KesehatanLifestyleTravel

7 Manfaat Traveling Ini Bisa Mengubah Duniamu Sekarang

posted by MiFTiD 17 Mei 2016

Manfaat traveling ternyata tidak hanya untuk kesenangan pribadi saja, ada juga manfaat lainnya yang secara langsung dan tidak langsung berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Traveling saat ini memang sedang jadi hobi yang digandrungi apalagi dengan kemudahan akomodasi dan juga pencarian informasi sehingga para travelers bisa dengan lebih praktis merencanakan perjalanannya. Buat kamu yang tidak punya budget besar, traveling juga bisa dilakukan dengan cara backpacking atau budget traveling. Cara ini juga semakin banyak digemari karena kamu masih bisa liburan asyik dan seru dengan biaya yang semurah-murahnya. Masih ragu untuk mulai perjalanan baru? Yuk simak manfaat traveling berikut ini.

1. Meningkatkan kemampuan sosial

Kamu mungkin adalah orang yang introvert dan enggan membuka percakapan dengan orang asing terlebih dahulu. Namun dengan sering-sering melakukan traveling, perlahan kamu akan jadi orang yang lebih bisa bersosial. Ini karena saat traveling akan ada banyak kesempatan bagimu untuk berinteraksi dengan orang lain misalnya dengan tanya di mana tempat menginap ketika berwisata di objek yang terpencil, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang tidak banyak wisatawan tahu mengenai cara menikmati suatu objek wisata dengan lebih seru. Manfaat traveling satu ini akan membuat kamu lebih menghargari perbedaan masyarakat dalam kehidupan sosial.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat traveling yang kedua adalah ia bisa membuat dirimu lebih pede terutama dalam mencoba dan mengeksplorasi hal-hal yang baru. Saat traveling ke tempat wisata yang belum pernah didatangi, kamu akan mendapatkan banyak kesempatan untuk keluar dari zona nyaman. Misalnya mencoba untuk bersnorkeling, menyantap makanan khas daerah yang asing sebelumnya, belajar bahasa daerah untuk berkomunikasi dengan orang lokal, bahkan pengalaman tersesat pun bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih matang terutama dalam memecahkan suatu masalah.

3. Lebih mudah beradaptasi

Salah satu serunya dari traveling adalah merasakan kejadian yang tidak direncanakan dan tidak terduga. Misalnya pengalaman ketinggalan transportasi atau pengalaman mendapatkan kamar penginapan yang tidak sesuai harapan. Namun manfaat traveling dari pengalaman tidak menyenangkan tersebut justru membuat kamu jadi orang yang lebih toleran, sabar, tidak mudah jengkel, dan bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan secara positif. Dengan begitu kamu akan jadi orang yang lebih menyenangkan dan juga pesimis dalam melihat suatu keadaan yang tidak menguntungkan.

4. Meningkatkan empati

Hasil penelitian sudah menunjukkan bahwa melakukan perjalanan dan menemukan hal-hal yang membuat kamu kagum bisa meningkatkan rasa empati. Rasa empati ini termasuk dalam faktor kecerdasar emosi manusia atau EQ yang menjadi indikasi hubungan baik kita pada orang lain atau dengan diri sendiri. Manfaat traveling adalah untuk menjadikan kamu orang yang lebih bersahaja karena bisa menyadarkanmu ada hal yang lebih besar dibandingkan dengan ego. Sehingga kamu bisa berdamai dengan dirimu sendiri dan juga menjalin hubungan yang lebih baik antar sesama.

5. Menghilangkan stress

Manfaat traveling tentu saja untuk menghilangkan rasa stress terutama untuk kamu yang punya rutinitas padat. Secara psikologis, manusia selalu haus akan sesuatu yang baru sehingga jika pada kesehariannya diselingi oleh tempat yang baru, pengalaman dan wajah yang baru, maka otak akan mereset secara otomatis dan semua tekanan serta rasa penat karena rutinitas bisa hilang. Traveling juga akan membuat tubuh kamu lebih aktif yang secara umum akan meningkatkan kesehatan dan juga membuat pikiran menjadi lebih segar. Hal ini tentu saja akan semakin meningkatkan produktivitas kamu.

6. Mood yang meningkat

Akhir-akhir ini kamu merasa semua hal yang terjadi terasa menjengkelkan dan membuatmu jadi manusia paling uring-uringan di lingkungan sosial kamu? Mungkin yang kamu butuhkan adalah mengambil waktu sejenak untuk liburan. Manfaat traveling dalam hal ini adalah membuat kenangan dan juga pengalaman yang baik yang bisa menambah aspek kebahagiaan dalam hidupmu. Hasil sebuah survey menyebutkan bahwa orang yang merencanakan liburan setidaknya setahun sekali memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Ini karena saat liburan, tubuh melepaskan semua hormone stress dan menggantinya dengan hormone kebahagiaan.

7. Membuat wawasan jadi lebih luas

Jika buku adalah jendela dunia makan traveling adalah pintunya. Traveling memberikanmu pengalaman langsung ketimbang hanya membayangkannya lewat kata-kata. Traveling bisa langsung menunjukkan padamu sejarah mengenai suatu objek wisata atau peristiwa. Traveling bisa membuatmu langsung merasakan bagaimana nikmatnya masakan khas suatu daerah. Manfaat traveling akan membuatmu melihat dunia dari perspektif yang berbeda, menghargai banyaknya perbedaan yang ada pada masyarakat tidak hanya Indonesia tapi juga dunia. Kamu akan punya sudut pandang pikiran yang lebih luas dan tidak menjadi pribadi dengan mudah memberikan judgement pada orang lain tanpa tahu situasinya. Generasi dengan wawasan yang luas adalah apa yang dibutuhkan dunia ini saat ini. Itulah dia beberapa hal mengenai manfaat traveling.

You may also like

Leave a Comment