How-ToLifestyleSocialTips

5 Tips Aman untuk Anda yang Hendak Berbelanja Online

posted by MiFTiD 15 Mei 2016
5 Tips Aman untuk Anda yang Hendak Berbelanja Online

Kehadiran toko online menjadikan siapapun merasa lebih tertolong ketika memerlukan sesuatu untuk dibeli. Anda tidak perlu capek-capek menuju toko online tersebut berada. Karena hanya dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet, belanja online sudah dapat Anda lakukan. Sebagai konsumen online Anda harus teliti dalam melakukan transaksi belanja online. Pastikan Anda mengetahui dan menyimak kelima tips dari belanja online aman tanpa kendala berikut ini.

1. Toko Online Menawarkan “Secure Socket Layer”

Secure Socket Layer atau SSL adalah jaminan keamanan bagi konsumen yang ditawarkan toko online. Toko online yang menawarkan SSL menunjukkan toko tersebut dapat dipercaya dan aman. Bagi orang awam, dapat mengenali sebuah toko online dengan SSL pada logo “gembok” di alamat situs website toko online tersebut. Namun, Anda juga tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak toko online yang langsung menunjukkan sertifikat online seperti Go Daddy, Verisign, DigiCert, We offer Secure Sockets Layer, atau Secure Transaction. Jika Anda sudah dapat memastikan adanya ciri dari toko online menawarkan SSL tersebut, mulai saja berbelanja online di toko online tersebut. Jika tidak, lebih baik cari toko online dengan menawarkan SSL demi keamanan dalam berbelanja online.

2. Toko Online Memberikan Tawaran Harga yang Wajar

Begitu banyaknya kehadiran toko online bukan kemudian menjadikan sebuah toko online begitu berani memberikan harga murah. Toko online boleh-boleh saja melakukan banting harga. Namun, konsumen harus dapat membedakan manakah harga yang ditawarkan secara wajar dengan yang tidak wajar. Meskipun toko online dibebaskan dalam memberikan potongan harga, tetap saja harus memberikan harga yang wajar. Untuk itu, Anda harus mau melakukan survei harga terhadap produk yang hendak dibeli. Cari tahu berapa kisaran harga yang ditawarkan oleh pasar online untuk produk tersebut. Ambil harga tengah-tengah untuk amannya, barulah Anda cek kembali di toko online yang dipilih apakah tawaran harga tersebut wajar. Jika tidak, lebih baik putuskan untuk beralih ke toko online lain. Demi memperoleh produk dengan kualitas terbaik. Sebab tawaran harga yang wajar menunjukkan kualitas produk tersebut.

3. Toko Online Memiliki Kredibilitas Terpercaya

Percayalah hanya pada toko online yang sudah ditawarkan atau tayang melalui iklan. Baik itu melalui televisi, radio, media cetak, maupun iklan online sendiri. Toko online yang demikian memiliki kredibilitas yang terpercaya untuk Anda belanja online aman tanpa kendala. Namun, sekali lagi Anda perlu memastikan dengan cara membaca kebijakan toko online tersebut. Kebijakan dalam toko online akan menjelaskan hal-hal terkait jual dan beli. Seperti ketika produk yang diterima mengalami kerusakan atau cacat, seperti apakah penanganan dari toko online tersebut akan dijelaskan terlebih dahulu. Sehingga sebelum membeli, Anda dapat menimbang-nimbang dan lebih berhati-hati dalam memilih toko online. Selain itu, pastikan pula toko online yang Anda pilih mau memberikan garansi terhadap produk yang konsumen beli. Demi rasa aman konsumen dalam melakukan pembelian di situs toko online tersebut.

4. Toko Online Memiliki Rekening Perusahaan

Sebenarnya toko online yang masih memiliki rekening pribadi juga dapat dikatakan aman. Seperti toko online yang hadir dengan alamat website dari blog pribadi. Ada banyak toko online dari situs blog pribadi yang juga dapat Anda percaya. Namun, butuh ketelitian Anda dalam mencari tahu kebenaran dari toko online tersebut. Daripada Anda pusing, lebih baik langsung berbelanja di toko online yang sudah memiliki rekening atas nama perusahaan. Sebagai contoh, Anda berbelanja online di toko online bernama Kemeja Pria Masa Kini, maka pastikan rekening perusahaan tempat Anda transfer uang nanti juga atas nama PT atau CV Kemeja Pria Masa Kini. Umumnya, toko online yang dapat dipercaya dan aman untuk tempat berbelanja adalah memiliki nama rekening perusahaan yang sama dengan toko online tersebut.

5. Toko Online Menyajikan Review Penjual Online

Dalam sebuah toko online belum tentu dipegang oleh satu penjual. Jika Anda membeli produk dari toko online yang memiliki banyak penjual, ingat ini. Tipsnya adalah Anda harus dapat memastikan penjual tersebut dapat dipercaya. Caranya dengan menyimak review yang dapat Anda baca. Apakah penjual online tersebut termasuk penjual yang ramah dan memberikan respon cepat? Apakah penjual online tersebut benar-benar memiliki produk yang dijual? Semua harus Anda cek kembali dalam review penjual di toko online yang dipilih.

Selalu cek kembali apakah produk yang hendak dibeli sudah benar dan sesuai pesanan Anda, sebelum melanjutkan ke proses transaksi pembayaran. Setelah itu, Anda pastikan tidak salah dalam memasukkan nomor rekening transferan. Simpanlah bukti pembayaran yang sudah Anda bayarkan. Guna sewaktu-waktu jika penjual online merasa Anda belum membayar, Anda dapat menunjukkan bukti transferan tersebut. Itulah kelima tips belanja online aman tanpa kendala.

You may also like

Leave a Comment