How-ToKesehatanLifestyle

6 Cara Merawat Rambut Dicat Agar Lebih Sehat Dan Berkilau

posted by MiFTiD 30 Mei 2016
6 Cara Merawat Rambut Dicat Agar Lebih Sehat Dan Berkilau

Cara merawat rambut dicat penting untuk kamu ketahui apalagi jika kamu termasuk dengan orang yang hobi mewarnai rambut dan gonta ganti model rambut. Rasanya seru memang mengubah penampilan secara rutin untuk mencari suasana baru, tapi rambut yang terus-terusan terkena bahan kimia jika tidak diimbangi dengan perawatan yang baik bisa rusak. Rambut yang rusak ditandai dengan tekstur yang tidak halus, mudah rontok dan juga mudah patah. Kamu tentu ingin terlihat keren dengan warna dan gaya rambut pilihan kamu tapi juga kesehatan rambut yang masih terjaga. Jadi bagaimana sih caranya agar rambut yang jadi mahkota kamu ini tetap sehat? Yuk lakukan tips cara merawat rambut dicat berikut ini.

1. Gunakan shampoo khusus

Cara merawat rambut dicat yang pertama adalah dengan keramas menggunakan shampoo yang khusus diformulasikan untuk rambut yang diwarnai. Kandungan pada shampoo yang khusus ini bisa menjaga pigmen pada rambut sehingga warna rambut yang dicat tidak akan mudah pudar dan memberikan nutrisi pada rambut agar tetap kuat dan halus. Tidak disarankan untuk menggunakan shampoo anti ketombe karena kandungan bahan kimia pada jenis shampoo ini lumayan keras. Rambut kamu bisa semakin kering dan rapuh. Gunakan saja masker rambut berbahan alami jika kamu mengalami ketombean.

2. Rutin gunakan kondisioner

Ritual menggunakan kondisioner wajib hukumnya untuk rambut yang dicat. Kondisioner yang digunakan setelah keramas fungsinya adalah menjaga kelembaban rambut dan memberikannya nutrisi di mana shampoo fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran dari rambut dan kulit kepala. Gunakan kondisioner setelah keramas di bagian batang rambutnya saja, tidak perlu sampai diusap di kulit kepala karena bisa menyebabkan timbulnya jamur. Pilihlah kondisioner yang sesuai dengan jenis dan merk shampoo yang kamu gunakan agar hasilnya bisa lebih maksimal.

3. Masker rambut seminggu sekali

Cara merawat rambut dicat selanjutya adalah dengan melakukan perawatan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Masker rambut ini berguna untuk memberikan nutrisi yang lebih lengkap dan lebih banyak dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dan bermanfaat untuk kesehatan rambut. Melakukan perawatan masker rambut bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan resep-resep masker yang mudah ditemukan di internet.

Selain dengan menggunakan masker, kamu juga bisa memberikan nutrisi berupa vitamin atau serum rambut setelah keramas. Serum ini fungsinya adalah memberikan nutrisi juga yang bisa dilakukan lebih sering pada saat rambut setengah kering. Jangan lupa juga peran penting makanan yang mengandung gizi tinggi juga bisa menutrisi rambutmu langsung dari dalam sehingga rambut bisa tumbuh lebih kuat dan terlindungi dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

4. Kurangi penggunaan alat

Catokan, pengriting rambut, atau hair dryer mungkin sudah jadi pendampin hidupmu yang paling setia dan membuat rambutmua terlihat makin bergaya. Tapi faktanya panas yang dihasilkan oleh alat-alat penata rambut menyebabkan rambut kehilangan sebagian besar protein dan juga mengurangi pigmen pada rambut, apalagi pada rambut yang diwarnai dengan menggunakan bahan kimia. Penggunaan alat penata rambut sebaiknya jangan setiap hari, cukup digunakan ketika ada acara penting saja. Cara merawat rambu dicat ketika selesai keramas juga sebaiknya dibiarkan mengering secara alami tanpa menggunakan hair dryer. Gunakan hair dryer saat kamu sedang terburu-buru saja.

5. Lindungi rambut dari matahari

Sinar UV dari matahari adalah salah satu sumber radikal bebas yang paling bahaya. Gelombangnya bisa masuk ke permukaan kulit kepala dan merusak jaringan sehat yang ada di dalamnya dan mengganggu kesehatan rambut. Rambut yang terlalu sering terpapar sinar matahari langsung bisa mengalami kekeringan, kerusakan warna, dan juga membuat rambut menjadi kusam dan mudah rontok serta patah. Gunakan pelindung kepala apabila kamu beraktivitas outdoor seperti menggunakan topi atau payung. Kamu juga bisa mengaplikasikan vitamin rambut tanpa bilas sebelum keluar ruangan. Untuk cara merawat rambut dicat poin ini kamu yang mengenakan hijab sehari-hari sudah mendapatkan perlindungan dari hijabnya.

6. Hindari keramas dengan air dingin

Capek beraktivitas seharian mungkin membuatmu mendambakan relaksasi yang sederhana dengan mandi air panas ketika sampai di rumah. Mandi air panas memang bisa membuat otot-otot di tubuh lebih rileks dan menghilangkan sedikit stress. Tapi ketika keramas sebaiknya jangan gunakan air yang panas melainkan air dingin saja. Karena air panas bisa membuat warna cat menjadi pudar, mengurangi kelembaban rambut, dan juga membuka kutikala pada permukaan kulit kepala. Dengan kutikula yang terbuka maka akan semakin mudah kotoran untuk masuk dan membuat rambutmu rusak. Jangan siksa rambutmu dengan keramas menggunakan air dingin untuk cara merawat rambut dicat. Dengan menerapkan cara-cara di atas pasti rambut berwarna kamu akan lebih sehat dan juga warnanya tahan lama. Sekian untuk tips cara merawat rambut dicat.

You may also like

Leave a Comment