HiburanIntermezzoSocialTeknologi

Penasaran Sama Spotify? Ini 7 Alasan Kelebihan Spotify Yang Mesti Kamu Jajal

posted by MiFTiD 16 Mei 2016
7 Kelebihan Spotify

Kelebihan Spotify saat ini banyak yang menyebutkan melebihi apa yang ditawarkan oleh iTunes. Spotify adalah layanan streaming musik dan video yang saat ini sedang digandrungi oleh para pecinta musik di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, Spotify juga sedang hype lho, soalnya Spotify juga menyediakan versi Bahasa Indonesianya. Meskipun masih menuai kontroversi terutama untuk urusan hak cipta bagi penyanyi dan pencipta lagunya, tapi Spotify nyatanya bisa menarik banyak minat pecinta musik kok untuk mendengarkan lagu secara online. Bahkan untuk akun Spotify Premium sudah ada fitur untuk mngunduh lagu dan mendengarkannya secara offline. Penasaran dengan Spotify? Ini dia kelebihan Spotify untuk menambah experience musik kamu ke level selanjutnya.

1. Lebih dari 20 juta lagu

Kelebihan Spotify yang pertama terletak pada katalognya. Banyak pengguna Spotify yang memberikan review positif karena mereka bisa menemukan artis-artis dan juga lagu baru yang pas dengan selera mereka. Kamu bisa mendengarkan lebih dari 20 juta lagu dari banyak artis di seluruh dunia baik yang sudah major ataupun masih indie. Kamu juga bisa browsing lagu berdasarkan dari genrenya untuk mencari harta karun yang terpendam.

2. Berbagi playlist

Merasa kalau kamu punya playlist yang paling keren dan ingin pamer? Spotify memiliki fitur untuk membagikan playlist keren kamu dengan user yang lainnya. Kamu juga bisa menyusun playlist bersama dengan user lain untuk menjadi soundtrack bertema tertentu yang bisa didengarkan oleh orang lain. Sebaliknya, kamu juga bisa mendengarkan musik sesuai dengan mood dari playlist-playlist user lainnya dan bisa kamu sinkronikasikan dengan smartphone.

3. Terintegrasi dengan Last.fm

Pecinta musik pasti tidak asing dengan Last.fm di mana ketika kamu mendengarkan dengan music player di PC ataupun mobile gadget maka secara otomatis di akun Last.fm kamu akan muncul lagu apa yang sedang kamu dengarkan. Selain untuk pamer playlist dan selera lagu, Last.fm juga bisa membantu kamu dalam menemukan artis yang memiliki satu genre dengan artis yang sedang kamu dengarkan. Nah, Spotify sudah terintegrasi dengan Last.fm dan menjadi kelebihan Spotify yang tidak kalah keren.

4. Streaming radio

Bosan dengan playlist kamu? Kelebihan Spotify selanjutnya adalah kamu bisa mendengarkan fitur radio yang tersedia baik untuk akun free ataupun premium. Di sini kamu akan disuguhkan dengan lagu-lagu random yang disusun berdasarkan genre ataupun dekade tertentu. Tenang, tidak akan ada iklan atau penyiar yang nyerocos sehingga kamu bisa menikmati lagu nonstop.

5. Bayar per bulan bukan per download

Jika sebelumnya kamu sudah nyaman dengan layanan yang diberikan oleh iTunes kamu mungkin akan memuja layanan yang diberikan oleh Spotify. Untuk layanan Spotify Premium user hanya dikenakan biaya sekitar 10 dollar per bulannya. Selama satu bulan itu kamu sudah bisa menikmati unlimited musik yang ada di database Spotify. Dibandingkan dengan iTunes yang layanannya harus membayar per lagu yang didownload membuatmu mesti hemat-hemat dalam download lagu. Kelebihan Spotify yang lain adalah ia sudah memiliki kerjasama denga major label seperti Universal Music Group, Sony Music Entertainment, Warner Music Group, dan EMI.

6. Streaming lagu tanpa rasa bersalah

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana dengan hak cipta dari artis yang lagunya didengarkan dan didownload secara bebas di Spotify? Ini dia kelebihan Spotify, kamu bisa mendengarkan unlimited musik tanpa merasa bersalah terhadap artisnya. Spotify tentu saja membayar para artis berdasarkan dengan perbandingan lagu mereka diputar dengan jumlah lagu secara keseluruhan. Jadi kalau kamu suka dengan underrated artis, kamu bisa mendengarkan lagunya berbanyak kali via Spotify agar jumlah playnya semakin banyak dan royalty yang dibayarkan semakin naik pula.

7. Sinkronisasi tanpa kabel

Lagi-lagi jika dibandingkan dengan iTunes yang sudah jadi andalan Apple untuk revolusi industri musik, kelebihan Spotify membuat iTunes agak ketinggalan langkahnya. Update lagu di device misalnya smartphone atau mp3 player dari iTunes membutuhkan kabel yang mesti dicolokkan. Nah, sudah jadi rahasia umum kalau kabel iPhone itu gampang rusak dan harganya lumayan mahal. Dengan Spotify kamu tidak akan mengalami hal tersebut. Asalkan PC dan music player terhubung dengan jaringan wireless yang sama, memasukkan lagu dari akun Spotify ke music player kamu cukup hanya dengan koneksi WiFi-nya saja.

Itu dia beberapa kelebihan Spotify yang bisa meyakinkanmu untuk mencoba membuat akun dan mengeksplor dunia musik dengan lebih mudah. Spotify juga punya fungsi sosial karena sudah terhubung dengan beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook. Jadi kamu bisa mengintip musik apa yang sedang didengarkan oleh friends dan juga followers kamu di media sosial tersebut. Untuk memulai, kamu bisa coba Spotify Free terlebih dulu, kalau puas bisa langsung upgrade ke Premium dengan fitur-fitur yang makin asik termasuk hilangnya iklan. Keren kan keunggulan dan kelebihan Spotify?

You may also like

Leave a Comment