IntermezzoKesehatanLifestyle

Hati-hati! Camilan Ini Boleh dikonsumsi Asalkan Tidak Berlebihan

posted by MiFTiD 13 Mei 2016

Camilan menjadi teman antara waktu makan berat. Camilan sendiri terdiri dari berbagai macam. Makanan maupun minuman ringan, sama-sama disebut sebagai camilan. Tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi camilan. Karena pada dasarnya, camilan dikonsumsi untuk menahan rasa lapar sebelum tiba waktu makan berat atau untuk memenuhi keinginan “mengemil”. Berikut ini ada enam macam camilan yang sebenarnya memiliki gizi aman untuk tubuh. Namun, sayangnya jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dampaknya tidak lain menjadi camilan gizi berlebih.

Camilan Mengandung Mononatrium Glutamat

Kini, Anda lebih familiar dengan kandungan ini. Yaitu, Mononatrium Glutamat yang dulunya dikenal dengan MSG atau singkatan dari Monosodium Glutamat. Senyawa Natrium maupun Sodium adalah senyawa yang sama. Pengaruhnya dalam camilan memberikan rasa gurih dan umami. Pada makanan ringan yang dikemas dengan extruder atau pillow, Mononatrium Glutamat sangat mudah dijumpai. Bagi Anda yang hobi mengkonsumsi keripik, stick, atau camilan yang memiliki rasa gurih dan umami memang tidak masalah. Selama masih dalam batas wajar karena terlalu banyak mengkonsumsi camilan dengan kandungan Mononatrium Glutamat sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi camilan dengan kandungan Mononatrium Glutamat secara berlebih akan membawa dampak buruk, salah satunya menjadikan Anda sebagai orang yang malas berpikir.

Camilan Mengandung Karbohidrat Berlebih

Kue adalah camilan yang identik memiliki rasa manis. Bahan dasar untuk pembuatan kue diketahui berupa terigu. Rasa manis yang dihasilkan tidak lain berasal dari gula pasir yang ditambahkan. Mengkonsumsi camilan kue di sela-sela waktu makan berat memang dapat mengganjal rasa lapar di perut. Satu sampai dua potong kue untuk dikonsumsi, masih dalam batas yang wajar. Namun, jika satu kotak besar kue Anda konsumsi sendiri, maka dampaknya adalah kue sebagai camilan gizi berlebih. Kandungan karbohidrat di dalam kue terbilang tinggi. Ketika Anda mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan, dampak buruknya adalah menderita diabetes. Karena salah satu penyebab seseorang menderita diabetes adalah karena mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Camilan Gorengan Mengandung Bumbu Penyedap

Gorengan sangat nikmat dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin. Musim hujan, saat mendung, paling nikmat adalah mengkonsumsi tempe goreng, tahu goreng, bakwan goreng, dan goreng-gorengan lainnya. Tidak masalah jika Anda membuat sendiri gorengan tersebut. Anda dapat membuatnya tanpa bumbu penyedap dan dengan minyak goreng yang masih layak pakai. Namun, menjadi berbeda ketika Anda lebih memilih untuk membeli gorengan sendiri. Anda tidak tahu seberapa banyak bumbu penyedap yang ditambahkan. Meskipun Anda dapat melihat kondisi minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng. Salah memilih penjaja gorengan, Anda dapat mengkonsumsi gorengan yang mengandung bumbu penyedap dalam jumlah berlebih. Mirip dengan camilan ringan yang disebutkan sebelumnya. Bumbu penyedap sudah pasti terdapat kandungan Mononatrium Glutamat. Lebih baik jika Anda ingin gorengan, buatlah sendiri di rumah.

Camilan Minuman Ringan Bersoda

Camilan seperti minuman ringan yang bersoda juga menjadi paling favorit. Rasa dari camilan satu ini memang segar guna melepas dahaga. Namun, kandungan soda di dalamnya tidak baik bagi kesehatan lambung. Minuman ringan bersoda juga dalam dunia pangan juga dikenal sebagai minuman berkarbonasi. Minuman ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kondisi asam pada lambung. Jika kondisi lambung Anda sedang tidak baik dan tetap nekat minum minuman soda, tentu akan membawa dampak buruk bagi kesehatan lambung.

Camilan Mie Instan

Mie instan termasuk camilan yang sangat familiar di Indonesia. Mie instan termasuk camilan yang sering dikonsumsi. Masih dapat dikatakan sebagai camilan sehat, asalkan tidak setiap hari dikonsumsi. Paling tidak sebulan, Anda hanya mengkonsumsi mie instan sebanyak tiga kali. Mengapa harus dibatasi? Di dalam mie instan terdapat kandungan karbohidrat yang berasal dari bahan mie. Terdapat pula kandungan garam serta penyedap yang jika dikonsumsi secara berlebihan, membuat dampak buruk bagi kesehatan. Sebab kandungan garam dan penyedap pada sebungkus mie instan sendiri sudah tinggi. Lalu, bagaimana jika Anda mengkonsumsinya setiap hari?

Camilan dengan Kandungan Gula Berlebih

Suka mengkonsumsi camilan yang manis-manis tidak hanya membuat tubuh menerima asupan kalori tinggi. Bagi Anda yang suka dengan permen, gula-gula, manisa, cokelat, menjadikannya sebagai camilan di antara waktu makan berat memang tidak masalah. Namun, batasilah seperti hanya mengkonsumsi satu sampai dua buah. Di dalam camilan yang manis mengandung gula berlebih. Bagi Anda yang masih muda, tentu tidak ingin usia yang masih aktif-aktifnya untuk melakukan berbagai hal harus terhambat karena menderita obesitas dan diabetes. Jadi, Anda harus dapat bersikap wajar terhadap camilan yang dikonsumsi.

Dari semua macam camilan yang sudah disebutkan, tidak ada larangan untuk Anda konsumsi. Jika Anda ingin, maka konsumsilah. Namun, tetaplah konsumsi secara wajar, mengingat enam camilan tersebut berpotensi sebagai camilan gizi berlebih.

You may also like

Leave a Comment