How-ToKesehatanTips

Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

posted by MiFTiD 21 Mei 2016
cara menghilangkan bekas jerawat

Bagaimana cara menghilangkan bopeng yang ampuh? Bopeng atau lubang bekas jerawat memang begitu mengganggu. Terutama untuk kaum hawa. Pasalnya keberadaan bopeng kerap membuat penampilan kurang prima sehingga Anda pun tidak tampil percaya diri.

Bopeng muncul karena beberapa sebab. Namun, umumnya bopeng timbul disebabkan karena kebiasaan yang keliru dalam merawat wajah, diantaranya:

  • Memencet Jerawat
    Kebiasaan memencet jerawat menggunakan tangan kotor bisa jadi menyebabkan luka jerawat berupa bopeng. Hal ini karena pada tangan yang kotor tidak menutup kemungkinan terdapat bakteri. Alhasil bakteri masuk dan menyebabkan infeksi sehingga jerawat meninggalkan bekas kulit berlubang atau bopeng.
  • Penumpukan Sel Kulit Mati
    Adanya sel kulit mati yang menumpuk dan tidak kunjung dibersihkan bisa pula menjadi sebab munculnya bopeng di wajah. Problem ini kerap muncul lantaran malas mencuci wajah atau menjaga kebersihan wajah. Sehingga kulit wajah terlihat kusam, kotor, dan memicu munculnya masalah kulit berupa bopeng. Bila sudah demikian, maka Anda sendiri bukan yang harus mencari tahu cara menghilangkan bopeng yang ampuh.
  • Bekas Luka
    Bekas luka seperti luka cacar, gigitan nyamuk, atau lainnya juga bisa menyebabkan bopeng. Sebenarnya bekas luka tidak akan muncul bila Anda bisa menahan untuk tidak menggaruk. Meski terasa sangat gatal, usahakan untuk tidak menyentuh atau malah menggaruk sampai meninggalkan bekas luka.

Sejumlah cara dengan produk berbahan kimia ditawarkan sebagai solusi. Tentu bukan solusi yang tepat karena bahan kimia berisiko menyebabkan infeksi atau efek samping lainnya. Lantas bagaimana cara menghilangkan bopeng yang aman dan ampuh? Cara aman menggunakan bahan-bahan alami direkomendasikan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Bagaimana bila Anda coba cek ke dapur karena siapa tahu Anda menemukan bahan alami untuk mengobati bopeng bekas jerawat berikut ini:

1. Jeruk Nipis dan Madu

madu dapat menghilangkan bekas jerawat

Cara menghilangkan bopeng pertama yaitu menggunakan jeruk nipis dan madu murni. Jeruk nipis diketahui kaya vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Demikian pula dengan madu murni yang populer sebagai bahan herbal alami bermanfaat. Kombinasi keduanya dapat menjadi ramuan hebat untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda hanya perlu mencampur jeruk nipis dan madu. Campur sampai didapati tekstur kental kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan masker kering lalu bilas menggunakan air hangat bersih.

2. Lidah Buaya

lidah buaya dapat menghilangkan bekas jerawat

Lidah buaya atau aloe vera selama ini mungkin dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut. Namun, siapa sangka bila tanaman keras ini bisa pula Anda manfaatkan sebagai cara ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat. Adapun caranya cukup simpel. Anda hanya perlu mengambil beberapa batang lidah buaya, potong-potong lalu kumpulkan gel alaminya. Gunakan gel sebagai masker lalu oleskan pada wajah sampai merata. Biarkan sampai kering lalu basuh menggunakan air sampai bersih.

3. Daun Sirih

daun sirih dapat menghilangkan bekas jerawat

Daun sirih juga dikenal sebagai herbal kaya khasiat. Salah satu manfaat daun sirih yaitu untuk menghilangkan bopeng pada wajah akibat bekas jerawat. Anda cukup mengambil 10 lembar daun sirih kemudian haluskan. Aplikasikan daun sirih yang sudah halus sebagai masker wajah. Diamkan supaya kandungan nutrisinya bekerja. Setelah kering bilas menggunakan air hingga tidak ada sisa masker yang tertinggal. Perawatan ini baik Anda lakukan rutin 3 kali seminggu untuk mendapat hasil optimal.

4. Jus Lemon

lemon dapat menghilangkan bekas jerawat

Di dalam jus lemon diketahui terdapat kandungan alpha hydroxy acid. Kandungan itulah yang konon ampuh menghilangkan luka bekas jerawat secara aman dan alami. Hanya saja cara menghilangkan bopeng menggunakan jus lemon ini tidak direkomendasikan untuk jenis kulit sensitif karena berisiko iritasi. Anda bisa membuat jus lemon dari satu buah lemon segar. Oleskan jus lemon pada area wajah yang terdapat bopeng bekas jerawat. Diamkan sampai kering lalu basuh menggunakan air dingin.

5. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai dapat menghilangkan bekas jerawat

Kacang kedelai ternyata tidak hanya enak dikonsumsi. Namun, nutrisi kacang kedelai juga baik untuk kesehatan kulit. Tidak terkecuali untuk menghilangkan lubang pada wajah atau bopeng. Pertama-tama Anda mesti merendam beberapa biji kedelai. Tumbuk kacang kedelai sampai halus atau Anda bisa menggunakan blender. Aplikasikan biji kacang kedelai yang sudah halus pada wajah lalu diamkan kurang lebih 30 menit atau sampai kering. Bila sudah bilas menggunakan air hangat. Perawatan ini bisa Anda lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Jagung Muda

jagung muda dapat menghilangkan jerawat

Cara terakhir yaitu menggunakan jagung muda. Sayuran jenis ini diketahui kaya kandungan vitamin E yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin E itu pun juga dibutuhkan dalam proses regenerasi kulit. Untuk menghilangkan bopeng padawajah Anda hanya perlu memarut beberapa buah jagung muda. Gunakan parutan jagung muda sebagai masker lalu balurkan secara merata pada area terdapat bopeng. Biarkan sampai masker kering lalu basuh menggunakan air. Adapun cara menghilangkan bopeng ini akan lebih optimal bila dilakukan pada malam hari menjelang tidur.

You may also like

Leave a Comment