Memiliki alergi tentunya merupakan hal yang sangat mengganggu karena merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan tubuh. Pada dasarnya, alergi sendiri akan timbul dikarenakan adanya rangsangan imun yang kuat bahkan juga sangat kuat pada bahan yang memicu terjadinya alergi atau yang seringkali disebut dengan alergen. Meskipun alergen sebenarnya memang tidak berbahaya bagi tubuh, namun tidak jarang sistem imun salah untuk menangkap responnya. Sehingga terjadilah alergi tersebut.

Salah satu jenis alergi yang sangat mengganggu dan juga seringkali terjadi yaitu alergi pada kulit. Beberapa orang akan mengalami alergi pada kulit mereka dalam bentuk gatal-gatal misalnya. Namun tidak jarang juga banyak jenis gangguan lainnya yang disebabkan oleh alergi. Seperti halnya saja terasa sulit untuk bernapas atau sesak napas. Bahkan juga ada yang hingga mengalami kelumpuhan misalnya.

Adapun alergi pada kulit dikenal dalam istilah kedokterannya yaitu sebagai dermatitis atopik yang seringkali disebabkan karena bahan-bahan tertentu yang menjadi pemicu munculnya alergi berupa gatal-gatal. Tidak jarang, alergi pada kulit juga bisa terjadi dengan tanda bengkak, peradangan, kemerahan, biduran, bahkan juga bintik-bintik atau bintil.

tips cara mengatasi gatal akibat alergi
tips cara mengatasi gatal akibat alergi

Cara sehat dan alami untuk mengatasi gatal akibat alergi

Mengalami alergi kulit seperti halnya gatal-gatal pastinya akan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, harus benar-benar diatasi dengan cara-cara berikut ini, yaitu;

1. Jaga kebersihan lingkungan pribadi

Salah satunya yaitu lingkungan rumah. Pastikan rumah selalu dalam keadaan bersih karena rumah merupakan satu-satunya di mana melakukan segala hal dan juga tempat untuk berlindung. Pastikan untuk selalu membersihkan setiap sudut rumah yang memiliki kemungkinan adanya debu atau kotoran. Misalnya saja rak buku tertutup yang bisa memicu timbulkan kotoran serta debu dan bukan tidak mungkin akan menjadi pemicu alergi pada tubuh.

2. Gunakan cat tembok anti jamur

Mungkin terkesan ribet dan juga tidak penting. Namun pada nyatanya, menggunakan cat tembok yang asal-asalan bisa memicu alergi pada tubuh. Mengapa demikian, karena cat tembok yang memiliki kualitas buruk hanya akan membuat tembok menjadi lembap sehingga menimbulkan jamur. Kemudian, jangan menggelar karpet berbulu dalam jangka waktu yang lama tanpa membersihkan atau membereskannya. Hal ini dikarenakan karpet yang berbulu hanya akan menyimpan banyak debu, dan jika kontak dengan kulit sensitif akan menimbulkan alergi.

3. Menggunakan penyaring udara

Jika memungkinkan dan memiliki air conditioner atau ac, maka pastikan untuk menggunakan penyaring udara. Sehingga akan lebih membantu dalam menyaring partikel dan juga membantu agar udara yang dikeluarkan tetap bersih.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Selain melalui lingkungan sekitar rumah, jangan abaikan asupan makanan yang sehat. Rata-rata, alergi juga banyak dipicu karena tidak kuat terhadap salah satu makanan yang memiliki kandungan alergen atau penyebab alergi sehingga kulit menjadi gatal-gatal. Oleh karena itu, pastikan juga untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa memicu alergi. Tiap-tiap orang memiliki jenis makanan yang membuat mereka alergi, mulai dari makanan laut, kacang-kacangan hingga buah-buah tertentu. Namun banyak juga makanan yang akan membantu untuk mengatasi alergi tersebut. Dengan kata lain, kenali tubuh sendiri agar lebih maksimal dalam mengatasi alergi yang dimiliki.

5. Gunakan bahan-bahan untuk meredakan alergi

Misalnya saja dengan menaburkan bedak pereda gatal hingga mengoleskan salep untuk gatal tersebut. Untuk jenis alergi menahun, pastikan untuk diberikan tindakan secara medis agar lebih maksimal sehingga mendapatkan pengobatan secara oral yang akan lebih ampuh lagi dalam mengatasi gatal-gatal tersebut.

Selain cara-cara di atas untuk mengatasi gatal yang disebabkan alergi. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dipercaya dapat meredakan bahkan juga menyembuhkan alergi yang dimiliki tersebut.

  • Menggunakan daun salam dengan mengoleskan tumbukan daun salam pada bagian alergi.
  • Menggunakan jahe yang dicampur dengan gua merah, cuka beras putih dan direbus sebelum diminum secara teratur dan juga secara rutin tentunya.
  • Menggunakan minyak goreng dan garam yang merupakan bahan masakan ternyata memiliki manfaat serta kegunaan untuk mengatasi gatal akibat alergi tersebut. Caranya hanya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan mencampurkannya pada bagian yang gatal atau bagian yang alergi.
  • Menggunakan temu hitam dan juga kunyit yang dihaluskan untuk kemudian dioleskan pada bagian yang gatal atau alergi tersebut.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat alergi. Karena pada dasarnya alergi seringkali akan kembali jika mengkonsumsi maupun juga bersentuhan dengan alergen. Sehingga sudah seharusnya untuk lebih mengetahui dan juga paham akan cara menghindarinya. Seringkali, gatal-gatal mungkin dianggap hal yang sepele. Namun jika dibiarkan saja, tidak jarang jika alergi tersebut bisa merembet bukan hanya gatal tetapi juga pada gangguan pernapasan. Bahkan ada juga yang mengalami koma dan lumpuh otak akibat tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang membuatnya alergi.