How-ToLifestyleTipsTravel

Tips Packing Liburan Ini Bisa Membantumu Bepergian Dengan Lebih Praktis

posted by MiFTiD 18 Mei 2016

Tips packing liburan – Tiket akomodasi cek, booking penginapan cek, itinerary cek, boneka kesayangan cek, apa lagi yang belum? Ups, ternyata masih banyak barang bawaan yang berserakan di tempat tidur dan belum dimasukkan ke dalam koper. Packing memang jadi satu aktivitas yang menyusahkan dan bikin malas dalam setiap perjalanan. Setiap packing selalu yang dipikirkan adalah mau bawa barang apa biar waktu jalan tidak kekurangan, tapi kalau dibawa semua ya bisa repot. Satu prinsip untuk packing yang benar ya harus sesuai dengan tujuan, kalau kamu berencana pergi ke daerah yang terpencil rasanya tidak perlu bawa gadget ini itu. Bikin kegiatan packing kamu jadi lebih praktis dengan tips packing liburan berikut ini.

1. Menggulung pakaian

Tips packing liburan yang pertama adalah dengan menggulung pakaian yang akan dibawa, bukan dilipat. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menggulung pakaian. Yang pertama akan ada lebih banyak space untuk barang lain agar bisa masuk koper. Yang kedua pakaian yang digulung tidak mudah kusut dibandingkan dengan pakaian yang dilipat. Yang ketiga kamu akan lebih mudah mengambil pakaian yang akan dipakai tanpa harus membongkar tumpukan yang lainnya.

2. Haruskah pakai koper besar?

Kalau kamu memang membawa barang yang mudah rusak misalnya kamera atau benda lainnya yang akan dimasukkan ke dalam koper, wajar jika kamu ingin membawa koper dengan perlindungan yang baik. Tapi jika isi koper hanya pakaian dan peralatan pribadi saja rasanya tidak begitu perlu untuk menggunakan koper yang memiliki perlindungan cangkang. Kamu bahkan bisa menggunakan duffel bag atau carrier bag karena koper yang besar dan bercangkang itu punya bobot yang tidak ringan.

3. Memilih baju yang universal

Kecuali kamu memang ada tujuan khusus untuk liburan misalnya menghadiri acara pernikahan kerabat jauh atau pemotretan di pantai maka tips packing liburan selanjutnya pilihlah pakaian yang nantinya bisa dipakai berkali-kali. Misalnya sepasang celana pendek dan kaos oblong untuk baju tidur dan celana jeans yang cocok dipakai dengan atasan apa saja untuk jalan-jalan. Setelah dipakai sebaiknya diangin-angingkan biar tidak bau, tidak perlu dicuci dulu. Untuk para wanita, ada yang bisa kamu lakukan untuk menghemat celana dalam yaitu dengan menggunakan panty liner agar bagian celana dalam tidak cepat kotor dan kamu tidak perlu sering-sering ganti.

4. Cadangan alas kaki

Tips packing liburan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan alas kaki yang tepat. Sepatu sneakers adalah pilihan yang aman karena ia lumayan nyaman untuk dibawa jalan jauh. Tapi kalau tujuannya ke gunung sebaiknya pilih sepatu gunung dengan kualitas yang baik, kamu juga bisa bawa cadangan sandal gunung untuk kondisi-kondisi tertentu. Untuk liburan ke pantai pun sandal jepit sebenarnya sudah cukup, hindari menggunakan sepatu untuk main ke pantai karena pasirnya akan susah untuk dibersihkan dan mengeringkan sepatu membutuhkan waktu yang lumayan lama.

5. Jaket dipakai langsung

Outwear yang tebal seperti jaket atau coat sebaiknya tidak perlu kamu masukkan ke dalam koper. Tips packing liburan agar space di dalam koper tidak terbuang percuma adalah dengan mengenakan langsung jaket atau sweater yang akan dibawa. Kalau memang belum terlalu dingin untuk mengenakan outwear kamu bisa menalinya ke pinggang atau menyelempangkan ke pundak. Jaket atau sweater memiliki lapisan yang cukup tebal sehingga sayang kalau dimasukkan ke dalam koper, lebih baik untuk dimasukkan barang bawaan yang lainnya yang lebih penting.

6. Alat mandi seperlunya

Jika kamu menginap di hotel maka alat mandi akan disediakan. Tapi yang perlu kamu bawa sendiri tentu saja sikat gigi punya sendiri karena menggunakan sikat gigi yang lain terasa tidak nyaman. Membawa handuk pun tidak perlu yang berukuran besar, kamu bisa membawa handuk jogging untuk mengeringkan tubuh dan tidak memakan banyak space. Peralatan make up atau perawatan pribadi pun tidak perlu dibawa semuanya. Bawa saja yang paling dasar misalnya pelembab, lotion, sun screen, lip balm atau sebatang lipstick, dan cologne. Dalam memilih alat mandi dan perlengkapan pribadi sebaiknya pilih yang berukuran kecil atau travel size dan letakkan di section yang berbeda dengan pakaian untuk menghindari ketumpahan isi dan sebagainya.

7. Cek muatan bagasi maksimal

Tips packing liburan ini penting bagi kamu yang bepergian dengan menggunakan pesawat. Masing-masing maskapai penerbangan punya kebijakan yang berbeda mengenai berat bagasi yang dibawa oleh masing-masing penumpang. Maka dari itu cek berapa muatan bagasi yang diijinkan oleh maskapai penerbangan kamu dan ukur berapa banyak barang yang bisa kamu bawa. Kalau bagasi kamu kelebihan muatannya, maka maskapai akan mengenakan biaya tambahan untuk bagasi yang tentunya tidak murah. Sekian beberapa saran untuk tips packing liburan.

You may also like

Leave a Comment