GeneralHow-ToTips

Tips agar Atasan Segera Naikkan Jabatan Anda

posted by MiFTiD 12 Mei 2016
Tips agar Atasan Segera Naikkan Jabatan Anda

Sebagai pegawai atau bawahan yang bekerja di perkantoran, ada kalanya Anda akan merasa jenuh. Kejenuhan tersebut diakibatkan Anda harus melakukan pekerjaan yang hampir sama setiap harinya. Itu tidaklah masalah jika memang menjadi passion Anda. Kondisi demikian memang tidak dapat disalahkan. Namun, alangkah jauh lebih baik jika Anda memiliki ambisi untuk memperoleh kedudukan yang nyaman dari kedudukan Anda yang sekarang. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan naik jabatan. Sedapat mungkin harus dapat membuat atasan jatuh hati. Ini penting agar tidak lama lagi teman-teman sekantor segera mempromosikan Anda untuk naik jabatan. Ada lima tips untuk dapat Anda lakukan dengan tujuan naik jabatan tanpa beban berikut ini.

1. Datang Tepat Waktu, Pulang Setelah Pekerjaan Selesai Sempurna

Apakah datang terlambat masih ada dalam daftar kebiasaan Anda dalam berangkat kerja? Apapun alasannya, jika Anda ingin naik jabatan agar pekerjaan di kantor lebih variatif dan menambah prestasi Anda, segera hilangkan kebiasaan tersebut. Datanglah tepat waktu setiap kali berangkat kerja ke kantor. Jika jam masuk kantor Anda adalah jam delapan pagi, berangkatlah satu jam sebelumnya. Apalagi jika jarak antara kantor dan tempat tinggal Anda jauh, perhitungkan berapa jam sebelumnya Anda harus berangkat. Kemudian ketika sudah tiba wkatu pulang kerja, maka pastikan pekerjaan Anda sudah selesai dengan sempurna. Usahakan Anda tidak meninggalkan pekerjaan kantor yang seharusnya dapat segera diselesaikan hari itu juga. Sedikit pulang terlambat atau perlu lembur tentu bukan masalah untuk Anda. Jika Anda memang ingin agar atasan melihat prestasi dan keseriusan dari setiap pekerjaan Anda.

2. Jadilah Pegawai yang Kritis di Setiap Rapat Kerja

Fakta yang terjadi ketika atasan mengadakan rapat di kantor adalah para pegawai merasa malas. Ada juga yang merasa takut karena merasa atasan akan memberikan kritik terhadap kinerja mereka. Berpikirlah secara positif tentang rapat kerja. Rapat dilaksanakan untuk membahas berbagai hal yang terjadi selama sebulan atau setahun ini. Dalam rapat kerja juga akan dibahas progres ke depan bagaimana agar kantor dapat lebih baik lagi. Di sinilah Anda harus memposisikan diri sebagai pegawai yang kritis. Sampaikanlah ide-ide brilian ke atasan secara langsung. Ide Anda di terima atau tidak, itu adalah urusan belakangan. Paling penting dalam setiap rapat kerja, Anda menunjukkan diri sebagai pegawai yang fokus dan menyimak setiap hal yang dibahas dalam rapat. Sehingga atasan akan memberikan penilaian istimewa untuk Anda.

3. Bekerja dengan Profesional dan Terorganisir

Sebagai pegawai, ada kalanya atasan meminta banyak permintaan untuk Anda kerjakan. Tidak ada alasan Anda untuk menolak karena permintaan atasan adalah tugas yang wajib dikerjakan. Namun, jadilah pegawai yang dapat bekerja dengan profesional. Selesaikan pekerjaan lama terlebih dahuu. Baru melanjutkan ke pekerjaan selanjutnya. Catat setiap pekerjaan yang menjadi kewajiban Anda di kantor. Catatan tersebut membuat Anda dapat bekerja secara lebih terorganisir. Anda pun dapat cepat menyelesaikannya. Sehingga atasan secara tanpa Anda sadari mencari tahu bagaimana cara Anda bekerja selama ini. Ketika atasan mengetahui Anda selalu bekerja secara profesional dan terorganisir, maka menjadi sangat mungkin Anda dicap sebagai pegawai yang layak naik jabatan.

4. Hilangkan Sifat Egois di antara Rekan Sesama Pegawai di Kantor

Bukan berarti Anda sedang fokus pada tujuan agar dapat naik jabatan tanpa beban, kemudian Anda menjadi pegawai yang egois. Anda hanya peduli dengan kewajiban Anda. Anda tidak peduli dengan kesulitan, pertolongan rekan sesama pegawai Anda di kantor. Hanya karena agar atasan menilai Anda yang paling menonjol dengan prestasi dibanding pegawai lain, bukan berarti sifat egois tertanam dalam diri Anda. Sifat egois dalam dunia pekerjaan dapat menjadi boomerang. Maksud hati Anda ingin terlihat yang paling baik. Namun, karena sifat egois tersebut, Anda dicap sebagai pegawai yang tidak mempedulikan pegawai lain. Sehingga jika ada teman Anda yang meminta pertolongan, maka bantulah mereka dengan sebaik-baiknya. Apalagi jika pekerjaan Anda sudah selesai. Dengan Anda membantu mereka, suatu ketika Anda dalam posisi mereka, maka teman pegawai Anda pasti tanpa ragu akan menolong pula. Semakin menunjukkan sifat kepedulian terhadap pegawai kantor, semakin besar peluangnya atasan menyadari Anda adalah pegawai yang layak memiliki kesempatan untuk naik jabatan.

5. Mau Belajar dari Kesalahan

Anda dalam bekerja di kantor bukan berarti akan luput dari kesalahan. Namun, hendaknya jika Anda sudah terlanjur melakukan kesalahan, jangan jadikan kesalahan tersebut sebagai kebiasaan. Kesalahan yang telah Anda perbuat jadikanlah sebagai pelajaran. Usahakan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama. Caranya adalah bekerja dengan sebaik-baiknya dan berusahalah untuk memperoleh prestasi.

Selain kelima tips di atas, bekerjalah secara jujur. Kejujuran akan membawa Anda pada kemudahan untuk naik jabatan tanpa beban. Jadi, sudah siapkah Anda untuk duduk dalam jabatan yang lebih tinggi dalam waktu dekat ini?

You may also like

Leave a Comment