GeneralIntermezzoLifestyle

8 Makanan Khas Korea Penggoyang Lidah Wajib Coba!

posted by MiFTiD 21 Mei 2016
8 Makanan Khas Korea

Makanan khas Korea sukses membuat orang penasaran untuk mencicipi. Hal ini tidak terlepas dari demam Korea yang menyebar melalui boyband, girlband, Kdrama, atau reality show Korea. Makanan tradisional negeri gingseng tampak begitu nikmat saat melihat dari layar kaca. Apakah memang seenak itu? Penasaran? Berikut beberapa makanan asli negeri Korea Selatan yang dijamin menggoyang lidah Anda:

1. Kimchi

Kimchi tentu sudah tidak asing lagi didengar. Makanan ini dibuat dari sayuran yang difermentasikan menggunakan bermacam bumbu bercita rasa pedas dan asam. Adapun jenis sayuran yang sering dibuat kimchi diantaranya sawi, lobak, dan timun. Sedangkan bumbu wajib yang mesti ada misalnya cabai, bawang bombay, bawang putih, jahe, pasta udang, dan juga saus ikan. Masyarakat Korea biasanya membuat kimchi dalam porsi besar karena makanan fermentasi ini bisa tahan lama asal disimpan baik. Di negara asalnya sana pun kimchi banyak dijual dalam kemasan.

2. Kimbap

Kimbap dibuat dari nasi putih dengan isian potongan telur, ikan, daging, atau sayuran kemudian digulung menggunakan lembaran rumput laut kering. Untuk memudahkan menyantapnya biasanya kimbap dipotong kecil-kecil ukuran sekali suap. Bentuk gulungan bisa dibuat bundar ataupun segitiga. Meski hanya seperti nasi sayur gulung, tetapi makanan khas Korea ini rasanya begitu nikmat. Pasalnya nasi dibumbui garam dan minyak wijen. Sementara untuk isian sebenarnya bisa dibuat bervariasi sesuai selera.

3. Bibimbap

Makanan khas Korea yang tidak kalah populer dan membuat penasaran untuk mencobanya yaitu bibimbap. Makanan ini bisa dibilang nasi campurnya Korea. Bibimbap dibuat dari nasi putih yang disajikan dengan aneka macam lauk dan sayur plus saus. Keunikannya ada pada cara penyajiannya. Bibimbap disajikan dalam susunan yang begitu rapi dan ada urutannya tersendiri. Sebelum makan bibimbap diaduk supaya bercampur. Agar terasa lebih enak bibimbap kerap disajikan dalam hot plate atau mangkuk panas.

4. Bulgogi

Bagi Anda yang kerap nonton drama Korea tentu sudah tidak asing dengan bulgogi. Makanan khas Korea ini merupakan lembaran daing sapi yang diiris tipis lalu dimasak dengan cara dipanggang di pan. Tentu sebelum dipanggang lembaran daging sebelumnya sudah dimarinasi dengan campuran bumbu gula, kecap, bawang putih, lada, minyak wijen, dan bu mbu lainnya. Bulgogi kerap disajikan bersama aneka lauk lain di dalam mangkuk. Sementara untuk cara memakannya biasanya bulgogi dibungkus dengan daun selada bersama nasi dan lauk lain kemudian langsung disantap.

5. Ramyeon

Ramyeon atau ramen merupakan mie instan ala Korea. Bila dikisahkan dalam drama Korea, orang Korea gemar menyantap mie instan. Ramen pun kerap menjadi hidangan penutup setelah minum soju. Hampir di setiap drama Korea pastinya Anda akan mendapati adegan makan ramen yang disantap langsung dari pancinya. Mie instan Korea ini cara membuatnya tidak beda dengan mie instan yang dijual di Indonesia. Mie direbus di dalam air mendidih lalu diberi tambahan bumbu dan sayuran. Agar semakin lengkap tidak jarang pula ditambahkan irisan sayur dan telur. Bedanya mie ramen umumnya bercita rasa pedas yang dapat dilihat dari kuah mie yang begitu kental dan berwarna merah. Meski hanya mie instan tapi terbukti sukses membuat Anda menelan ludah bukan?

6. Jajangmyeon

Jjajangmyeon juga hidarang dari mie yang dicampur dengan saus kedelai hitam kental. Biasanya jajangmyeon juga disajikan dengan potongan daging, sayuran, dan tidak jarang seafood. Bisa dibilang mirip seperti mie ayam yang banyak dijual di Indonesia. Bedanya mie jajangmyeon bertekstur kenyal dengan ukuran mie yang tebal besar. Saus pasta kedelai hitam juga dibuat sangat kental yang dimasak bersama irisan bawang bombay, potongan seafood, daging giling, dan bahan rahasia lain.

7. Kue Beras

Kue beras ala Korea dibuat dari tepung beras ketan. Tekstur kue beras yang kenyal berpadu pas dengan rasanya yang manis. Aopalagi isian kue menambah rasanya yang nikmat. Cara memasak makanan khas Korea ini bisa direbus, dikukus, ataupun digoreng. Kue beras adalah jajajanKorea yang lebih identik dengan hidangan perayaan. Setiap tahun baru masyarakat Korea biasanya pun menyatap sup kue beras yang menandakan hoki atau keberuntungan. Tradisi memakan kue beras manis ini juga berlaku pada acara pernikahan dan ulang tahun.

8. Sup Rumput Laut

Sudah menjadi tradisi setiap ada orang yang ulang tahun pasti dibuatkan sup rumput laut. Sup rumput laut atau miyeok guk dibuat dengan cara merendam rumput laut kering di dalam air sampai lunak. Rumput laut yang sudah lunak kemudian dimasak ke dalam air kaldu ikan atau sapi. Rasanya begitu menggoda dengan tambahan bumbu kecap, garam, minyak wijen, dan bawang putih. Makanan tradisional ini biasanya juga diberikan kepada wanita yang baru melahirkan. Karena konon makanan khas Korea ini kaya kandungan kalsium dan iodin yang bermanfaat melancarkan ASI.

You may also like

1 Comment

nanda 29 Agustus 2016 at 2:39 pm

enak enak bikin laper ehehehe

Reply

Leave a Comment