How-ToLifestyleTips

Tips agar Koleksi Buku Tak Berkutu

posted by MiFTiD 13 Mei 2016

Apakah Anda termasuk orang yang dikenal dengan sebutan kutu buku? Atau, Anda termasuk pecinta buku, namun belum semua buku yang terbeli pernah selesai dibaca? Atau, pilihan ketiga Anda adalah pecinta buku yang lebih histeris membeli buku-buku dengan judul menarik dan harga murah saja? Apapun pilihannya, Anda adalah pecinta buku yang kini sedang dibuat bingung dengan koleksi buku yang dimiliki. Tanpa Anda sadari koleksi buku-buku Anda sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Lebih parahnya lagi koleksi buku Anda tergeletak begitu saja di atas tempat tidur atau sebuah meja. Mengapa tidak ditata di rak buku? Karena rak buku tersebut sudah penuh dengan koleksi buku yang sudah lebih dulu terbeli. Alternatif agar koleksi buku Anda aman dan tidak rusak karena serangan kutu rayap adalah dengan menata koleksi buku di rak buku. Belilah rak buku lagi untuk menata koleksi buku Anda yang belum tertata rapi. Atau, Anda bisa mengganti rak buku lama dengan rak buku baru dengan kapasitas yang lebih besar. Kemudian tatalah dengan mengikuti enam tips di bawah ini.

Tatalah Koleksi Buku Anda Secara Horisontal

Buku identik tersusun dari lembaran-lembaran kertas sehingga secara fisik, buku terbilang tebal. Jika Anda ingin agar koleksi buku tetap terjaga rapi dan tidak mudah rusak termakan oleh kutu atau rayap, susunlah secara horisontal. Posisi horisontal yaitu, menata koleksi buku Anda dengan posisi berdiri. Dengan menata pada posisi horisontal, maka dapat memudahkan Anda nantinya dalam mencari buku yang ingin dibaca. Karena Anda dapat mengenali dengan membaca pada bagian samping badan buku tersebut.

Tatalah Koleksi Buku Anda Sesuai Genre

Koleksi buku yang Anda miliki pastinya memiliki genre yang beragam. Meskipun Anda lebih dominan memiliki genre tertentu. Namun, ada kalanya Anda tertarik untuk membeli buku dari genre lain. Sehingga ketika Anda hendak menata koleksi buku di rak buku, tatalah sesuai genre-nya. Sebagai contoh, tatalah pada barisan pertama rak buku untuk genre teenlit, barisan kedua rak buku untuk genre komik, barisan ketiga untuk buku bergenre serius seperti politik, barisan keempat pada rak buku untuk genre anak-anak. Sehingga tatanan seperti ini juga akan memudahkan Anda ketika mencari buku yang hendak dibaca. Selain itu, jika suatu hari ada kerabat yang meminjam buku, Anda dapat mengenali buku apa yang belum dikembalikan.

Tatalah dari Ukuran Buku Terbesar Hingga Terkecil

Dari semua koleksi buku yang Anda miliki, pasti ada buku yang berukuran besar dan kecil. Setelah Anda berhasil memisahkan koleksi buku sesuai genre. Selanjutnya adalah tata berdasarkan ukuran buku tersebut. Tatalah dari ukuran yang terbesar hingga buku yang ukurannya terkecil. Menata koleksi buku dengan urutan demikian dijamin membuat mata tidak bosan memandang koleksi buku yang tertata rapi di rak buku.

Tatalah Koleksi Buku yang Rusak dengan Memberikan Sampul Sebelumnya

Dari beberapa koleksi buku yang Anda miliki, tentu tidak semua masih dalam kondisi bagus. Untuk buku Anda yang rusak pada bagian cover, maka hindari untuk begitu saja diletakkan pada rak buku. Terlebih dahulu Anda harus memberikan sampul pada buku yang rusak tersebut. Sehingga cover buku Anda dapat terlindungi dan dapat meminimalisir kerusakan jika suatu hari Anda ingin membaca kembali.

Tatalah Koleksi Buku, Jangan Tambah Koleksi yang Lain

Mengingat koleksi buku Anda ada banyak. Bahkan bagi Anda yang memiliki koleksi buku ratusan lebih, fungsikan rak buku secara optimal. Yaitu, dengan menjadikan rak buku sebagai tempat menyimpan buku. Bukan untuk menata koleksi lain yang Anda miliki. Rak buku adalah rak untuk menata dan menyimpan koleksi buku. Jika Anda menginginkan rak buku tidak terlihat monoton dengan adanya koleksi buku-buku, maka paling tidak sisakan satu sampai dua ruang kosong untuk tempat vas yang berisi bunga plastik. Atau, Anda dapat mengisinya dengan hiasan favorit yang dimiliki. Selain itu, hindari kebiasaan untuk meletakkan kardus kosong maupun isi di atas rak buku. Karena rak buku tersebut akan terlihat kurang rapi dan menarik dipandang.

Rawat dan Bersihkan dari Debu maupun Kutu Rayap

Hindari koleksi buku Anda habis termakan oleh serangga seperti kutu. Yaitu, dengan rajin merawat dan membersihkan semua koleksi buku Anda dari debu maupun kutu. Usahakan setiap hari Anda bersihkan koleksi buku Anda. Terlebih yang perlu diperhatikan adalah jangan biarkan koleksi buku-buku Anda dalam kondisi lembap. Agar kutu rayap tidak berkembang biak dan menggerogoti koleksi buku Anda.

Itulah keenam tips untuk menata koleksi buku di rak buku. Memiliki banyak koleksi buku memang tidak salah. Namun, hendaknya Anda jangan membiarkan koleksi buku tersebut terpajang pada rak buku. Buku yang jarang dibaca juga rentan berkutu rayap. Sehingga usahakan setelah Anda selesai menata koleksi buku tersebut, rawat buku dengan rajin membersihkan dan rajin membacanya.

You may also like

Leave a Comment