How-ToKesehatanLifestyleTips

Ingin Kuku Tampil Sehat dan Cantik? Simak Tips Berikut Ini

posted by MiFTiD 22 Mei 2016

Cara Merawat kuku yang baik mungkin jarang menjadi perhatian banyak orang. Kebanyakan orang-orang akan lebih memusatkan perawatan tubuh mereka pada wajah atau kebersihan kulit. Padahal meski tidak begitu terekspos, kesehatan kuku juga tidak kalah penting. Kuku yang terlihat menguning atau rusak jelas akan mengurangi daya tarik penampilan Anda. Karenanya, meski tidak dilakukan setiap hari sebaiknya sediakan waktu untuk perawatan menicure dan pedicure kuku.

Tidak punya uang lebih untuk menicure atau pedicure di salon? Jangan khawatir, merawat kuku tidak berarti melakukan pemborosan uang, karena sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kuku di rumah dengan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Perawatan praktis kuku di rumah

Melakukan menicure pedicure sendiri tidaklah sulit, karena bahan-bahan yang diperlukan sebenarnya mudah didapat dan ada di sekitar Anda. Namun yang terpenting adalah kerutinan dalam melakukannya. Karena jika hanya melakukan 1 atau 2 kali saja maka efek perawatannya tidak akan terasa. Sebelum melakukan perawatan kuku, ada baiknya Anda mengenal bentuk kuku yang sehat dan bercirikan:

  • Kuku sehat memiliki tampilan warna merah muda yang segar, jika warna kuku cenderung pucat atau malah kekuningan maka bisa jadi ada masalah pada organ dalam Anda
  • Permukaan kuku halus dan tidak memiliki gelombang
  • Kuku tidak terlalu keras ataupun rapuh, kuku juga tidak mudah patah

Jika kuku Anda sudah memiliki ciri-ciri di atas berarti termasuk dengan golongan kuku yang sehat, dan sekarang tinggal merawat kuku tersebut agar terlihat labih cantik lagi.

1. Rajin memotong dan merapikan kuku

Sebagian orang, terutama wanita biasanya senang memelihara kuku sampai panjang, hal itu tidak masalah sepanjang kuku tidak terlihat kotor serta tidak mudah patah. Karena kuku panjang yang tidak terawat malah akan menjadi sarang kuman dan bakteri.

2. Jangan memotong kutikula kuku

karena kutikula tersebut memiliki fungsi untuk melindungi kuku dari infeksi. Sebaiknya arahkan kutikula ke bagian dalam kuku.

3. Bersihkan kuku ketika mandi

bisa dengan menggosoknya secara lembut menggunakan sikat gigi. Bisa juga merawat kuku dengan menggunakan hand scrub. Gosok perlahan hand scrub pada kuku, bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk lembut.

4. Penggunaan pelapis kuku

Untuk menjaga kesehatan kuku bisa menggunakan pelapis kuku. Pelapis kuku ini bisa didapatkan dengan mudah di toko kosmetik. Gunakan pelapis kuku sekali dalam seminggu untuk membuat kuku lebih halus dan kuat.

5. Gunakan pelembab atau penghalus kuku

Sebelum tidur sebaiknya gunakan pelembab atau penghalus kuku. Sama halnya dengan kulit, saat tidur kuku pun memiliki kemampuan menyerap nutrisi lebih baik sehingga pemakaian pelembab dan pengahalus kuku memang lebih baik di waktu malam, agar proses kerjanya juga lebih maksimal.

6. Penggunaan pewarna kuku yang wajar

Suka menggunakan pewarna kuku? Kuku memang lebih cantik dengan pewarna yang menghiasinya, namun jangan terlalu sering menggunakan pewarna tersebut. Sebaiknya beri jeda sehari hingga 3 hari kuku tidak menggunakan pewarna, agar kuku bisa beristirahat dan tidak mudah rapuh.

Perawatan kuku ini berlaku untuk kuku tangan maupun kuku kaki. Kuku kaki secara bentuk terlihat lebih keras ketimbang kuku tangan sehingg ada treatment khusus untuk membersihkannya. Sediakan waktu sekitar 10 menit untuk merendam kuku kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampur garam, olive oil dan air jeruk nipis. Perlahan sikat dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit matinya. Setelah itu bilas dan keringkan.

Bahan alami untuk merawat kuku

Selain merawat kuku dengan berbagai treatment di atas, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk membersihkan dan memperkuat kuku. Beberapa bahan atau tumbuhan di bawah ini sudah sejak dulu dipercaya sebagai produk untuk merawat kuku:

1. Minum susu dengan teratur

Karena kuku juga termasuk bagian dari tulang, hanya saja pertumbuhannya lebih cepat serta strukturnya berbeda dari tulang tubuh Anda. Namun kuku juga membutuhkan kalsium untuk membuat pertumbuhannya sehat, dan kalsium bisa didapatkan dengan rajin mengkonsumsi susu.

2. Belimbing wuluh

Kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh dapat memperkuat permukaan kuku. Caranya dengan memotong belimbing wuluh dan menggosokkan dagingnya ke permukaan kuku. Belimbing wuluh juga ampuh untuk membuat kuku terlihat bersih dan mengkilat.

3. Pasta gigi dan lemon

Campuran pasta gigi dan perasan lemon juga ampuh untuk merawat kuku. Namun pastikan memakai pasta gigi yang berwarna putih karena memiliki kandungan pemutih. Fungsi campuran lemon dan pasta gigi ini adalah untuk membersihkan, memutihkan serta memperkuat kuku.

4. Bawang putih

Kandungan dalam bawang putih juga bisa memperkuat dan memutihkan kuku, terutama kuku yang terlihat menguning. Caranya cukup menggosokkan bawang putih langsung ke pemukaan kuku, tunggu beberapa menit hingga sari barang terserap ke dalam kuku lalu bilas dengan air bersih.

5. Getah Pepaya

Jika memiliki masalah kuku yang mudah pecah dan terkelupas, sebaiknya gunakan resep getah pepaya. Oleskan getah pepaya tersebut untuk memulihkan kondisi kuku yang terkelupas. Selain untuk memperkuat kuku, getah pepaya juga bagus untuk membersihkan dan merawat kuku secara rutin.

You may also like

Leave a Comment