KesehatanLifestyleTips

6 Alasan Lebih Baik Membuat Gorengan Sendiri di Rumah

posted by MiFTiD 14 Mei 2016

Kritis terhadap makanan maupun minuman yang Anda konsumsi tidak ada salahnya. Tepis anggapan orang yang menyebut Anda sebagai orang “bawel” terhadap makanan. Semua demi memberi asupan yang bergizi untuk tubuh Anda. Sama seperti ketika Anda tidak dapat lepas dari kebiasaan mengkonsumsi camilan. Ketika Anda senang mengkonsumsi camilan seperti gorengan, ada baiknya membuat gorengan sendiri di rumah. Menggoreng camilan sendiri di rumah tentu lebih aman dan menyehatkan. Apalagi dengan membuat aneka gorengan sendiri, maka gorengan Anda dapat layak disebut sebagai gorengan sehat untuk camilan. Ada enam alasan terkait kesehatan mengapa Anda dituntut lebih baik membuat gorengan sendiri ketimbang membeli di luar.

Gorengan Bebas dari Bumbu Penyedap dengan Kadar Berlebihan

Alasan pertama adalah karena dengan membuat gorengan sendiri di rumah, maka Anda dapat mengatur bumbu apa saja yang sebaiknya digunakan. Anda yang memegang prinsip bahwa menggunakan bumbu penyedap pada setiap masakan itu tidaklah baik, maka dapat menghindarinya ketika membuat gorengan sendiri di rumah. Atau, jika Anda termasuk orang yang tetap menambahkan bumbu penyedap setiap kali memasak, tentu tahu batas kadar yang wajar untuk ditambahkan. Sehingga dalam alasan pertama ini, penggunaan bumbu penyedap dapat dikontrol dan tidak berlebihan. Seperti yang diketahui, menambahkan bumbu penyedap terlalu banyak pada gorengan jelas tidak sehat.

Gorengan Bebas dari Ancaman Senyawa Radikal Bebas

Alasan kedua adalah karena dengan membuat gorengan sendiri di rumah, maka Anda termasuk orang yang sayang dengan kesehatan. Membuat gorengan sendiri di rumah, Anda dapat mengontrol penggunaan minyak goreng. Lebih jelasnya, Anda pasti selalu menggunakan minyak goreng yang masih layak pakai. Minimal sudah digunakan untuk tiga kali penggorengan, selama masih bening, maka tidak masalah. Anda dapat mengontrol warna dari minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng. Ketika minyak goreng sudah berubah warna menuju kecoklatan namun gorengan yang belum matang masih banyak, tentu Anda dapat mengganti minyak goreng tersebut dengan yang baru dan masih bening.

Gorengan diolah di Tempat yang Higienis

Alasan ketiga adalah karena dengan membuat gorengan sendiri di rumah, maka Anda peduli bahwa makanan maupun minuman yang dikonsumsi juga harus higienis. Sehingga sebelum mulai membuat gorengan ataupun memulai untuk memasak, Anda harus memastikan dapur dalam keadaan bersih. Sehingga tidak ada ancaman kontaminan seperti bakteri yang bebas mencemari hasil masakan Anda nanti. Salah satunya adalah pada saringan yang digunakan untuk tempat gorengan setelah matang. Saringan tersebut berguna untuk memisahkan minyak goreng yang terkandung pada gorengan matang. Sudah jelas dengan membuat gorengan sendiri di rumah, Anda pasti selalu menggunakan saringan yang bersih. Sebelum menggunakan saringan tersebut, jika saringan kotor, pastilah akan Anda cuci bersih terlebih dahulu agar tidak ada kontaminasi dari bakteri.

Gorengan Tidak Perlu Terkontaminasi dengan Senyawa pada Kantong Kresek

Alasan keempat adalah karena dengan membuat gorengan sendiri di rumah, setelah gorengan matang dan minyak goreng sudah tersaring dengan kering pada saringan, Anda dapat langsung meletakkannya pada piring porselin. Sehingga gorengan yang masih dalam kondisi panas tetap aman. Anda tidak perlu memasukkan gorengan yang masih dalam kondisi panas ke kantong kresek. Perlu diketahui senyawa pada kantong kresek dapat menyatu dengan gorengan yang masih panas. Kondisi tersebut jelas tidak baik bagi kesehatan. Sehingga selalu kritislah dengan membuat gorengan sehat untuk camilan sendiri di rumah.

Gorengan Tetap Renyah dengan Cara yang Benar

Alasan kelima adalah karena dengan membuat gorengan sendiri di rumah, Anda dapat langsung menikmati selagi hangat. Mengkonsumsi gorengan memang lebih nikmat ketika hangat. Apalagi gorengan tersebut masih renyah dan krispy. Anda tidak perlu khawatir dengan gorengan yang Anda buat karena selama kerenyahan yang diciptakan itu dilakukan secara benar, maka tidak masalah. Hindari membuat gorengan yang digoreng bersama dengan plastik karena sangat tidak dibenarkan. Meskipun dapat menjaga kerenyahan gorengan, camilan tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi.

Gorengan Lebih Banyak dan Murah Meriah

Alasan keenam adalah karena dengan membuat gorengan sendiri di rumah, Anda dapat membuat sesuai porsi anggota keluarga. Selain itu, dari segi harga juga terhitung murah meriah. Tentu saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gorengan dapat dibeli dengan harga terjangkau. Bahkan Anda juga dapat menentukan sendiri gorengan apa yang ingin dibuat. Apakah hanya tempe goreng karena Anda hobi sekali mengkonsumsi gorengan tersebut. Atau, membuat banyak pilihan seperti menggoreng tempe, tahu, dan pisang.

Enaknya membuat gorengan juga perlu Anda tentukan waktunya. Jangan membuat gorengan ketika cuaca sedang panas. Lebih baik membuat gorengan saat sedang turun hujan. Apalagi saat itu Anda berkumpul bersama keluarga. Gunakan moment tersebut untuk berkumpul sambil menikmati gorengan sehat untuk camilan yang Anda buat sendiri tanpa perlu khawatir akan ada bahaya kesehatan bagi tubuh.

You may also like

Leave a Comment