How-ToKesehatanTips

Ketombe Membandel di Kulit Kepala? Hilangkan dengan 5 Bahan Ini

posted by MiFTiD 16 Mei 2016

Ketombe termasuk masalah di kulit kepala yang dapat dialami oleh pria maupun wanita. Ketika Anda jarang keramas, maka ketombe tentu saja mudah menyerang. Namun, bagi orang yang rajin keramas pun tetap tidak dapat menghindari serangan dari ketombe. Seperti halnya orang yang memakai hijab. Kondisi kepala yang tertutup membuat kulit kepala menjadi lembab dan berkeringat. Sehingga ketombe sangat mudah menyerang. Tidak hanya itu, orang yang kerap bekerja di lapangan dengan kepala tanpa pelindung dan dibiarkan terpapar sinar matahari, membuat kulit kepala berkeringat. Lalu muncul rasa gatal yang membuat Anda harus menggaruknya. Jika tetap digaruk, disitulah awal mula ketombe akan muncul. Lalu bagaimana caranya agar ketombe membandel dapat segera hilang? Ada lima bahan alami hilangkan ketombe yang dapat Anda simak berikut ini.

1. Daun Lidah Buaya Hilangkan Ketombe Membandel

Daun lidah buaya sudah lama dikenal untuk obat alami kesehatan rambut. Cairan atau getah dari daun lidah buaya yang Anda oleskan secara merata di kulit kepala, adalah bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Luangkanlah waktu untuk merawat kesehatan rambut Anda agar bebas dari masalah ketombe. Setelah Anda selesai mengoleskan cairan dari daun lidah buaya di kulit kepala, jangan langsung bilas. Biarkanlah cairan tersebut meresap ke kulit kepala. Cairan dari daun lidah buaya merupakan nutrisi tepat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Barulah setelah dua puluh menit, Ada dapat membilas menggunakan air bersih dan juga shampoo.

2. Minyak Kemiri Hilangkan Ketombe Membandel

Minyak kemiri menjadi salah satu bahan alami hilangkan ketombe. Bagi Anda yang mudah menemukan bahan alami ini, maka jangan ragu untuk membelinya. Minyak kemiri berkhasiat untuk menghilangkan faktor-faktor penyebab ketombe datang. Kulit kepala Anda tidak akan merasakan gatal. Selain itu, minyak kemiri juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Jadi, bagi Anda yang ingin kulit kepalanya bebas ketombe dan rambut tumbuh subur, oleskan minyak kemiri secara merata di kulit kepala. Jangan langsung bilas, diamkan dahulu sekitar lima belas menit baru dapat Anda bilas dengan air bersih dan shampoo.

3. Teh Berumur Dua Hari Hilangkan Ketombe Membandel

Minuman teh jelas memiliki rasa segar ketika baru saja diseduh. Teh yang sudah lewat sehari pun sudah menunjukkan perubahan rasa, meskipun aromanya belum banyak berubah. Namun, ketika sudah masuk dua hari, rasa maupun aroma dari minuman teh akan berubah tidak enak dan tidak sedap. Janganlah Anda minum, melainkan gunakan cairan teh yang sudah dua hari tersebut untuk menghilangkan ketombe membandel yang bebas mengotori kulit kepala. Gunakan cairan dari minuman teh tersebut untuk diusapkan secara merata, baik di kulit kepala maupun rambut. Usapkan sambil memijat-mijat kepala Anda. Lakukan selama sepuluh menit, baru Anda dapat membilasnya dengan air bersih dan shampoo. Agar ketombe membandel segera hilang dan tidak datang kembali, gunakan bahan alami ini seminggu sebanyak tiga kali. Hendaknya Anda menggunakan teh yang tidak terlalu lama didiamkan. Batas dua hari dipilih karena kandungan nutrisi di dalam teh masih ada dan berguna untuk rambut. Hindari untuk menggunakan minuman teh yang sudah didiamkan lebih dari dua hari bahkan seminggu.

4. Buah Lemon Hilangkan Ketombe Membandel

Buah lemon dapat Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe membandel. Perasan dari air buah lemon yang Anda oleskan pada bagian kulit kepala efektif untuk menghilangkan dan mencegah ketombe. Nutrisi yang terkandung di dalam buah lemon berkhasiat untuk membunuh jamur ketombe. Sehingga rasa gatal dan apapun yang menyebabkan ketombe muncul dapat dihilangkan menggunakan buah lemon. Gunakanlah perasan air buah lemon secukupnya. Sama seperti bahan alami yang disebutkan sebelumnya, Anda tunggu sekitar lima belas hingga dua puluh menit. Baru bilas seluruh bagian kepala dan rambut Anda dengan air bersih serta shampoo.

5. Garam Dapur Hilangkan Ketombe Membandel

Garam dapur merupakan bahan yang berguna untuk memperkaya cita rasa masakan. Siapa yang menyadari bahwa dari lima bahan alami untuk menghilangkan masalah ketombe termasuk garam dapur. Garam dapur memiliki khasiat yaitu, “exfiliator”. Khasiat tersebut mampu membersihkan ketombe di kulit kepala tanpa masalah. Ambil beberapa butor garam dapur secukupnya dan ratakan secara merata di kulit kepala. Diamkan sekitar lima sampai sepuluh menit. Dan segera bilas menggunakan air bersih dan shampoo.

Ketombe yang tumbuh di kulit kepala memang mengganggu. Apalagi jika kulit kepala sudah terasa gatal. Jika tidak digaruk, ketombe memang tidak akan muncul. Namun, ketika Anda rajin merawat kesehatan kulit kepala dengan bahan alami hilangkan ketombe di atas, ketombe tidak akan menjadi masalah. Ketika kulit kepala dan rambut sehat, ketombe enggan mengotori keindahan dan kebersihan rambut Anda. Jadi, jangan pernah malas untuk keramas dan ingat selalu lima bahan alami di atas untuk solusi hilangkan ketombe.

You may also like

Leave a Comment