IntermezzoSocialWeb

Ini Alasan Menggunakan Tumblr Untuk Pengalaman Sosmed Yang Berbeda

posted by MiFTiD 29 Mei 2016

Alasan menggunakan Tumblr Indonesia adalah negara dengan potensi pasar untuk sosial media yang cukup besar. Dengan jumlah penduduk ratusan juta yang semakin hari semakin melek teknologi dimanfaatkan bagi para creator aplikasi untuk membidik pasar Indonesia. Salah satunya adalah Tumblr. Di Indonesia kepopuleran Tumblr mungkin tidak seperti sosial media lainnya, untuk blogging pun orang Indonesia lebih biasa menggunakan Blogspot atau WordPress. Tapi tahukah kamu kalau Tumblr dikenal sebagai jurangnya internet blog? Karena sekali masuk kamu akan susah keluar lagi. Seperti apa sih serunya main di Tumblr? Ini dia beberapa alasan menggunakan Tumblr buat kamu yang bosan dengan sosmed sekarang.

1. Super menyenangkan

Tumblr punya fungsi yang berbeda dengan microblogging atau sosial media lainnya, di mana Twitter lebih banyak digunakan sebagai media untuk penyampaian informasi yang bisa viral dengan sangat cepat misalnya. Kebanyakan pengguna Tumblr justru untuk mencari kesenangan dan hiburan, karena di sini kamu akan menemukan banyak foto, gifs, video, text-post, dan juga meme paling lucu yang pernah ada. Dijamin kamu akan bertanya-tanya apa sebenarnya pekerjaan orang-orang di balik blog Tumblr yang gila ini? Ditambah dengan fitur like dan reblog, kamu bisa menjadikan konten blog orang lain menjadi kontenmu dan menunjukkan pada follower hal-hal menarik yang muncul di dashboard-mu.

2. Surganya para fans

Tumblr adalah tempat berkumpulnya para hobbyist yang membuat banyak macam post menarik mengenai apa yang menjadi ketertarikan mereka. Alasan menggunakan Tumblr adalah kamu bisa memenuhi keinginanmu untuk mencari tahu lebih banyak misalnya selebriti atau musik favoritmu, fashion, fotografi, masak memasak, serial televisi, dan masih banyak lainnya. Bahkan ada banyak mind-blowing teori mengenai adegan-adegan di serial tv/film misalnya yang dibuat oleh para penghuni Tumblr yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan info mengenai kesukaanmu melalui blog yang difollow atau dengan browsing di bagian tag-search.

3. Gampang digunakan

Alasan menggunakan Tumblr selanjutnya adalah karena mudah sekali untuk digunakan. Kamu hanya perlu sign up, lalu memilih nama username yang juga akan menjadi nama blogmu, lalu pilih template yang diinginkan. Kamu juga bisa mengutak-atik theme dengan menggunakan kode html yang sudah banyak dibagikan di internet. Kamu bahkan tidak perlu membuat konten sendiri, cukup follow blog yang kamu inginkan kemudian lakukan reblog, maka orang lain juga bisa mereblog dari blogmu dan membuat post tersebut semakin viral. Salah satu fitur utama di Tumblr adalah photoblognya, jika kamu punya kemampuan fotografi yang mumpuni kamu bisa memanfaatkan Tumblr untuk membuat hasil karyamu lebih terkenal.

4. Banyak brand terkenal

Melihat potensi pasar yang cukup menjanjikan banyak brand yang memanfaatkan Tumblr untuk meningkatkan brand awareness dan juga marketing lainnya. Misalnya seperti The Huffington Post, The Economist, Mashable, Buzzfeed, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa melihat banyak produk diiklankan di Tumblr melalu video ataupun gifs yang konsepnya beda dan lebih menarik dengan iklan komersial di televisi sehingga bisa untuk inspirasi dan juga referensi. Beberapa selebriti terkenal juga menggunakan Tumblr sebagai blog pribadinya seperti Taylor Swift dan juga Kylie Jenner. Jadi alasan menggunakan Tumblr di sini adalah kamu bisa melihat ada banyak hal menarik dan membuka pikiran ketimbang sosial media lainnya.

5. Bebas curhat

Alasan menggunakan Tumblr yang mungkin paling kamu cari adalah privasi yang lumayan terjaga. Ketika di Facebook atau Twitter kamu tidak bisa bebas mengeluarkan unek-unek karena ada banyak orang yang baca, mengomentari, bahkan cenderung menghakimi. Di Tumblr, kamu bisa bebas membicarakan apapun yang kamu mau tanpa gangguan dan tentu saja batas karakternya lebih banyak dibanding sosmed lainnya.

6. Bebas menyatakan pendapat

Ketika ada sebuah post yang membuatmu tertarik untuk berkomentar baik itu mengutarakan kesepakatan atau bahkan tidak setuju dan ingin membantah, kamu bisa melakukannya tanpa membuka identitasmu. Alasan menggunakan Tumblr adalah karena ada fitur Ask yang mirip dengan DM pada Twitter, hanya pada Ask ini kamu bisa memilih untuk menjadi anonym, dan si penerima pesan bisa memilih untuk mempublikasikan pertanyaanmu dan juga jawabannya atau menjawab pesanmu langsung ke inbox. Tentu saja, jika kamu memilih untuk mengirimkan pesan dengan anonym maka si penerima pesan mau tidak mau harus mempublikasikan pesan tersebut untuk dijawab.

7. Dashboard yang lebih rapi

Timeline pada Twitter dan News Feed pada Facebook saat ini memiliki tampilan yang cukup kacau. Facebook masih memberikan opsi pada penggunanya untuk melihat mana post yang populer dan mana yang baru saja dipost. Tapi pada Twitter kamu dipaksa untuk melihat percakapan dari following, tweet yang sebenarnya sudah dipost 16 jam yang lalu, gambar yang harus diklik ke tab baru kalau ingin dilihat, dan sebagainya. Di Tumblr, tampilan dashboardnya sangat rapid an urut berdasarkan postingan yang paling baru dengan foto dan juga gif yang secara otomatis loading. Masih butuh lebih banyak alasan menggunakan Tumblr?

You may also like

Leave a Comment