Meningkatkan kunjungan ke blog Anda adalah salah satu cara untuk membuat blog Anda populer. Meningkatkan kunjungan ke blog Anda bisa dilakukan dengan cara membuat artikel-artikel isi blog Anda menjadi artikel SEO friendly. Berikut ini adalah beberapa aspek SEO yang harus Anda perhatikan dalam tulisan Anda agar blog Anda semakin sering dikunjungi orang.

1.   Tag Judul

Tag judul adalah indikator utama dan hal yang menjelaskan apa isi website atau blog Anda. Mesin pencari menggunakan tag judul untuk mencari tahu, isi dan konten website dan blog Anda dan mempertimbangkan apakah blog atau website Anda adalah blog yang tepat untuk disugestikan pada user . Ketika mesin pencari menampilkan beberapa hasil pencarian , judul yang ringkas dan deskriptif akan sangat meyakinkan user atau pengguna untuk mengunjungi website Anda.

Tag Judul Duplikat

Tag judul duplikat yang sama persis dengan blog-blog lain akan membuat mesin pencari kebingungan untuk menentukan relevansi blog Anda. Jadi, jangan sekali-kali menduplikat tag judul. Buatlah tag judul sendiri yang unik untuk halaman blog atau website Anda.

Tidak Ada Tag Judul

Jika tag judul tidak ada, mesin pencari tidak bisa menentukan relevansi blog Anda. Karenanya, tag judul harus ada di setiap artikel yang Anda buat.

Tag Judul Terlalu Panjang

Tag judul hanya boleh maksimal 65 karakter, jika lebih dari itu, mesin pencari juga tidak bisa menggunakan tag judul tersebut untuk menentukan relevansi blog Anda. Jadi, hasilnya akan sia-sia saja. Sama dengan tidak memberi tag judul pada blog Anda.

Tag Judul Terlalu Banyak

Jangan terlalu banyak memberi tag judul. Buat secukupnya saja dan yang penting relevan dengan isi artikel. Jika tag banyak tapi tidak ada relevansinya dengan isi artikel, maka sama saja bohong.

2.   Pengalihan

Pengalihan dari satu URL ke URL lainnya adalah cara untuk “mengirim” pengunjung dari halaman web tertentu ke halaman yang berbeda secara otomatis. Namun, hal ini dapat menyebabkan mesin pencari untuk lebih memprioritaskan halaman-halaman yang menjadi tujuan pengalihan Anda daripada memprioritaskan halaman/blog/website Anda sendiri. Berikut beberapa jenis bentuk pengalihan.

301 (Dipindahkan Permanen)

Dengan menggunakan jenis pengalihan ini, semua hal dan aspek dalam blog atau website Anda tetap bisa dibawa dan digunakan di halaman atau blog Anda yang baru. Gunakan jenis pengalihan ini saat website Anda mengganti nama domainnya.

307 (Dipindahkan Sementara)

Jika website atau blog dikode 307, maka itu artinya website atau blog sedang dipindahkan untuk sementara waktu. Tidak seperti 301, emua hal dan aspek dalam blog atau website Anda tidak akan bisa dibawa dan digunakan di halaman atau blog Anda yang baru.

Hostname

Banyak website atau blog yang mengizinkan penggunanya untuk mengaksesnya dengan menggunakan hostname atau nama host yang berbeda-beda. Tapi ingat, semua hostname harus mengarah ke website yang sama agar mesin pencari tidak kebingungan.

Reachability

Reachability mengacu pada kemampuan untuk mengakses halaman yang paling penting di situs Anda. Hal ini juga membantu mesin pencari menjelajah halaman dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Anchor Text

Anchor text itu seperti hyperlink di mana dalam sebuah kata terdapat link yang akan membawa Anda ke halaman yang berbeda. Hal ini dapat membuat proses indexing lebih efisien dan lebih relevan.

Link Rusak (Brokenlink)

Halaman yang berakhir dengan link rusak biasanya akan tetap menampilkan tulisan eror dan tidak menuju ke halaman tujuan , file, atau gambar . Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan , seperti konten terkait yang sudah dihapus atau URL yang dipindahkan .

URL Terlalu Panjang

Nama URL yang terlalu panjang akan membingungkan mesin pencari. Biasanya, URL yang kepanjangan malah akan terpotong dengan sendirinya dan akan mengakibatkan mesin pencari kebingungan.

Halaman Buntu (Dead End Pages)

Halaman buntu tidak memiliki link keluar. Hal ini sangat buruk pengaruhnya pada efektivitas SEO pada halaman tersebut.

Halaman Tidak Temukan (Page Not Found)

Kode 404 atau halaman tidak ditemukan terjadi pada saat user ingin mengakses halaman yang sudah tidak ada lagi. Hal ini tidak akan mengirim jumlah kunjungan ke blog yang sudah tidak eksis lagi ini.

Konten yang Sama/ Konten Duplikasi

Konten duplikasi mengacu pada konten yang muncul di lebih dari satu URL . Akibatnya , mesin pencari dipaksa untuk memprioritaskan relevansi dan keaslian setiap bagian dari konten .

Meta Deskripsi Duplikasi

Sama seperti duplikasi konten, meta deskripsi yang muncul di lebih dari satu URL juga tidak akan berdampak baik di mesin pencarian.

Terlalu Banyak Tautan/Link

Terlalu banyak link dapat berdampak negatif terhadap bagaimana mesin pencari menilai kualitas halaman. Hal ini juga akan membuat situs Anda lebih sulit untuk melakukan proses navigasi.