How-ToTeknologiTips

Cara Membersihkan Gadget Agar Tetap Awet Dan Juga Higienis

posted by MiFTiD 29 Mei 2016
Cara membersihkan gadget

Cara membersihkan gadget penting untuk kamu ketahui karena gadget yang banyak terekspos dengan udara luar lama kelamaan bisa kotor. Faktor utama yang menyebabkan gadget menjadi kotor adalah karena debu dan juga karena sering tersentuh oleh tangan. Kamu bisa lihat misalnya pada keyboard yang berwarna putih lama kelamaan warna cemerlangnya akan berubah menjadi kotor, itu karena kotoran dan debu yang menempel pada keyboard tidak pernah dibersihkan dan membuatnya semakin sulit untuk dibuat kinclong lagi. Layar smartphone pun bisa menjadi sumber kotoran karena setiap kali disentuh dengan jari, belum jika ada panggilan masuk dan kamu menempelkan layar gadget ke pipi wajah, bisa jadi jerawatan lho. Yuk lakukan ritual pembersihan gadget dengan cara membersihkan gadget berikut ini.

1. Gunakan kuas

Keyboard pada laptop atau PC seringkali luput ketika kamu membersihkan perangkat hardware yang lain. Padahal pada keyboard terdapat banyak sela-sela yang gampang sekali menjadi tumpukan debu karena tidak bisa dijangkau dengan menggunakan kain pembersih. Untuk membersihkan sela-sela pada keyboard ini kamu bisa menggunakan kuas yang bisa digunakan untuk make-up. Pilihlah kuas yang ukurannya agak besar atau kuas blush-on. Kuas yang dipakai juga tidak masalah jika kuas bekas, hanya dibersihkan dulu dengan dicucir menggunakan air kemudian dijemur sampai kering. Bulu-bulu pada kuas akan dengan mudahnya menjangkau ke sela keyboard dan membersihkannya dari debu yang menumpuk.

2. Dengan cotton bud atau sikat gigi

Cara membersihkan gadget yang kedua adalah dengan menggunakan sikat gigi jika kamu tidak bisa menemukan kuas bekas. Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam keyboard pada PC karena jika debu sudah masuk ke bagian mesin bisa membuat gadget kamu jadi rusak. Lalu untuk membuat keyboard tidak lagi kusam, kamu bisa memanfaatkan cotton bud yang dilapisi dengan alkohol kemudian menyapu keyboard satu per satu sampai warnanya kembali terang. Tidak hanya keyboard saja, tapi tools ini juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian lain yang tidak terjangkau oleh kain pembersih.

3. Cuka dan alkohol

Untuk membersihkan layar, kamu bisa menggunakan cairan pembersih layar gadget yang sudah banyak dijual di toko-toko IT sebagai cara membersihkan gadget. Biasanya dalam kemasannya juga sudah disertakan lap pembersih dan juga kuas. Tapi kalau kamu ingin hemat, buat saja sendiri, caranya dengan mencampurkan air dengan cuka makan dengan perbandingan yang sama, atau mencampur air dengan alkohol dengan perbandingan yang sama juga. Masukkan ke dalam botol semprotan untuk membersihkan layar smartphone, tablet, monitor, bahkan kamera. Lap layar dengan kain yang bersih dan juga halus, maka layar gadget kamu akan terlihat bersih dari sidik jari, minyak, dan juga bakteri yang menempel.

4. Hindari menggunakan tisu

Cara membersihkan gadget juga harus diperhatikan apa yang digunakan untuk mengelapnya. Lap pembersih yang disarankan adalah lap atau kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa pada kacamata. Tisu memang memiliki tekstur yang halus namun serat pada tisu tidak cukup halus untuk membersihkan layar gadget bahkan bisa beresiko membuat layar menjadi lecet jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Ketika menyemprotkan cairan pembersih ke layar pun sebaiknya jangan langsung ke layar. Namun semprotkan ke lap pembersih baru digunakan untuk mengusap layar dengan hati-hati. Hal ini untuk menghindari adanya air yang masuk ke bagian dalam mesin gadget.

5. Pasta gigi untuk layar lebih mulus

Untuk melindungi layar agar tidak tergores, biasanya orang menggunakan pelindung misalnya dengan screen protector atau dengan menggunakan casing yang berpenutup. Tetapi ada kalanya juga karena kejadian tidak sengaja misalnya tergores dengan benda lain bisa menyebabkan layar gadget menjadi tidak mulus lagi. Ini tentu mengganggu penampilan dan juga daya pandang layar kamu. Kamu bisa mengatasi bekas-bekas goresan ini dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada layar. Kemudian ratakan ke seluruh bagian layar dan diamkan selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, bersihkan dengan lap pembersih yang sudah disemprotkan cairan untuk membersihkan sisa pasta gigi yang juga bisa mengangkat kotoran dengan lebih baik. Hasilnya layar gadget akan kembali mulus dan kinclong dengan cara membersihkan gadget ini.

6. Jangan lupakan earphone

Earphone sering sekali terlupakan ketika kita membersihkan gadget padahal earphone juga membutuhkan perawatan karena ia bisa menjadi sarang bakteri yang berbahaya apabila dimasukkan ke dalam telinga. Apalagi jika kamu sering tukar-tukaran earphone dengan teman yang artinya kamu juga saling bertukar bakteri. Secara berkala bersihkan earphone dengan menggunakan cotton bud yang dicelupkan ke dalam alkohol 70% untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada permukaan dan sela-sela earphone. Busa yang ada pada headphone juga bisa menjadi sumber menumpuknya debu oleh dan penting untuk dibersihkan. Itulah dia beberapa tips untuk cara membersihkan gadget.

You may also like

Leave a Comment