GoogleHow-ToTipsWeb

Cara Membuat Artikel Peringkat 1 Google

posted by MiFTiD 20 Mei 2016

Membuat artikel yang baik untuk website atau blog bisa jadi merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang. Sehingga tidak sedikit yang meremehkan proses pembuatannya. Hal ini berdampak pada kualitas artikel yang dibuat. Sudah tidak terhitung berapa banyak blogger yang dibuat putus asa dengan artikel yang dibuatnya karena tidak dikunjungi oleh pembaca. Akibatnya artikel yang mereka buat gagal menjadi peringkat satu pada hasil pencarian google.

Teknik penulisan artikel SEO seringkali menjadi solusi untuk menempatkan artikel pada posisi satu google. Padahal SEO bukanlah hal utama yang menentukan rangking artikel pada google. Seseorang yang fokus membuat artikel SEO, hanya menghasilkan artikel ramah mesin pencari. Sehingga mereka tidak melihat kualitas artikel melainkan fokus pada hal-hal teknis seperti keyword, metadescription hingga penggunaan subheader dan lain-lainnya.

Ubahlah pola pikir Anda dengan membuat artikel yang human friendly atau ramah kepada manusia. Dengan kata lain, artikel yang Anda buat harus membuat tertarik pembaca, membuatnya betah berlama-lama membaca sampai akhir hingga merekomendasikan artikel yang Anda buat untuk orang lain. Prilaku manusia yang menyukai artikel Anda akan terbaca oleh mesin pencari sebagai data. Dan data inilah yang berdampak pada rangking artikel di google. Berikut cara membuat artikel yang human friendly atay disukai banyak pembaca:

1. Cari tahu dan pelajari karakter calon pembaca

Mencari tahu karakter calon pembaca blog adalah keharusan. Dengan karakter ini Anda dapat menentukan gaya bahasa yang digunakan untuk membuat artikel. Sehingga artikel yang Anda buat menarik dan tidak membosankan. Semisal Anda menggunakan topik keuangan, maka calon pembaca Anda lebih banyak mereka yang berusia 25 tahun atau lebih. Anda harus menyesuaikan gaya bahasa penulisan dengan pembaca yang berusia 25 tahun lebih.

2. Judul harus menarik

Lebih dari sebagian orang tertarik mengunjungi sebuah blog dengan hanya melihat judul artikelnya. Namun dari sebagian besar yang memilih judul suatu blog, hanya sedikit yang melanjutkan untuk membaca isi dari blog tersebut. Artinya Anda memiliki peluang cukup besar kehilangan pembaca. Karena itu selain membuat artikel berkualitas, judul yang menarik dan membuat penasaran akan membantu artikel untuk diklik sekaligus dibaca.

3. Mengakali artikel sehingga betah dibaca

Artikel dalam sebuah blog atau website sangat berbeda dengan buku. Orang akan mudah sekali bosan membaca artikel sebuah blog. Bahkan bisa jadi hanya bagian awal yang dibaca namun tidak bagian terakhir. Untuk menghindari hal ini, Anda harus membuat artikel yang tidak membosankan dibaca. Buat paragraf singkat hanya berisi 3-4 baris. Terapkan cara menulis piramida terbalik yang banyak digunakan para jurnalis dalam membuat penasaran para pembaca.

4. Format artikel ramah pembaca

Sudah banyak terjadi artikel yang ditulis sangat bagus namun tidak ramah pembaca. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan jenis dan ukuran huruf yang salah. Hanya gunakan huruf standar seperti arial untuk menulis artikel. Gunakan ukuran yang tepat, tidak kecil namun juga tidak terlalu besar sehingga pembaca betah. Berikan gambar untuk menunjang tulisan sehingga pembaca betah. Gunakan subheader untuk artikel panjang. Bila perlu pakai poin atau list.

5. Kualitas juga bobot artikel

Kualitas dan bobot artikel sangat ditentukan oleh penguasaan topik yang Anda pilih. Jika Anda tidak cukup ahli dalam topik, cari informasi, referensi hingga baca buku mengenai topik. Jika Anda ingin membuat artikel panduan, maka Anda harus bekerja keras untuk membuat artikel yang sifatnya memandu. Sehingga artikel yang Anda buat haruslah dapat dipraktikkan langsung oleh pembaca untuk mengatasi masalahnya. Dengan ini, artikel Anda akan berbobot dan banyak disukai pembaca.

6. Cari, temukan lalu gunakan keyword dari LSI

Salah satu cara membuat artikel yang disukai pembaca namun juga memberikan dampak cukup besar bagi mesin pencari adalah dengan memanfaatkan teknik penulisan SEO. Salah satu teknis paling penting dalam penulisan SEO adalah keyword. Cari keyword yang paling diminati oleh pembaca dari topik yang Anda buat melalui LSI atau Laten Sematic Index. Nantinya LSI akan memilihkan keyword utama yang memiliki keterkaitan kuat dengan mesin pencari.

7. Tata bahasa dan ejaan yang digunakan

Menggunakan tata bahasa dan ejaan yang tepat akan mewakili kualitas dari artikel dan blog atau website Anda. Bisa jadi kredibilitas blog yang Anda buat dilihat dari seberapa baik tata bahasa dan ejaan yang Anda gunakan untuk menulis artikel. Karena itu selama membuat artikel, pastikan untuk memeriksanya kembali sebelum dipublikasi ke blog. Baca kembali berulang-ulang dan perbaiki setiap tulisan yang janggal dibaca sampai terdengar lebih bagus saat dibaca.

8. Optimasi blog SEO

Pada dasarnya optimasi ini tidak perlu terlalu dipusingkan karena setelah membuat artikel yang berkualitas, optimasi ini hanya penunjang untuk mendapatkan posisi teratas google. Setelah menulis artikel, optimasi blog dapat dilakukan dengan membuat metadescription yang mengandung keyword. Selain itu optimasi dapat dilakukan dengan URL yang merujuk pada keyword utama. Gambar hingga internal link juga dapat menjadi cara tepat untuk optimasi blog.

9. Mencari pembaca

Setelah artikel dibuat dan dipublikasikan, bukan berarti tugas Anda selesai. Artikel Anda akan bersaing dengan jutaan artikel lainnya yang dipublikasikan pada saat yang sama dengan saat Anda melakukan publikasi. Jika tidak ada yang membaca artikel Anda, bisa dipastikan artikel tidak akan mendapatkan rangking google. Lakukan promosi konten dengan memanfaatkan komunitas dan sosial media. Gunakan tombol share pada blog atau website sehingga setiap orang yang membaca akan melakukan sharing artikel yang akan membuat popularitas artikel Anda melonjak.

You may also like

1 Comment

Blog Kopinet 29 Juli 2016 at 6:03 pm

kutip “Setelah artikel dibuat dan dipublikasikan, bukan berarti tugas Anda selesai. Artikel Anda akan bersaing dengan jutaan artikel lainnya yang dipublikasikan pada saat yang sama dengan saat Anda melakukan publikasi”

Hal di atas memang harus kita pahami gan, hal ini juga menjadi tantangan bagaimana agar ditemukan pembaca sebanyaknya, bagi kita para blogger selain untuk menempati peringkat atas dari artikel kita bersama artikel di tempat lainnya yang bersaing setiap saat.

Salam kenal gan,

Reply

Leave a Comment