IntermezzoLifestyleTips

7 Kegiatan yang Mengembalikan Semangat Kerja Anda

posted by MiFTiD 19 Mei 2016
7 Kegiatan yang Mengembalikan Semangat Kerja Anda

Apakah Anda termasuk orang yang sedang jenuh dengan pekerjaan? Melakukan kegiatan yang sama sepanjang hari memang membuat Anda merasa jenuh. Namun, jika tidak dilakukan, sama saja dengan melalaikan kewajiban. Kejenuhan yang melanda Anda harus sedapat mungkin disingkirkan. Kalahkan jenuh pekerjaan dengan melakukan kegiatan yang dapat mengembalikan semangat kerja Anda berikut ini.

1. Pulang Kerja, Lakukan Kegiatan Selain tentang Pekerjaan

Pekerjaan yang Anda lakukan sudah memiliki porsi tersendiri. Jika Anda sudah melakukan kewajiban selama delapan jam atau sesuai porsi pekerjaan, maka kewajiban Anda di hari itu sudah selesai. Ketika tiba waktunya pulang, maka Anda sebaiknya tidak tetap tinggal di kantor. Pulang kerja, Anda harus fokus melakukan kegiatan lain selain tentang pekerjaan. Jika Anda memang ingin mampir ke suatu tempat, usahakan bukan mengurus pekerjaan dan setelah itu, pulang ke rumah. Di rumah, ada baiknya Anda tidak kembali terfokus pada pekerjaan. Ketika sudah di rumah, fokuslah pada kegiatan santai di rumah. Seperti menonton acara di televisi, makan malam, muppun melakukan kegiatan santai lainnya.

2. Lakukan Hobi di Akhir Pekan

Usahakan jika jadwal kerja Anda adalah lima hari kerja, jadikan dua hari libur yang ada benar-benar sebagai hari libur. Di dua hari libur Anda, lakukan kegiatan yang paling disukai. Lakukanlah hobi yang pasti membuat Anda senang di akhir pekan. Hobi dapat melupakan sejenak kejenuhan Anda dari pekerjaan yang selalu datang menumpuk setiap hari. Apapun hobi Anda, lakukan di luar hari kerja. Sebagai contoh, jika Anda memiliki hobi melukis, maka lakukanlah kegiatan melukis. Lebih baik carilah lokasi yang memiliki pemandangan indah. Sehingga selain dapat mengusir kejenuhan, juga dapat dengan mudah memperoleh inspirasi dalam melukis.

3. Mencari Proyek di Sela-sela Pekerjaan

Salah satu hal yang membuat Anda merasa jenuh dengan pekerjaan adalah karena faktor pendapatan. Merasa gaji yang Anda terima masih kurang, terkadang membuat rasa jenuh selalu datang di kala harus bekerja. Jika demikian, yang harus Anda lakukan adalah mencari kegiatan lain. Namun, bukan meninggalkan pekerjaan yang sekarang. Melainkan mencari kegiatan seperti proyek yang dapat memberikan gaji kedua untuk tambahan pendapatan setiap bulannya. Sebaiknya Anda dapat mencari proyek yang sesuai passion agar tidak kembali merasakan kejenuhan.

4. Tampil Berbeda di Tempat Kerja

Anda dapat kalahkan jenuh pekerjaan dengan tampil berbeda di tempat kerja. Kejenuhan yang selama ini melanda saat bekerja tidak hanya karena melakukan kegiatan yang sama. Namun, juga karena penampilan Anda di tempat kerja yang terkesan monoton. Sehingga taampil lebih fresh, stylish, berwarna dapat mengubah kejenuhan Anda menjadi semangat. Cobalah melakukannya di esok hari ketika Anda bekerja. Dan lihat perubahan suasana di tempat Anda bekerja dengan perbedaan tampilan Anda di tempat kerja.

5. Mendengarkan Musik sambil Bekerja

Tidak semua orang lebih konsentrasi mendengarkan musik sambil bekerja. Namun, jika Anda dapat lebih semangat dan konsentrasi dengan mendengarkan musik, maka bukanlah masalah. Asalkan Anda tidak mengganggu rekan kerja yang lain. Sehingga lebih baik dengarkan musik melalui headset ketika Anda ingin melepas jenuh dalam bekerja. Dan usahakan untuk tidak membuat gaduh ketika mendengarkan musik sambil bekerja di kantor Anda.

6. Jika Perlu, Cutilah untuk Liburan

Setiap orang memiliki hak untuk merasakan senang melalui kegiatan berlibur. Jika Anda merasa jenuh dan belum juga menemukan kegiatan yang dapat mengatasi rasa jenuh tersebut, maka berliburlah. Anda tidak perlu bingung mengambil waktu libur. Jika memang pekerjaan menumpuk, Anda dapat mengambil akhir pekan untuk liburan singkat. Namun, jika Anda memiliki pekerjaan yang longgar, maka lebih baik ambil cuti. Jangan tanggung-tanggung sehari atau dua hari. Ambil saja cuti selama seminggu atau dua minggu untuk liburan. Pilihlah tempat liburan yang selama ini sangat ingin Anda kunjungi.

7. Bekerja Sama dengan Teman untuk Membuka Usaha

Memiliki dua profesi yang berbeda menjadi salah satu kegiatan menghilangkan rasa jenuh. Yaitu, dengan membuka usaha. Anda dapat mengajak teman untuk bekerja sama membuka usaha. Pastikan usaha yang Anda pilih sudah dikuasai. Ada baiknya jika Anda membuka usaha sesuai dengan hobi.

Rasa jenuh dalam bekerja adalah hal yang wajar. Namun, rasa jenuh jangan sampai membuat Anda harus kalah dengan kejenuhan yang melanda dalam pekerjaan. Jangan kemudian Anda terus bekerja tanpa merasakan kesenangan dan semangat kembali dalam bekerja. Bedakanlah waktu antara bekerja dengan waktu untuk bersantai. Sehingga Anda pasti berhasil untuk kalahkan jenuh pekerjaan. Semoga tujuh kegiatan di atas mampu membuat hari-hari Anda dalam bekerja menjadi lebih semangat lagi. Tetaplah semangat dalam bekerja karena dan jadikanlah kejenuhan sebagai bumbu pahit yang dapat dimaniskan kembali. Bagaimana caranya? Yaitu, dengan kegiatan menyenangkan dan bermanfaat seperti yang sudah disebutkan di atas.

You may also like

Leave a Comment