meski berada di dalam ruang tidak berarti kulit wajah Anda terbebas dari debu dan kotoran.

2. Hindari Pembersih Wajah dengan Zat Eksfoliasi

Tidak semua produk pembersih cocok untuk kulit sensitif. Demikian pula dengan pembersih wajah yang memiliki kandungan zat eksfoliasi. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilih pembersih wajah yang bebas dari kandungan zat eksfoliasi. Pasalnya kandungan tersebut hanya akan membuat kulit Anda terkikis semakin tipis dan semakin sensitif. Utamakan memilik produk dengan kandungan bahan herbal alami. Misalnya saja aloe vera, chamomile, atau bahan alami lain yang berfungsi sebagai anti iritasi dan bersifat mendinginkan.

3. Hindari Produk Penyegar Beralkohol

Tips perawatan kulit sensitif berikutnya yaitu hindari penggunaan produk penyegar wajah dengan kandungan alkohol. Pasalnya kandungan alkohol sangat reaktif terutama pada jenis kulit sensitif. Adapun sebaiknya Anda memilih produk penyegar yang memiliki komposisi witch hazel atau lavender. Bila memang sudah terjadi iritasi, ketika membersihkan wajah sebaiknya gunakan air bersih dan make up remover wipes jenis tissue. Jangan sesekali menggunakan waslap karena permukaannya cukup kasar. Salah-salah kulit sensitif Anda akan terkikis dan semakin merah.

4. Bilas dengan Air Bersuhu Normal

Selain harus memilih produk yang cocok, air yang digunakan pun mesti aman bagi kulit senitif. Sebagai tips, hindari air dingin ataupun air panas. Karena suhu air yang terlalu esktrim bisa jadi malah membuat iritasi kulit semakin parah. Untuk itu, gunakan air suhu normal atau suhu kamar.

5. Mengaplikasikan Pelembab

Selesai mencuci wajah, ingat untuk mengeringkan kulit wajah dengan handuk bersih dan lembut. Namun, biarkan kulit Anda sedikit lembab. Dalam hal ini Anda bisa memoles krim pelembab seperlu mengunci kelembaban kulit Anda. Hanya saja Anda wajib selektif memilih produk kecanrikan yang digunakan. Bila keliru memilih produk pelembab, salah-salah kulit Anda malah menjadi berminyak. Bila memang dibutuhkan Anda dapat pula menggunakan masker dari bahan alami setiap kali sebelum tidur. Perawatan ini dibutuhkan agar kulit Anda selalu sehat dan segar.

6. Hindari Paparan Matahari Langsung

Jenis kulit sensitif pada umumnya tidak tahan dengan sengatan matahari. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari paparan matahari langsung. Bila memang Anda memiliki kegiatan outdoor yang mengharuskan Anda terpapar sinar matahari langsung, maka tekan risikonya dengan mengaplikasikan sunblock. Pilih sunblock atau tabir surya dengan kandungan titanium diokside ataupun zinc. Kedua kandungan tersebut diketahui ampuh mencegah iritasi pada kulit wajah yang sensitif akibat terkena paparan sinar matahari langsung.

7. Konsumsi Makanan Bergizi Kaya Vitamin C

Imbangi perawatan kulit sensitif dengan mengonsumsi makanan kaya kandungan vitamin C seperlu menjaga kesehatan dan kesegaran kulit Anda. Perawatan dari luar memang penting, tetapi perawatan dari dalam dengan mengontrol setiap asupan makanan juga tidak kalah penting. Bukan asupan makanan saja. Perbanyak pula asupan air putih agar kulit tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Setiap hari tubuh Anda membutuhkan cairan cukup, demikian pula dengan kulit Anda.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan. Jenis kulit sensitif bisa dibilang memang paling rewel dibanding jenis kulit yang lain. Namun, tidak lantas kulit sensitif tidak bisa dijaga kesehatannya. Selama Anda mengupayakan perawatan yang tepat dan benar, pastinya kulit wajah Anda selalu sehat tanpa gangguan kulit apapun. Sekian dan semoga tips seputar perawatan kulit sensitif kali ini bermanfaat.

You may also like

1 Comment

Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat - MiFTiD 21 Mei 2016 at 10:30 am

[…] Hanya saja cara menghilangkan bopeng menggunakan jus lemon ini tidak direkomendasikan untuk jenis kulit sensitif karena berisiko iritasi. Anda bisa membuat jus lemon dari satu buah lemon segar. Oleskan jus lemon […]

Reply

Leave a Comment