IntermezzoLifestyleTravel

8 Gedung Pencakar Langit Paling Indah dan Keren di Dunia

posted by MiFTiD 25 Mei 2016
Burj Khalifa tower terindah

Gedung pencakar langit terkeren kerap hadir sebagai ikon dan sekaligus daya tarik bagi keindahan sebuah negara. Beberapa tahun belakangan ini, pembangunan gedung tinggi dan besar terasa semakin gencar. Alhasil gedung-gedung tinggi tampak menghiasai kota-kota besar nyaris di setiap penjuru dunia.

Gedung tinggi yang seolah tampak akan mencakar langit memang terlihat menarik. Apalagi desain yang diterapkan begitu bermacam. Tentu untuk membangun gedung tinggi tidak asal-asalan. Rancang bangun gedung dibuat sedemikian rupa agar terlihat rapi dan berdiri kokoh. Berikut ini diberikan 8 daftar bangunan pencakar langit paling keren dan indah di dunia:

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa tower terindah

Burj Khalifa atau Burj Dubai adalah bangunan pencakar langit dengan tinggi 830 meter. Gedung ini berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung tinggi mirip sebuah menara ini dibangun tahun mulai tahun 2004 sampai 2009. Rentang waktu yang tidak sebentar memang. Biaya yang dibutuhkan pun nyaris mencapai 20 triliun rupiah hanya untuk membangun gedung megah yang kini menjadi salah satu destinasi wisata modern dunia ini.

Desain Burj Khalifa didesain oleh Andrian Smith yang mana diketahui juga membuat desain Chicago’s Willis Tower dan New York’s One World Trade Center di USA. Sampai saat ini Burj Khalifa digadang-gadang sebagai gedung pencakar langit terindah dan terkeren sekaligus paling tinggi di dunia.

2. Shanghai Tower

Shanghai Tower terindah

Berikutnya Shanghai Tower dibangun dengan ketinggian 632 meter. Gedung ini menjadi yang tertinggi di Tiongkok dan kedua menyusul Burj Dubai. Shanghai Tower dibangun tahun 2008 sampai 2015. Untuk membangun gedung pencakar langit ini tidak kurang 32 triliun dihabiskan.

Gedung dengan 128 lantai di Tiongkok ini didesain oleh seorang arsitek asli San Fransisco bernama Gensler. Desain gedung dibuat unik mirip seperti spiral yang tersusun atas 9 banguan berbeda. Shanghai Tower difungsikan sebagai bangunan hotel, restoran, atrium, museum, taman, dan juga toko retail.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower

al bait clock tower terindah

Bangunan pencakar langit berikutnya dikenal dengan nama Abraj Al-Bait Clock Tower atau Makkah Royal Clock Tower Hotel. Gedung ini dibangun kurang lebih 8 tahun, mulai tahun 2004 sampai 2012 dengan ketinggian 601 meter. Pembangunan gedung menghabiskan biaya sampai $15 miliar.

Adapun ide bangunan gedung pencakar langit terkeren Abraj Al-Bait Clock Tower digagas oleh King Abdulaziz. Raja Arab tersebut memiliki cita-cita melihat Arab tampil modern. Abraj Al-Bait Clock Tower memiliki 120 lantai yang difungsikan sebagai hotel dengan jam besar sebagai pusat bangunan.

4. Ping An Finance Centre

Ping An Finance Centre tower terindah

Bangunan dengan tinggi 600 meter ini berada di selatan kota Tiajin, Tiongkok. Ping An Finance Centre didesain oleh arsitek ternama Amerika bernama Kohn Pedersen Fox Associates. Bangunan ini menjadi bangunan tertinggi keempat di dunia.

Meski masuk dalam kategori gedung paling tinggi dan keren di dunia, nyatanya Ping An Finance Centre dibangun dengan budget minim. Pasalnya dana yang dibutuhkan tidak lebih dari $678 juta. Meskipun demikian, Ping An Finance Centre tampil sebagai bangunan megah dengan 120 lantai yang tepat diresmikan tahun 2016 ini.

5. Goldin Finance 117

Goldin Finance 117 tower terindah

Goldin Finance 117 atau China 117 Tower berlokasi di kota Tianjin, Tiongkok. Sampai saat ini Goldin Finance 117 masih dalam proses pembangunan. Bila dilihat dari desainnya amat diyakini gedung tinggi di Tiongkok ini bakal tampil indah, keren, dan kokoh.

Pembangunan Goldin Finance 117 sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu, namun sempat dihentikan sesaat pada tahun 2010. Memang belum selesai, tetapi diyakini Goldin Finance 117 bakal menjadi gedung tertinggi kelima dengan ketinggian 596 meter dan bakal rampung tahun 2017 mendatang.

6. Elephant Tower

Elephant Tower terindah

Elephant Tower berlokasi di Bangkok, Thailand. Bangunan ini memang layak dinobatkan menjadi gedung pencakar langit indah dan terkeren. Pasalnya desain Elephant Tower dibuat sedemikian rupa mirip gajah. Bila dilihat dari dekat mirip gajah raksasa. Elephant Tower dibangun tahun 1997 lalu dan memiliki ketinggian 102 meter.

Seperti yang sudah Anda tahu, gajah merupakan salah satu ikon khas negeri Thaland. Karenanya Elephant Tower menjadi kebanggaan bagi masyarakat Thailand. Elephant Tower difungsikan sebagai perkantoran, pusat perbelanjaan, dan juga perumahan.

7. Commerzbank

commerzbank tower terindah

Gedung tinggi pencakar langit Commerzbank berada di kota Frankfrut. Gedung ini dibangun tahun 1997 lalu. Commerzbank dibangun dengan ketinggian 300 meter dan menghabiskan biaya sampai 5 triliun rupiah.

Commerzbank bisa dibilang tampil beda dibanding gedung pencakar langit lainnya. Commerzbank ini ramah lingkungan yang mana memanfaatkan sistem pencahayaan alam dan ventilasi. Sehingga penggunaan energi begitu hemat. Commerzbank dikenal pula sebagai gedung ekologi.

8. Torre Agbar

Torre Agbar terindah

Torre Agbar berlokasi di Barcelona, Spanyol. Gedung ini memiliki ketinggian 142 meter. Torre Agbar hadir dengan desain unik lonjong ke sisi atas dan nyaris menyerupai silinder.

Torre Agbar mempunyai 2 buah lapisan silinder. Lapisan pertama alumunium dan lapisan kedua kaca tembus pandang 40 warna berbeda. Lebih tepatnya gedung tinggi ini memiliki total 4500 warna biru, merah mudah, dan kuning yang berasal dari cahaya lampu. Karena itulah, gedung Torre Agbar terlihat begitu berkilau cantik terutama di waktu malam dan layak menjadi salah satu gedung pencakar langit indah dan terkeren di dunia.

You may also like

Leave a Comment