How-ToKesehatanTips

4 Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Menjadi Kesat Dalam Sekejap

posted by MiFTiD 10 Mei 2016

Memiliki kulit wajah berminyak tidak selamanya sangat mengganggu. Produksi minyak pada kulit wajah telah terbukti membuat kulit menjadi awet muda dibandingkan mereka yang memiliki kulit kering. Namun jika produksi minyak ini sangat berlebihan tentu sangat menggangu dan membuat penampilan tampak kusam. Ada banyak cara mengatasi kulit berminyak. Berikut ini beberapa tips mengatasi kulit wajah berminyak dan membuatnya kesat tampak segar:

Rutin membersihkan wajah dengan air dingin

Wajah adalah bagian yang paling sering mengalami kontak langsung dengan sinar ultraviolet. Tidak hanya sinar ultraviolet, wajah juga seringkali terpapar langsung polusi dan radikal bebas. Jika semua hal berbahaya ini bercampur dengan produksi minyak yang berlebih, berbagai masalah dan gangguan akan terjadi pada kulit wajah. Karena itu rutin membersihkan wajah adalah keharusan. Tidak hanya bagi pemilik kulit berminyak tapi semua jenis kulit.

Terutama untuk pemilik kulit wajah berminyak, membersihkan wajah secara rutin adalah keharusan. Tujuan membersihkan kulit wajah adalah untuk memastikan polusi, radikal bebas dan berbagai kotoran lainnya tidak menempel di wajah. Selain itu saat Anda rutin membersihkan wajah, produksi minyak pada kelenjar sebasea dapat berkurang. Sehingga risiko kulit wajah terlihat kusam karena minyak dapat diminimalisir.

Selama membersihkan wajah, hindari menggunakan air hangat. Salah satu penyebab produksi minyak yang berlebih adalah pori-pori wajah yang terbuka lebar. Penggunaan air hangat justru merangsang pori-pori semakin lebar sehingga produksi minyak semakin banyak. Gunakan air dingin selama membersihkan wajah. Ari dingin ini selain menyegarkan wajah juga membantu untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka lebar. Sehingga minyak tidak dikeluarkan terlalu banyak.

Mengkonsumsi makanan sehat untuk kulit

Kulit wajah berminyak lebih berisiko untuk timbul banyak masalah seperti jerawat hingga komedo. Masalah ini akan bertambah parah jika Anda mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan berlemak dan mengandung minyak. Makanan berlemak dan berminyak akan menyebabkan lemak dalam tubuh semakin menumpuk. Produksi minyak pada kulit wajah yang bercampur dengan kotoran dan lemak akan menimbulkan jerawat dan masalah lainnya pada kulit wajah.

Hilangkan kebiasaan buruk Anda dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat. Terutama makanan yang memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan kulit wajah. Sayuran berwarna hijau sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Brokoli dan juga bayam yang dibuat jus sangat baik untuk menjaga kesehatan termasuk kesehatan kulit wajah. Selain sayuran, beberapa jenis buah tertentu juga sangat baik untuk kulit wajah.

Apel terkenal sebagai buah yang mengandung banyak mineral terbaik untuk kulit wajah. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa apel memiliki kandungan kolagen yang sangat tinggi. Sehingga apel sangat berkhasiat untuk menunda penuaan dini. Selain apel, jenis buah-buahan seperti jeruk dan anggur juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jika Anda rutin mengkonsumsi sayur dan buah, mengatasi kulit wajah berminyak adalah masalah sepele.

Merawat kulit wajah dengan bahan alami

Selain membersihkan wajah, rutin merawat wajah merupakan keharusan bagi pemilik kulit berminyak. Merawat wajah ini dimaksudkan untuk merelaksasi kondisi wajah sehingga tidak terus-terusan mengalami tekanan. Selain itu merawat kulit wajah dilakukan dalam rangka mengendalikan produksi minyak sehingga tidak terlampau banyak dikeluarkan. Tidak perlu ke salon mahal, cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah, Anda bisa rutin merawat wajah.

Salah satu bahan yang berkhasiat merawat kulit berminyak adalah Aloevera atau lidah buaya. Tanaman yang memiliki duri ini, jika digunakan secara rutin untuk masker wajah dapat mengendalikan minyak berlebih pada wajah. Tidak hanya mengurangi produksi minyak, lidah buaya juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain produksi minyak dapat dikurangi, kulit wajah akan terasa lebih halus dan cerah.

Tidak hanya lidah buaya, Anda juga dapat mengatasi kulit wajah berminyak dengan masker susu atau menggunakan sabun susu. Selain susu sapi, alternatif susu kambing juga terbukti sangat berkhasiat untuk kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Pada penggunaan sabun susu kambing, wajah mulai menunjukkan reaksi menjadi lebih putih, halus dan bebas minyak. Terbukti penggunaan susu secara rutin dapat mengatasi kulit wajah berminyak.

Konsultasi ke dokter

Pada beberapa kasus kulit wajah berminyak tidak hanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih yang dilakukan kelenjar sebasea. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit wajah berminyak. Salah satunya adalah jenis pori-pori wajah. Beberapa orang memiliki pori-pori wajah dengan ukuran lebih besar dibandingkan orang kebanyakan. Pori-pori yang terbuka semakin lebar akan menyebabkan minyak yang keluar juga semakin banyak.

Pori-pori kulit yang terbuka lebar normalnya terjadi jika kulit menerima rangsangan seperti kontak langsung dengan uap dari air hangat. Namun pada orang-orang dengan pori-pori besar, bahkan tanpa rangsangan ukuran pori-pori kulit memang terbuka lebar. Kondisi ini hanya bisa dijelaskan oleh dokter atau dermatologis. Jika Anda memiliki ukuran pori-pori kulit yang lebih besar, sebaiknya periksakan langsung ke dokter atau dermatologis.

Biasanya dokter atau dermatologis Anda akan memberikan informasi lengkap mengenai pori-pori kulit wajah yang berukuran besar. Baik mengenai penyebabnya hingga cara mengatasinya. Tentunya dermatologis memiliki cara paling tepat untuk mengatasi pori-pori yang terbuka lebar pada kulit wajah. Biasanya perawatan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda harus disiplin menjalani perawatan mengatasi kulit wajah berminyak, sehingga kondisi kulit wajah Anda kembali normal.

You may also like

Leave a Comment