How-ToTeknologiTips

7 Cara Agar Baterai Smartphone Awet Dan Tahan Lama

posted by MiFTiD 17 Mei 2016
7 Cara Agar Baterai Smartphone Awet Dan Tahan Lama

Cara agar baterai smartphone awet rasanya sekarang ini paling banyak dicari triknya. Meski sudah ada powerbank yang bisa menjadi penyelamat tapi rasanya tetap menyebalkan kalau smartphone kamu baterainya cepat habis padahal lagi banyak dibutuhkan. Tahukah kamu kalau baterai smartphone itu paling tidak harus diganti setiap 2 tahun karena performanya sudah tidak optimal lagi? Salah satu tanda baterai kamu mesti diganti adalah waktu pakainya yang semakin berkurang, dan juga terjadi perubahan fisik misalnya mengeluarkan cairan dan terlihat menggembung. Baterai rusak yang masih dipertahankan bisa berbahaya lho. Nah, selain mengganti baterai secara berkala ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai. Berikut adalah cara agar baterai smartphone awet.

1. Matikan notif yang tidak perlu

Kamu punya banyak aplikasi sosial media atau game yang rutin memberi notifikasi via status bar? Sebaiknya pilih-pilih kembali notifikasi apa yang benar-benar penting karena untuk menampilkan notifikasi tersebut lumayan banyak lho daya baterai yang terpakai. Misalnya untuk aplikasi chatting, matikan saja notifikasi grup yang selalu nongol tapi tidak terlalu urgent untuk kamu. Kamu jadi bisa hemat baterai sekaligus terselamatkan dari berisiknya obrolan grup yang kadang tidak ada poinnya.

2. Kurangi widget

Cara agar baterai smartphone awet selanjutnya adalah dengan membatasi pemakaian widget di layar. Widget aplikasi memang memudahkan kita untuk melihat informasi-informasi misalnya cuaca atau RAM yang terpakai dan juga sebagai shortcut beberapa aplikasi. Namun sama halnya dengan desktop PC yang semakin banyak makan resources jika semakin penuh dengan shortcut, banyak widget juga akan membuat baterai semakin banyak terpakai.

3. Matikan jaringan saat di perjalanan

Ketika dalam perjalanan terutama perjalanan jauh sebaiknya matikan koneksi jaringan baik mobile data maupun WiFi. Pencarian sinyal untuk jaringan adalah salah satu hal yang paling banyak menghabiskan daya pakai baterai. Ketika dalam perjalanan, kamu akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya di mana smartphone akan terus mencari sinyal dari BTS terdekat dan ini membutuhkan daya yang cukup banyak. Belum lagi ketika kamu berada di daerah yang susah sinyal maka sebaiknya matikan saja sekalian jaringannya.

4. Matikan koneksi yang tidak terpakai

Smartphone adalah device yang sangat praktis dan punya banyak fitur yang berguna sekali untuk kehidupan sehari-hari. Termasuk di antaranya adalah GPS untuk menunjukkan jalan, Bluetooth untuk sinkronisasi dan juga transfer data, serta WiFi untuk menyambungkan smartphone dengan koneksi wireless. Tapi jika semuanya dinyalakan dalam waktu yang bersamaan maka baterai kamu yang akan menangis. Cara agar baterai smartphone awet adalah dengan mematikan konektivitas seperti GPS, Bluetooth, WiFi dan lainnya jika memang sudah tidak dipakai. Biasanya setelah dipakai, koneksi tersebut sering lupa dimatikan padahal jika sudah di luar jangkauan area smartphone akan terus mencari sinyal agar ketika fitur tersebut bisa berfungsi yang mana daya baterai yang dipakai cukup banyak.

5. Atur cahaya layar

Smartphone dengan layar HD menyerap daya baterai lebih banyak ketimbang layar biasa. Makanya ubah intensitas cahaya pada layar dari otomatis ke manual. Dengan begitu kamu bisa mengubah sendiri tingkat cahaya menjadi minimal saat berada di dalam ruangan dan dinaikkan sedikit ketika berada di luar ruangan. Cara agar baterai smartphone awet juga dengan mengatur waktu sleep atau lampu layar yang mati secara otomatis menjadi hitungan detik saja. Jadi ketika smartphone sedang tidak dipakai, ia tidak akan menyala dalam waktu yang lama dan membuang daya baterai.

6. Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Cara agar baterai smartphone awet selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang sudah lama tidak dipakai. Ini karena biasanya meski aplikasi tidak dibuka, ia akan tetap bekerja secara background, aplikasi yang paling banyak makan resources biasanya adalah aplikasi game dan juga media sosial. Cara untuk mematikan aplikasi agar tidak terus bekerja adalah dengan masuk ke menu Setting, kemudian pilih Apps, dan pilih mana aplikasi yang sudah tidak dipakai lalu pilih Close. Kamu juga bisa “menghapus” aplikasi bawaan yang tidak pernah kamu pakai dengan klik Disable pada menu aplikasi tersebut.

7. Kalau sudah panas, taruh

Smartphone kamu sering terasa panas? Ini karena penggunaan smartphone yang terus menerus dan daya tahan baterai mulai menurun. Kalau kamu sudah merasakan smartphone terasa panas sebaiknya letakkan smartphone dan kunci layarnya. Meletakkan smartphone jangan di dekat barang elektronik yang lain, jangan ditaruh pada suhu yang terlalu panas ataupun suhu terlalu dingin. Tetap menggunakan smartphone ketika gadget sudah panas beresiko untuk merusak baterai dan juga hardware yang lainnya. Jaga baterai smartphone kamu agar masa pakainya bisa lebih lama. Sekian untuk tips cara agar baterai smartphone awet.

You may also like

Leave a Comment