How-ToLifestyleTips

Tips Merawat Koleksi Jam Tangan Tetap Awet dan Kinclong

posted by MiFTiD 14 Mei 2016

Berbicara mengenai koleksi apapun, Anda pasti memilikinya dalam jumlah banyak. Tidak mungkin seseorang yang memiliki suatu koleksi terhadap benda tertentu, hanya memiliki satu benda. Minimal Anda pasti memiliki sejumlah lima bahkan dapat lebih dari itu. Sama halnya ketika ada yang hobi mengkoleksi jam tangan. Dapat dipastikan mereka memiliki koleksi jam tangan yang tersimpan dalam suatu wadah atau ditempatkan dalam lemari. Jam tangan sendiri termasuk koleksi yang membutuhkan perawatan khusus. Mengingat jika jam tangan tidak pernah digunakan, maka memiliki risiko besar terhadap kerusakan. Sebaiknya, bagi Anda pengkoleksi jam tangan, berikut ini ada tips yang berguna untuk merawat jam tangan kinclong seperti baru.

1. Koleksi Jam Tangan Harus Tersimpan pada Kondisi Kering

Jam tangan yang jarang digunakan sebenarnya dapat tetap awet selama Anda menyimpannya dengan benar. Anda harus menyimpan jam tangan pada kondisi yang kering. Jika selama ini Anda menyimpan koleksi jam tangan pada kondisi lembap, pindahkan sekarang juga. Perhatikan pula suhu ruangan tempat koleksi jam tangan Anda berada. Hindari tempat penyimpanan koleksi jam tangan Anda terpapar oleh sinar matahari. Lebih baik sediakan lemari kaca khusus untuk menyimpan dan merawat koleksi jam tangan Anda. letakkan lemari kaca tersebut di ruangan yang selalu memiliki kondisi kering dan suhu sejuk.

2. Koleksi Jam Tangan Tersimpan pada Tempat Khusus

Jam tangan harus terpisah dari beberapa benda lain yang berisiko merusak umur simpan koleksi Anda tersebut. Pastikan ketika Anda menyimpan koleksi jam tangan harus terpisah dengan benda lainnya. Hindari untuk menggabungkan dengan benda-benda yang memiliki unsur medan magnet. Semakin kuat medan magnet di sekitar koleksi jam tangan Anda, semakin besar pengaruhnya untuk mengganggu kestabilan gerak jarum jam. Ini membuat jam tangan Anda menjadi lebih lambat dalam menunjukkan waktu. Lebih baik simpan koleksi jam tangan pada lemari kaca sebagai tempat khusus untuk koleksi Anda tersebut. Lemari kaca tersebut harus jauh dari benda berunsur elektronik yang memiliki kekuatan medan magnet. Sehingga ada baiknya jauhkan lemari kaca yang berisi koleksi jam tangan dari kulkas, microwave, televisi, maupun kipas angin.

3. Gunakan Koleksi Jam Tangan Secara Bergantian

Jam tangan yang Anda koleksi jangan sampai dibiarkan hanya terpajang di dalam lemari kaca. Mengingat jam tangan jauh lebih awet ketika digunakan. Fungsikanlah jam tangan sebagaimana mestinya. Jangan menyimpan jam tangan terlalu lama tanpa Anda gunakan. Sehingga yang patut Anda lakukan adalah menggunakan koleksi jam tangan Anda secara bergantian. Anda tentu dapat menyesuaikan jam tangan dengan aktivitas saat itu. Sebagai contoh, Anda menggunakan jam tangan yang berbeda setiap hari dari koleksi jam tangan yang dimiliki. Begitu seterusnya dan lakukan berputar agar semua koleksi jam tangan Anda memiliki kegunaan secara layak. Namun, jika ada beberapa koleksi jam tangan yang sangat sayang untuk Anda gunakan, paling tidak Anda pernah menggunakannya sekali dalam sebulan. Hal itu demi mencegah koleksi jam tangan Anda mengalami kerusakan, hanya karena tidak pernah digunakan.

4. Perhatikan Cara Pemakaian Jam Tangan Secara Benar

Jam tangan memiliki risiko terjadi korosi ketika bersentuhan dengan senyawa yang mengandung garam. Keringat Anda salah satunya penyebab dari korosi jam tangan. Demi merawat koleksi jam tangan yang Anda gunakan dapat awet dan tetap kinclong, lakukan ini. Sebelum Anda menggunakan jam tangan tersebut, bersihkan bagian belakang jam tangan menggunakan kain halus atau sehelai tisu. Tujuannya agar meminimalisir sentuhan pergelangan tangan Anda yang berkeringat.

5. Rajin Membersihkan Koleksi Jam Tangan

Perlu Anda ketahui, menyimpan koleksi jam tangan di tempat tertutup seperti kaca, belum menjamin koleksi jam tangan tersebut bebas dari debu. Celah-celah kecil pada lemari kaca dapat dengan mudah dimasuki oleh debu. Ada baiknya Anda rajin membersihkan koleksi jam tangan yang tersimpan di lemari kaca. Sebab jika selama ini beberapa jam tangan tersebut bermasalah, kemungkinan karena jarang dibersihkan. Ingat, jam tangan kinclong seperti baru itu dengan membersihkan sesuai bahan tali yang digunakan pada jam tangan. Untuk tali jam tangan yang terbuat dari kulit, bersihkan seminggu sekali dengan mengoleskan bagian tali kulit menggunakan lotion. Kemudian keringkan menggunakan kain kering berbahan lembut. Untuk tali jam tangan yang terbuat dari karet, ini lebih mudah kotor. Anda dapat membersihkan bagian tali tersebut dengan sabun cuci. Gosok perlahan menggunakan sikat lembut agar kotoran yang menempel pada tali karet jam tangan dapat terangkat. Barulah lap dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering berbahan lembut.

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari ketika mengetahui koleksi jam tangan tersebut rusak hanya karena tidak dirawat. Meskipun menjadi koleksi, namun jam tangan juga tetap digunakan. Dan yang pasti rajin dibersihkan agar tetap awet dan jam tangan kinclong seperti baru.

You may also like

Leave a Comment