How-ToLifestyleTips

Tips untuk Berhasil Menjadi Seorang Polwan

posted by MiFTiD 16 Mei 2016

Banyak orang yang mencari tips untuk menjadi polwan, terutama mereka yang memang bercita-cita menjadi bagian dari aparatur negara. Polwan atau polisi wanita adalah profesi yang cukup menantang khusunya bagi kaum hawa. Mengapa? Hal ini dikarenakan sebenarnya tugas dan kewajiban seorang polwan bagi negara sama beratnya dengan tugas dan kewajiban seorang polisi meski polwan adalah wanita. Resiko dan hal-hal buruk yang bisa terjadi pada seorang polisi juga bisa terjadi pada seorang polwan. Namun, bagi banyak orang hal ini bukanlah masalah. Jika seorang wanita sudah niat menjadi seorang polwan, apapun resikonya pasti dihadapi. Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi seorang polwan, berikut adalah tips untuk menjadi polwan yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Perhatikan Postur dan Kondisi Tubuh

Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor fisik adalah salah satu faktor yang paling dipertimbangkan pada saat seleksi polwan. Jika Anda mempunyai berat badan yang berlebihan atau mempunyai tinggi badan yang tidak memenuhi syarat, akan susah sekali untuk menjadi seorang polisi wanita. Oleh karena itu, sebenarnya hal ini sudah harus Anda sadari sejak usia dini. Jika sejak usia dini Anda sudah sadar bahwa suatu hari Anda akan mencoba untuk menjadi seorang polisi wanita, maka semenjak itulah pasti Anda sudah akan memperhatikan postur dan kondisi tubuh. Jika Anda sudah tinggi semampai dan berbadan langsing sejak muda, tidak akan jadi masalah. Lain jika Anda mempunyai tinggi yang kurang atau berat badan yang lebih. Jika Anda sudah tahu hal ini dari awal, Anda pasti akan mencari cara bagaimana untuk memperbaiki hal ini. Metode seperti pengaturan pola makan dan olahraga bisa dilakukan untuk mencapai tinggi badan dan berat badan yang ideal.

2. Perhatikann Gaya Hidup

Menjadi seorang polwan butuh kekuatan fisik yang luar biasa. Dari mulai proses seleksi hingga nanti Anda berhasil bekerja menjadi seorang polwan, tenaga Anda akan sering dikuras. Apalagi jika nanti Anda ditugaskan pada sektor yang cukup menguras tenaga seperti di sektor lalu-lintas. Nah, inilah mengapa gaya hidup harus sungguh-sungguh diperhatikan. Jika gaya hidup Anda sejak kecil sudah baik dan sehat, hal ini akan sangat membantu. Pada dasarnya, gaya hidup mencakup makanan, olah raga, dan kebiasaan.

Pertama, mari kita bahas tentang makanan. Karena seorang polwan harus sehat dan kuat, Anda tentunya harus sering mengonsumsi makanan bergizi terutama buah dan sayur. Anda juga harus menghindari junk food karena junk food penuh dengan lemak jahat yang bisa membuat Anda terkena kolesterol dan diabetes. Makanan-makanan seperti ini juga akan membuat berat badan meningkat sehingga tidak lagi ideal.

Yang kedua, olahraga. Olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Sebagai seorang polwan, Anda nantinya harus selalu bugar dan bertenaga untuk menjalankan tugas. Nah mulailah dari sekarang untiuk berolahraga secara teratur jadi nanti Anda sudah tidak kaget saat menjadi polwan. Ingat, pada saat seleksi nanti akan ada tes fisik juga. Jika fisik Anda tidak dilatih, Anda tidak akan dapat lolos dari seleksi fisik dan tidak akan menjadi seorang polwan.

Yang ketiga adalah kebiasaan. Kebiasan-kebiasaan kecil seperti merokok tidak akan mengantarkan Anda menjadi seorang polwan. Bukannya dilarang, tapi alangkah baiknya jika seorang aparatur negara menjadi contoh dan suri tauladan bagi rakyat. Karenanya, kebiasaan merokok harus Anda hilangkan jika Anda ingin menjadi seorang polwan.

3. Biasakan Disiplin dan Tegas

Seorang polisi atau polwan haruslah selalu disiplin dalam menjalankan tugas sehari-hari. Selain itu, merka juga haruslah tegas. Karenanya, biasakan kedua hal ini sudah ada dalam kehidupan Anda sehari-hari sejak muda. Disiplin bisa dimulai dari diri sendiri dan dapat muncul dalam hal-hal yang sangat sederhana. Contoh, disiplin untuk bangun pagi dan makan yang teratur. Selain itu, tegas juga bisa Anda dapatkan dalam kegiatan berorganisasi atau dalam memimpin keluarga Anda di rumah. Oleh karena itulah, biasakan Anda ikut organisasi dan biaskan juga Anda tegas dalam mengambil setiap keputusan. Jadi nanti saat jadi polwan, Anda sudah tidak kaget lagi.

4. Tingkatkan Prestasi Akademik

Menjadi seorang polwan bukan hanya harus kuat secara fisik dan mental saja tapi juga harus cerdas secara akademik. Jadi, sejak di bangku sekolah, pastikan nilai-nilai Anda bagus dan memenuhi syarat untuk menjadi seorang polwan. Ingat, fotokopi rapor dan catatan nilai-nilai akademik juga menjadi syarat saat mendaftar menjadi polwan. Jadi, jangan main-main soal nilai akademik. Hal ini sangat berpengaruh dalam menentukan diterima atau tidaknya Anda menjadi seorang polwan nantinya. Sebenarnya ini bisa jadi salah satu tips untuk menjadi polwan yang paling penting untuk Anda praktekkan. Ingat, tidak ada yang bisa Anda lakukan jika nanti yang menjadi faktor kegagalan di usaha Anda menjadi polwan adalah nilai-nilai akademik Anda.

You may also like

Leave a Comment