How-ToSocialTips

Punya Instagram? 6 Tips Ini Wajib dicoba untuk Kembangkan Bisnismu

posted by MiFTiD 13 Mei 2016

Media sosial online semakin banyak dimanfaatkan untuk tujuan mengembangkan bisnis. Salah satu media sosial online yang ada adalah Instagram. IG sebagai singkatan untuk menyebut Instagram, memiliki simbol khas berupa tanda pagar alias hastag. Keberadaan Instagram memang bukan hal yang baru. Namun, bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis, jadikanlah media sosial online ini sebagai wadah yang selalu memberikan pembaharuan. Yaitu, melalui postingan bisnis Anda melalui Instagram. Enam tips bisnis melalui instagram di bawah ini wajib dicoba jika Anda tidak ingin bisnis berjalan secara stagnan.

Mulailah Membuat IG Bisnis Sendiri

Jadikanlah bisnis yang Anda jalankan langsung terlihat profesional. Melalui Instagram, Anda dapat melakukannya. Yaitu, dengan membuat IG bisnis sendiri. Buatlah IG dengan nama bisnis Anda. Hindari untuk menggabungkan IG pribadi Anda dengan IG bisnis. Ini jelas akan membuat pengguna Instagram kebingungan. Mungkin bagi beberapa teman Anda yang sudah lebih dulu mengenal IG pribadi Anda merasa tidak masalah. Namun, bagi orang lain yang ingin fokus mengenal lebih jauh mengenai bisnis Anda, tentu mereka lebih nyaman ketika dapat melihatnya langsung melalui IG bisnis yang telah Anda buat. Sehingga mereka tidak bingung dengan postingan foto maupun video yang ada di dalamnya. Dengan membuat IG bisnis sendiri, pengguna Instagram dapat menilai bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang berjalan secara profesional.

Survei Pengguna Instagram yang Sehati dengan Bisnis Anda

Ketika Anda sudah membuat IG bisnis sendiri, jangan ragu untuk memperkenalkan IG bisnis tersebut kepada teman-teman Anda. Ada baiknya Anda menjadi follower bagi kerabat dekat terlebih dahulu. Batasi hanya sampai itu. Hindari IG bisnis Anda memiliki jumlah following lebih banyak ketimbang follower. Fokuskan terlebih dahulu memposting satu sampai dua foto yang memperkenalkan bisnis Anda. Kemudian tunggu apakah ada respon balik dari pengguna Instagram atau tidak. Pastikan ada pengguna Instagram yang langsung menyukai postingan foto Anda dan menjadi follower. Dari situ Anda dapat melanjutkan dengan melakukan survei terhadap pengguna Instagram lainnya. Lakukan survei dengan mencari pengguna Instagram yang menjual bisnis sehari dengan Anda. Sebagai contoh, Anda menjalankan bisnis kuliner, maka survei pengguna Instagram yang juga menjual bisnis kuliner. Follow sekitar dua IG dari bisnis kuliner tersebut. Namun, pastikan IG tersebut adalah IG bisnis kuliner yang sudah terkenal. Jangan segan-segan pula untuk memberikan like pada postingan dari pengguna IG yang menjalankan bisnis sehati seperti Anda. Tidak perlu terburu-buru untuk menjadi follower-nya. Anda cukup memberikan like, maka perlahan dan pasti, mereka juga akan menyadari keberadaan dari IG bisnis Anda. Inilah yang disebut sebagai promosi bisnis melalui instagram.

Membuat Subscribe Email yang Terhubung dengan Instagram

Bagi bisnis yang berjalan dengan modal besar, maka Anda dapat meminta bantuan dari seseorang yang ahli dalam membuat subscribe email bisnis. Mintalah agar sang ahli dapat membuatkan subscribe email bisnis yang dapat terhubung ke IG bisnis Anda. Tentunya ini dapat Anda lakukan ketika sudah memiliki website bisnis. Kemudian Anda pilih beberapa kontak penting pada email Anda. Selanjutnya, kirimkan email yang berisi subscribe email dan ketika penerima email tersebut tertarik dengan isinya. Mereka dapat langsung meng-klik subscribe email tersebut dan membawanya langsung pada IG bisnis Anda. Sehingga pastikan ketika Anda mengirimkan email bisnis kepada teman terdekat maupun orang penting lainnya, di dalamnya berisi review produk dari bisnis dan sekilas mengenai profil bisnis Anda. Agar setiap penerima email tersebut dengan senang hati menerima subscribe email bisnis dari Anda.

Menghubungkan IG Bisnis Langsung ke Twitter dan Facebook

Fokus Anda pada Instagram bukan berarti melupakan adanya media sosial online lainnya. Menyebar luaskan bisnis Anda dari Instagram adalah cara paling mudah. Setiap kali Anda hendak memposting dari IG bisnis tersebut, jangan pernah lupakan untuk menghubungkan ke Twitter maupun Facebook milik Anda. atau, lebih baik lagi jika sebelumnya Anda juga sudah memiliki akun khusus bisnis untuk kedua media sosial online tersebut. Sehingga akun bisnis antara yang satu dengan lainnya terus melakukan update terhadap review produk terbaru.

Memberikan Diskon Bagi Follower Wajib dicoba

Hindari untuk menjadi pelaku bisnis yang pelit. Jika tujuan Anda adalah memanfaatkan Instagram untuk mengembangkan lebih luas lagi jaringan bisnis, jangan sampai ragu untuk memberikan diskon. Berikanlah diskon setiap bulan bagi follower IG bisnis Anda. Memberikan diskon 10% sampai 15% kepada follower tentu cepat menambah follower bagi IG bisnis Anda. Selain itu,follower Anda juga akan merasa tertarik memanfaatkan diskon yang Anda berikan. Sehingga suatu hari mereka akan langsung datang untuk membeli produk yang Anda promosikan melalui Instagram.

Jangan pernah lupakan hastag setiap kali memposting melalui Instagram. Hastag tersebut juga berguna untuk menarik perhatian dari pengguna Instagram yang lain. Jadi, enam tips bisnis melalui instagram sekarang juga wajib untuk Anda coba.

You may also like

Leave a Comment