How-ToKesehatanTips

Tips Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering Bersisik

posted by MiFTiD 26 Mei 2016
Tips Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering Bersisik

Bagaimana tips cara mengatasi kulit kaki kering bersisik? Kaki memang menjadi salah satu anggota tubuh yang mudah kering dan bersisik. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena kaki terletak cukup jauh dari jantung. Sehingga temperatur di area kaki cenderung lebih kering dan suhunya tidak sehangat anggota tubuh dekat jantung lainnya.

Bagi sejumlah wanita, kulit kaki yang kering dan bersisik tentu bisa menjadi masalah gawat. Apalagi bila harus tampil di depan banyak orang menggunakan rok atau celana pendek. Bisa jadi kulit kaki yang kering bersisik membuat Anda tidak tampil percaya diri. Lantas apa yang harus dilakukan? Tidak perlu bingung, berikut beberapa tips ampuh yang bisa Anda coba:

Hindari Menggosok atau Menggaruk Kulit Kaki

Hindari kebiasaan menggosok atau malah menggaruk kulit kaki. Perlu Anda tahu, kulit di area kaki tidak mempunyai kelenjar minyak. Inilah salah satu faktor lain penyebab kulit kaki menjadi kering. Adapun kebiasaan menggosok dan menggaruk kulit kaki nyatanya membuat kondisi bisa jadi lebih parah. Kebiasaan tersebut dapat membuat sel kulit kaki terkikis dan akan lebih kering lagi. Setelah mandi, hindari menggosok handuk terlalu keras. Untuk mengeringkan kulit kaki cukup tepuk-tepuk agar air menyerap pada handuk. Saat kulit terasa gatal usahakan tidak menggaruk, atasi rasa gatal dengan kompres menggunakan es batu.

Hindari Penggunaan Sabun Berlebihan

Tips cara mengatasi kulit kaki kering bersisik berikutnya hindari penggunaan sabun berlebihan. Sabun memang dapat menyapu keringat, debu, dan kotoran yang menempel pada kulit. Akan tetapi, beberapa produk sabun didapat mempengaruhi kelembaban kulit. Itulah mengapa sebaiknya tidak menggunakan sabun berlebihan. Pilih jenis sabun yang memang cocok dengan jenis kulit dan menjaga kelembaban kulit seperti sabun gel atau sabun cair. Sementara jenis sabun batang lebih berisiko membuat kulit makin kering dan bersisik.

Berendam dalam Jus Lemon

Untuk cara mengatasi kulit kaki kering bersisik Anda bisa juga memanfaatkan bahan alami. Satu diantaranya yaitu buah lemon. Diketahui buah lemon kaya kandungan vitamin C yang dibutuhkan seperlu menutrisi kulit secara alami. Bukan hanya itu saja. Kandungan buah lemon juga membantu melembutkan kulit. Anda hanya perlu menyiapkan 1 baskom air yang sudah dicampur dengan sari perasan buah lemon. Gunakan jus lemon untuk merendam kaki. Rendam kaki Anda selama 10 menit saja. Bila sudah lanjutkan dengan bilas bersih. Cara ini diyakini ampuh mengangkat sel kulit mati dan melancarkan regenerasi sel kulit baru.

Aplikasikan Pelembab Ekstra

Setelah mandi atau setelah melakukan perawatan mengatasi kulit kaki kering bersisik dengan jus lemon, aplikasikan pelembab ekstra. Di pasaran sekarang ini banyak ditawarkan produk pelembab. Pilih yang menawarkan kandungan pelembab lebih banyak. Untuk opsi lain, Anda bisa pula memilih pelembab dengan kandungan alpha hydroxy acid seperlu membantu mengatasi kulit kaki kering bersisik. Aplikasikan pelembab secara rutin. Sebelum tidur biasakan pula memoles pelembab pada kaki lalu tutup dengan kaos kaki. Biarkan semalaman supaya pelembab bekerja optimal.

Perawatan Scrubbing

Untuk menyempurnakan pengangkatan sel kulit mati, Anda bisa pula membiasakan perawatan scrubbing. Baik dengan bahan alami atau scrub kemasan yang kini banyak dijual di pasaran. Lapisan kulit yang kering dan juga bersisik umumnya terlihat kasar. Saat Anda merabanya pun akan semakin terasa kasar. Kulit kering itulahyang perlu dibersihkan dengan cara menggosokkan scrub secara perlahan. Lakukan scrubbing secara merata untuk mengatasi kulit kaki kering bersisik, hingga tidak lagi ditemukan area kulit kering bersisik.

Perawatan dengan Minyak Zaitun dan Minyak Vitamin E

Minyak zaitun berkhasiat menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Sementara minyak vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang ampuh mengatasi problem kulit seperti kulit kaki yang kering dan bersisik. Campurkan minyak zaitun dan minyak vitamin E secukupnya. Aduk rata lalu gunakan untuk perawatan kulit kaki yang kering dan bersisik. Perawatan ini baik dilakukan secara rutin seperlu mendapat hasil optimal.

Mengonsumsi Air Putih Cukup

Selain perawatan dari luar, imbangi pula dengan melakukan perawatan dari dalam. Misalnya dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Air putih memiliki peran penting untuk menjaga kecantikan dan kesegaran kulit. Dalam hal ini air berperan sebagai pelembab alami yang aktif memberi asupan nutrisi pada kulit dari dalam. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh pun berperan mencegah dehidrasi kulit. Dianjurkan minum 8 gelas air putih setiap hari. Namun, kebutuhan air minum setiap orang sebenarnya berbeda bergantung aktivitas yang dilakukan. Karena itu sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bukan hanya itu saja. Imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan makanan kaya gizi lainnya untuk mengatasi kulit kaki kering bersisik.

You may also like

1 Comment

lilik 9 Agustus 2016 at 2:16 pm

Kaki sering menjadi bagian tubuh yang disepelekan perawatannya padahal kaki akan sangat menunjang penampilan kita. terimakasih informasinya.

Reply

Leave a Comment