LifestyleTipsTravel

7 Persiapan Penting Sebelum Terbang ke Luar Negeri

posted by MiFTiD 13 Mei 2016

Luar negeri menjadi tujuan traveling yang semakin banyak diminati. Apalagi kini maskapai penerbangan berlomba-lomba memberikan harga tiket murah. Sehingga dapat dikatakan semua kalangan kini dapat traveling ke luar negeri dengan budget terjangkau. Lalu apakah Anda sudah mempersiapkan negara tujuan untuk wisata? Negara manapun yang akan menjadi tujuan Anda nanti, sebaiknya tujuh persiapan penting traveling ke luar negeri dengan cerdas ini tidak boleh dilupakan.

1. Persiapkan Paspor, Visa, dan Vaksinasi dengan Baik

Persiapan penting sebelum ke luar negeri adalah Anda sudah memiliki paspor. Pastikan paspor Anda masih berlaku. Fotocopylah paspor beserta identitas pribadi Anda sebanyak koper dan tas yang dibawa. Masukkan fotocopyan tersebut ke masing-masing koper dan tas Anda. Guna identitas bahwa itu benar-benar barang bawaan Anda. Jika negara tujuan Anda traveling mewajibkan ada visa, maka segera urus visa Anda. Dalam mengurus visa traveling ke luar negeri ada baiknya sudah ada tiket pergi dan pulang dari maskapai penerbangan yang Anda tunjuk. Kemudian uruslah visa Anda minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Mengingat setiap hari ada banyak orang ingin terbang ke luar negeri dengan berbagai kepentingan. Baik itu traveling, bisnis, berkunjung ke tempat kerabat, dan lainnya. Anda juga tidak boleh melupakan kewajiban vaksin jika traveling ke negara Arab Saudi. Karena di negara tersebut setiap orang yang datang diwajibkan sudah melakukan suntik vaksin meningitis. Jangan sampai Anda gagal terbang hanya gara-gara tidak melakukan vaksin.

2. Pastikan Maskapai Penerbangan Memberikan Asuransi untuk Anda

Meskipun persiapan satu ini akan otomatis Anda terima setiap kali sudah membeli tiket pergi dan pulang dari maskapai penerbangan tertentu, namun jangan sampai dilupakan. Tidak ada salahnya Anda menanyakan kepada pihak maskapai penerbangan apakah ada asuransi yang Anda terima. Ketika Anda sudah mengetahui secara pasti ada asuransi yang diperoleh, traveling ke luar negeri pun menjadi terasa lebih ringan.

3. Pelajari Sedikit Bahasa dari Negara yang Menjadi Tujuan Traveling Anda

Negara Jepang, negara Korea Selatan, negara Singapura, negara Malaysia, negara Jerman. Apapun negara yang hendak Anda tuju nanti, jangan sampai lupakan persiapan ini. Pelajarilah barang sedikit bahasa dari negara tersebut. Jika perlu Anda beli buku panduan dwibahasa untuk mempermudah nanti ketika berkomunikasi dengan orang lokal dari negara tersebut. Meskipun Anda hanya menguasai kalimat sapaan sampai dengan cara bertanya harga, itu sudah dapat membuat orang lokal dari negara tujuan traveling Anda merasa senang. Tidak jarang ketika orang lokal menjumpai traveler yang dapat berbicara bahasa mereka, Anda akan diperlakukan dengan lebih baik lagi. Dan lebih menguntungkan, ketika Anda sedang berbelanja, kemungkinan potongan harga akan Anda peroleh.

4. Persiapkan Perlengkapan Obat-obatan dan Vitamin untuk Anda

Cari tahu sedang musim apakah negara tujuan Anda saat tiba nanti. Jangan pernah lupa untuk mempersiapkan perlengkapan obat-obatan. Jika Anda mudah flu, bawalah obat flu guna berjaga-jaga. Selain itu, demi daya tahan tubuh tetap terjaga, jangan lupa pula bawa vitamin. Vitamin C adalah vitamin yang wajib menemani para traveler.

5. Persiapkan Uang dengan Pecahan Terkecil hingga Terbesar

Jika Anda memang memiliki tujuan untuk traveling, pasti sudah mempersiapkan budget dengan jumlah tertentu. Berapapun uang saku yang hendak Anda bawa saat traveling nanti, jangan lupakan ini. Persiapkan uang mulai dari pecahan terkecil hingga pecahan terbesar. Sesuaikan dengan mata uang dari negara yang Anda tuju. Mengapa itu penting? Karena ketika Anda naik kendaraan umum, terkadang sopir tidak memiliki uang kembalian. Jadi, lebih baik Anda bayar dengan uang pas dari pecahan uang yang telah dipersiapkan tersebut.

6. Persiapkan International Adaptor untuk dibawa

Agar gadget yang Anda bawa tidak kehabisan daya baterai, maka traveling ke luar negeri dengan cerdas adalah membawa International Adaptor. Anda dapat menyesuaikan lubang pada sambungan listrik di negara tersebut dengan lubang yang ada pada International Adaptor. Sehingga Anda tidak perlu pusing mencari cara mengisi daya baterai ketika gadget kehabisan baterai. Usahakan Sebelum Anda memutuskan untuk jalan-jalan, isilah terlebih dahulu daya baterai tersebut di kamar hotel tempat Anda menginap. Pastikan semua gadget yang Anda bawa daya baterainya sudah terisi penuh.

7. Pelajari Aturan dan Budaya Negara yang Hendak Anda Tuju

Aturan dan budaya di Indonesia tdak berarti akan sama dengan negara lain. Sebelum traveling, pelajarilah aturan dan budaya negara yang hendak Anda tuju. Sebagai contoh, di negara Jepang, budaya tidak menerima ataupun menelepon ketika berada di transportasi umum sangat dipegang kuat. Jika Anda terbiasa sebaliknya, maka jangan lakukan ketika traveling di Jepang.

Semoga ketujuh tips traveling ke luar negeri dengan cerdas yang sudah disampaikan di atas dapat membantu. Anda menjadi lebih siap sebelum terbang ke luar negeri untuk traveling. Dan pastikan Anda tidak lupa membeli oleh-oleh ketika sudah tiba di negara tujuan traveling nanti.

You may also like

Leave a Comment