Clash of ClansGameHow-ToTips

Info Tips dan Cara Memainkan Friendly Challenge Clash of Clans

posted by MiFTiD 22 Mei 2016

Bagi penggemar Clash of Clans, Update COC bulan Mei ada fitur baru yang akan hadir di game supercell ini. Fitur ini bernama Friendly Challenge. Bagi gamer yang belum tahu, paham atau mengerti bagaimana cara memainkan Friendly Challenge, berikut beberapa penjelasan mengenai apa yang dapat gamer lakukan pada Friendly Challenge.

Selain Friendly Challenge masih banyak konten dan fitur baru yang akan dirilis pada update mendatang, salah satunya dua spell baru, untuk info update lengkap COC Mei 2016 disini.

Apa Itu Friendly Challenge?

Friendly Challenge adalah fitur yang memungkinkan anggota Clan dapat saling serang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena fitur ini menjadikan perang antara anggota dalam satu Clan dan hanya sebagai latihan saja. Jadi Resource, Trophies, Troops, Heroes, Traps maupun Spell dan Gold yang Anda miliki tidak akan berkurang. Jadi jangan ragu untuk menggunakan fitur ini untuk berlatih.

Aturan dan Batasan Dalam Friendly Challenge

Sejak fitur Friendly Challenge ini dikeluarkan, ada banyak tanggapan yang disampaikan para gamer pada Supercells. Banyak dari mereka mengeluhkan bila fitur ini dapat digunakan untuk meniru persis base lawan lalu kemudian menggunakannya untuk latihan menyerang kota tersebut. Karena ini, maka Supercell membuat aturan baru.

Yang pertama adalah pembatasan penempatan base layout yang akan digunakan sebagai tempat latihan. Saat ini, gamer tidak dapat lagi mengubah base layout yang akan digunakan sebebasnya. Layout yang sudah diubah atau dimodifikasi dalam jangka waktu 24 jam tidak akan dapat digunakan untuk Friendly Challenge. Aturan atau batasan ini hanya berlaku untuk Anda yang memiliki Town Hall level 9. Untuk level 8 ke bawah, Anda masih dapat sebebas-bebasnya mengubah layout yang akan digunakan.

Hal baru lainnya adalah penggunaan Scouting pada Preparation Day. Biasanya, Anda dapat menggunakan Scouting untuk mengintip bagaimana base layout lawan dengan jelas dan detail pada Preparation Day. Namun, kali ini, Anda tidak akan bisa melakukannya. Anda masih dapat menggunakan Scouting, tetapi tidak akan memberikan informasi detail. Anda hanya dapat melihat struktur Village dari clan yang akan Anda serang. Dengan demikian, maka Anda masih akan memiliki gambaran mengenai Village dari lawan Anda dan mempersiapkan strategi yang tepat seperti sebelumnya. Namun, untuk Battle Day, Anda dapat menggunakan fitur Scouting secara penuh.

Menurut pengembang game ini, pembatasan penggunaan Scouting ini perlu dilakukan agar batasan waktu pada penggunaan layout untuk Friendly Challenge dapat dipersingkat. Bila tidak, maka batasan tersebut dapat mencapai 48 jam, yang mana terlalu lama.

Memulai Friendly Challenge

Setelah membaca penjelasan diatas, apakah Anda tertarik untuk mencoba fitur baru ini? Baik, untuk memulai Friendly Challenge, yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Cukup buka kotak Clan Chat, yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan anggota Clan lainnya. Disitu, Anda akan menemukan tombol menu baru dengan tulisan “Challenge”. Tekan tombol ini dan Anda akan dibawa ke halaman dimana dapat memilih layout yang akan digunakan. Tentunya, Anda harus membuat Layout ini terlebih dahulu dan menyimpannya agar dapat digunakan di fitur ini. Atau, Anda dapat menggunakan Layout yang Anda gunakan saat itu, termasuk War Base. Anda juga dapat menambahkan kata-kata saat mengundang anggota lain untuk Friendly Challenge atau tidak menggunakannya juga tak apa-apa.

Setelah Anda mengirimkan undangan seperti ini, maka setiap anggota Clan Anda dapat menerimanya dan memulai Friendly Challenge. Mereka dapat melancarkan serangan pada layout yang sudah Anda pilih. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena mereka tidak akan dapat mengambil Resource maupun Trophies yang Anda miliki. Bila Anda sebelumnya menempatkan Troops di dalam Clan Castle, maka pasukan tersebut akan secara otomatis menjadi pasukan yang mempertahankan Base Layout yang Anda pilih.

Menerima Undangan Friendly Challenge

Penjelasan diatas untuk Anda yang ingin memulai Friendly Challenge. Sekarang, untuk Anda yang mendapatkan undangan dan ingin mencoba Friendly Challenge dengan teman Anda. Yang Anda lakukan adalah menggunakan Clan Chat. Setelah itu, Anda dapat melancarkan serangan dengan Troops dan semua senjata, Resource dan hal lainnya yang Anda miliki. Anda tidak perlu ragu-ragu dan lancarkan serangan sepuas hati Anda.

Hasil dan Video Replay dari serangan yang dilakukan dapat dilihat melalui Clan Chat. Tetapi, anggota lain juga dapat langsung melihatnya melalui Clan Chat secara langsung.

Keuntungan Friendly Challenge

Keuntungan utama dari fitur Friendly Challenge ini adalah Anda dapat memperoleh tempat terbaik untuk latihan dan mencoba hal-hal baru. Atau, Anda dapat melakukannya untuk bersenang-senang saja dan membuat kompetisi antar anggota Clan Anda. Misalnya, Anda membuat Layout tertentu dan melihat siapa yang lebih cepat untuk menaklukkannya.

Yang jelas, Anda tidak perlu khawatir saat bermain dalam Friendly Challenge. Nikmati sepuasnya dan lakukan berbagai hal, bahkan hal gila sekalipun. Friendly Challenge memang dibuat untuk tujuan itu.

You may also like

3 Comments

Update COC Mei: Fitur & 2 Spell Baru dan Tambahan Level Bangunan & Pasukan - MiFTiD 22 Mei 2016 at 12:31 pm

[…] Info Tips dan Cara Memainkan Friendly Challenge Clash of Clans […]

Reply
Rama Ramadhan 22 Mei 2016 at 6:45 pm

gimana ya caranya nambah gems tanpa root? 100℅ working. yang bisa komen ya?

Reply
Tatang 11 Oktober 2016 at 9:07 pm

makasi, artikelnya menjawab pertanyaan saya

Reply

Leave a Comment