How-ToKesehatanTips

Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Berdarah

posted by MiFTiD 24 Mei 2016

Bagaimana cara mengatasi dan menghentikan gusi berdarah? Saat menggosok gigi mungkin Anda pernah mendapati busa pasta yang bercampur dengan darah atau darah menempel pada sikat gigi dan kadang gigi terasa sakit. Kira-kira darimana darah tersebut berasal? Kondisi darah yang bercampur pada busa pasta atau sikat gigi bisa jadi karena gusi Anda berdarah. Harap waspada dan jangan anggap remeh hal tersebut. Bila Anda mendapati kondisi demikian, maka Anda harus mencari tahu penyebabn gusi berdarah. Hal ini seperlu mengambil tindakan tepat guna mengatasi masalah gusi berdarah apalagi jika berdarah terus-menerus dan terasa sakit pada gigi Anda.

Penyebab Gusi Berdarah

penyebab gusi berdarah

Sebelumnya perlu Anda tahu. Gusi mempunyai banyak pembuluh darah kecil dan cukup rapat. Inilah yang membuat gusi berwarna merah dan seringkali membuat gusi rentan berdarah saat terjadi peradangan, trauma, atau gangguan lain. Gusi yang mana juga menjadi jaringan penyokong gigi, menyebabkan setiap hal yang terjadi pada gusi dapat berpengaruh pula pada konsisi gigi dan sebaliknya. Itulah salah satu alasan Anda tidak boleh menganggap remeh gusi berdarah karena bisa membuat masalah lain pada gigi selain rasa sakit terus-menerus.

Penyebab gusi berdarah cukup beragam yang dapat dibedakan menjadi penyebab lokal dan sistemik. Termasuk penyebab lokal bila gusi berdarah terjadi karena masalah lokal pada gusi atau gigi. Misalnya kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga sehingga muncul plak, karang gigi, tartar yang terbentuk dari sisa makanan tertinggal. Hal tersebut disinyalir mengundang peradangan atau iritasi pada gusi dan menyebabkan gusi berdarah. Trauma gusi yang didapati karena terlalu keras menyikat gigi juga menyebabkan gusi berdarah secara terus-menerus. Inilah mengapa dianjurkan menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan rutin mengganti sikat 3 bulan sekali terutama pada anak Anda.

Di lain sisi, penyebab Sistemik didapati karena ada masalah atau gangguan pada tubuh. Beberapa diantaranya karena kekurangan vitamin C, kekurangan vitamin K, perubahan hormon saat hamil, gangguan pembekuan darah, penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit kanker seperti kanker leukimia atau kanker darah, dan multiple myeloma.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

cara mengatasi dan menghentikan gusi berdarah

Lantas bagaimana solusi atau cara mengatasi dan menghentikan gusi berdarah yang benar? Berikut diberikan beberapa diantaranya:

1. Mengontrol Pendarahan pada Gusi

Kontrol pendaraan pada gusi dengan memberi tekanan secara langsung. Mula-mula rendam kain kasa bersih dalam air es. Tempelkan pada gusi berdarah lalu tempel sembari memberi tekanan ringan seperlu mengontrol pendarahan yang terjadi.

2. Batasi Asupan Gula

Cara selanjutnya batasi asupan gula. Pasalnya mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih dapat memperparah kerusakan gigi dan pendarahan yang terjadi.

3. Berkumur Air Lemon

Lakukan perawatan dengan berkumur air lemon 2-3 kali dalam sehari. Sari jeruk lemon ampuh membunuh kuman yang bersarang di dalam mulut. Khasiat itulah yang dapat meredakan gusi berdarah dan bengkak.

4. Meminum Rebusan Daun dan Akar Sereh

Cara mengatasi gusi berdarah bisa pula dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Siapkan 15 gram daun dan akar sereh. Rebus dalam 500 cc air lalu campur dengan 20 gram kunyit dan garam secukupnya. Rebus sampai mendidik dan biarkan bersisa 200 cc. Minum selagi hangat untuk mengobati gusi berdarah.

5. Mengolesi Minyak Herbal

Minyak herbal seperti minyak cengkeh dan minyak zaitun ternyata berkhasiat pula untuk mengatasi dan menghentikan gusi berdarah. Campur kedua jenis minyak herbal tersebut. Gunakan dengan cara mengoleskan pada gusi berdarah. Minyak herbal terutama minyak cengkeh mempunyai sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang ampuh meredakan pembengkakan sekaligus gusi berdarah.

6. Jus Buah Kaya Vitamin C

Kombinasi buah kaya vitamin C seperti strawberry dan lemon ampuh mengobati infeksi. Blender 4 buah strawberry segar lalu tambahkan 1 sendok sari buah lemon. Jangan diminum, tetapi gunakan untuk menyikat gusi yang berdarah.

7. Larutan Air Garam

Cara mengatasi dan menghentikan gusi berdarah berikutnya menggunakan larutan garam. Larutkan 1 sdm garam ke dalam 1 gelas air. Gunakan larutan air garam untuk berkumur seperlu meredakan gusi berdarah.

8. Mengonsumsi Bawang Putih

Saat terjadi gusi berdarah, coba perbanyak konsumsi bawang putih. Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu ini mempunyai efek anti biotik alami seperlu melawan infeksi.

9. Menyikat Gigi yang Benar dengan Sikat Lembut

Seperti yang sudah Anda tahu, kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga bisa menyebabkan gusi berdarah. Oleh karena itu, gunakan sikat gigi lembut untuk menyikat gigi secara benar. Bila setelah membersihkan gigi dan mulut tetap terjadi gusi berdarh, lakukan pemeriksaan lanjut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi dan menghentikan gusi berdarah. Agar pendarahan tidak semakin parah, sebaiknya Anda menghindari pengunaan obat pengencer darah dan aspirin. Biasakan pula rutin mengunjungi dokter gigi paling tidak tiap 6 bulan sekali guna melakukan perawatan gigi. Sekian ulasan seputar cara mengatasi gusi berdarah kali ini, semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment