How-ToKesehatanTips

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

posted by MiFTiD 23 Mei 2016

Adakah tips cara mengatasi rambut rontok yang efektif dicoba? Rambut merupakan mahkota berharga, terutama untuk wanita. Rambut dianggap begitu penting seperlu menunjang penampilan. Namun, bagaimana bila ternyata terjadi rambut rontok?

Kerontokan rambut sebenarnya wajar terjadi. Rambut yang rontok merupakan bagian dari proses regenerasi rambut. Hanya saja Anda perlu waspada bila jumlah rambut yang rontok didapati berlebihan. Rambut rontok masih dikatakan wajar bila tidak lebih dari 100 helai per hari. Bila lebih, hati-hati terhadap risiko kebotakan. Tentu Anda tidak ingin bermasalah dengan kebotakan bukan? Berikut tips-tipsnya:

1. Bawang Putih

bawang putih dapat mengataso rambut rontok

Mungkin beberapa orang memilih menghindari bawang putih karena tidak kuat dengan baunya. Namun, siapa sangka bila bawang putih ampuh mengurangi rambut rontok. Caranya dengan memblender bawang putih agar menjadi jus. Jus bawang pytih tersebut selanjutnya bisa dioles pada area rambut yang rontok sebelum tidur. Biarkan jus bawang putih bekerja semalaman penuh. Baru di esok harinya Anda dapat membilas menggunakan shampoo penumbuh rambut seperlu mengoptimalkan khasiatnya.

2. Rempah Jahe

rempeh jahe dapat mengatasi rambut rontok

Cukup mirip seperti bawang putih, rempah jahe bisa pula Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan nutrisi di dalam jahe konon dapat mengurangi kerontokan rambut dan mencegah kebotakan. Caranya Anda bisa memblender jahe secukupnya. Bisa pula Anda mengkombinasikan jahe dan bawang putih seperlu menggandakan khasiatnya. Oleskan jus alami yang sudah siap pada area rambut yang rontok. Diamkan agar nutrisi bahan alami tersebut bekerja maksimal mengurangi kerontokan. Akhiri tips cara mengatasi rambut rontok ini dengan bilas bersih menggunakan air.

3. Teh Hijau

teh hijau dapat mengatasi rambut rontok

Teh hijau digadang-gadang ampuh mengurangi rambut rontok sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini karena kandungan antioksidan alami yang begitu kaya dalam teh hijau. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan teh hijau kemasan. Ambil 2 kantung teh hijau lalu sedu dalam air hangat. Balurkan air seduhan teh hijau tersebut ke area kulit kepala dan area rambut rontok. Diamkan kurang lebih 1 jam lalu bilas sampai bersih.

4. Lidah Buaya

lidah buaya dapat mengatasi rambut rontok

Sudah bukan rahasia lagi bila lidah buaya baik seperlu menjaga kesehatan rambut. Tidak terkecuali sebagai tips cara mengatasi rambut rontok secara efektif. Kandungan dan nutrisi dalam lidah buaya pun mampu bekerja meremajakan sel jaringan rambut supaya kembali sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengambil beberpa batang lidah buaya. Potong menjadi 2 bagian lalu ambil gel alaminya. Gunakan gel alami tersebut untuk perawatan kulit kepala sampai ke ujung rambut secara merata. Diamkan kurang lebih selama 20 menit lalu bilas bersih.

5. Minyak Kemiri

minyak kemiri dapat menyembuhkan rambut rontok

Zaman dulu minyak kemiri biasa digunakan sebagai resep rahasia penumbuh kumis atau jenggot. Minyak alami ini pun berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memilih minyak kemiri alami atau yang kini banyak dijual dalam kemasan botol. Aplikasikan pada kulit rambut secara merata lalu diamkan nutrisinya bekarja. Bila sudah bilas sampai bersih.

6. Buah Alpukat

buah alpukat dapat menyembuhkan rambut rontok

Buah alpukat diketahui memiliki kandungan protein yang baik seperlu menunjang pertumbuhan rambut. Karenanya tidak heran bila buah alpukat kerap dijadikan bahan utama untuk perawatan rambut seperti creambath. Dalam hal ini Anda hanya perlu menyiapkan buah alpukat segar. Hancurkan menggunakan sendok lalu aduk hingga didapati tekstur kental. Aplikasikan masker buah alpukat secara merata mulai dari kulit kepala sampai ujung rmabut. Biarkan nutrisi buah alpukat berkerja dan bila sudah bilas bersih menggunakan shampoo.

7. Yoghurt

yoghurt dapat menyembuhkan rambut rontok

Yoghurt atau olahan dari susu ini ternyata tidak hanya enak disantap. Namun, juga bermanfaat mengatasi rambut rontok. Hanya saja pastikan Anda tidak salah pilih. Tips cara mengatasi rambut rontok berikutnya pilih yoghurt plain atau tanpa tambahan rasa. Aplikasikan pada rambut seperti halnya Anda sedang creambath. Diamkan beberapa menit lalu lanjutkan dengan bilas air bersih. Selain baik untuk merawat rambut, yoghurt juga baik untuk merawat kecantikan kulit wajah.

8. Jeruk Nipis

jeruk nipis dapat menyembuhkan rambut rontok

Jeruk nipis yang identik untuk perawatan kecantikan kulit ternyata juga ampuh mengatasi kerontokan rambut. Siapkan beberapa buah jeruk nipis segar. Iris menjadi beberapa bagian. Langsung usapakan irisan buah jeruk nipis ke kulit kepala terutama area rambut rontok. Bila Anda bermasalah dengan ketombe, cara ini cukup efektif dan bisa dicoba.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Penggunaan bahan alami memang lebih direkomendasikan karena minim efek samping. Namun, bila Anda tidak ingin repot sekarang banyak pula dijual produk hair tonic di pasaran. Ingat perawatan dari luar saja belum cukup. Anda masih harus tetap mengimbangi dengan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan kaya gizi. Pilih makanan kaya vitamin, zync, dan protein yang mana memiliki peran penting sebagai tips cara mengatasi rambut rontok.

You may also like

Leave a Comment