How-ToKesehatan

4 Cara Menghilangkan Komedo Tidak Datang Kembali

posted by MiFTiD 10 Mei 2016
4 Cara Menghilangkan Komedo Tidak Datang Kembali

Munculnya komedo adalah gejala yang tidak dapat dihindari sejak masa pubertas. Semasa pubertas produksi minyak pada kelenjar sebasea bertambah banyak. Komedo datang karena adanya sumbatan yang terjadi pada folikel rambut kulit. Sumbatan ini biasanya berupa kulit mati yang berpadu dengan minyak dalam jumlah banyak yang dihasilkan kelenjar sebasea. Jika dibiarkan komeda dapat merusak penampilan hingga menyebabkan radang.

Ada banyak cara menghilangkan komedo dengan sangat mudah. Namun dari sekian banyak cara yang ada, komedo selalu membandel dan datang kembali. Sangat penting menunjang usaha menghilangkan komedo dengan menjalani pola hidup sehat. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah akan membantu produksi minyak pada wajah berkurang. Selain itu Anda juga bisa melakukan 3 cara berikut untuk menghilangkan komedo dan tidak datang kembali:

1. Mengangkat komedo dengan ekstraktor

Ekstraktor komedo merupakan salah satu alat kecantikan yang seringkali dipakai di salon kecantikan. Fungsinya adalah untuk mengangkat komedo sampai akarnya hingga tidak mudah datang kembali. Untuk mendapatkan ekstraktor tidak sulit. Anda bisa mendapatkan ekstraktor komedo di toko yang menyediakan peralatan kecantikan lengkap. Penggunaan ekstraktor komedo ini sangat mudah sehingga dapat dilakukan di rumah.

Sebelum menggunakan ekstraktor komedo, pastikan untuk lebih dulu mensterilkannya. Anda dapat merebusnya dengan air panas atau menggunakan alkohol. Jangan menggunakan ekstraktor milik Anda bergantian dengan orang lain untuk memastikan tidak terkontaminasi dengan bakteri atau virus. Untuk membuat komedo mudah diangkat, buka pori-pori wajah dengan mendekatkan wajah pada uap dari air mendidih.

Cara paling mudah menggunakan ekstraktor untuk mengangkat komedo adalah dengan berkaca pada cermin. Gunakan tangan kiri untuk menekan area wajah yang terdapat komedo, sementara tangan kanan memegang ekstraktor. Pelan-pelan keluarkan komedo hingga akarnya dengan ekstraktor. Setiap kali berpindah dari komedo satu ke komedo lainnya, sterilkan esktraktor. Saat komedo sudah terangkat, berikan pelembab untuk mencegah kulit wajah kering dan mengelupas.

2. Mengangkat komedo dengan strip pori

Selain menggunakan ekstraktor komedo, cara menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan strip pori. Produk kecantikan strip pori ini tentu tidak asing lagi bagi kalangan wanita. Strip pori atau biasa dikenal dengan pore pack ini adalah produk kecantikan yang berbentuk strip yang difungsikan untuk mengangkat komedo. Biasanya digunakan pada area hidung sebagai daerah yang paling sering ditumbuhi komedo hitam atau putih.

Dibandingkan dengan esktraktor komedo, menggunakan strip pori ini memang jauh lebih murah. Anda juga bisa mendapatkan strip pori dengan mudah di swalayan terdekat. Cara penggunaannya juga sangat mudah sehingga banyak orang lebih memilih metode strip pori untuk menghilangkan komedonya. Meski begitu menghilangkan komedo dengan strip pori ini berisiko membuat lapisan epidermis kulit pada hidung juga akan terangkat.

Untuk menggunakan strip pori ini cukup mudah. Anda bisa melihat petunjuk pemakaian yang biasanya tertera pada kemasan strip pori. Sebelum mengaplikasikan strip pori pada daerah hidung, pastikan untuk membersihkan wajah terutama daerah hidung. Setelah memastikan wajah bersih dan kering, basahi daerah hidung dengan sedikit air. Tempelkan strip pori dan tunggu beberapa saat. Komedo akan terangkat hingga akar saat Anda melepaskan strip pori yang menempel.

3. Mengangkat komedo dengan bahan alami

Memanfaatkan bahan-bahan alami yang Anda temui di sekitar, jauh lebih efektif menghilangkan komedo dibandingkan cara lainnya. Selain lebih efektif, tidak banyak biaya yang harus dibayar untuk menghilangkan komedo. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo adalah sebagai berikut:

  • Madu yang dicampur dengan kayu manis
    Madu dikenal sebagai antibiotik alami yang mampu mengeluarkan kotoran dalam pori. Sehingga tidak sampai menyumbat pori, bercampur dengan minyak yang menyebabkan komedo. Unuk menghilangkan komedo buat masker madu dan kayu manis terlebih dulu. Campurkan satu setengah sendok madu dengan setengah sendok teh kayu manis. Oleskan masker pada wajah biarkan 3 menit. Setelahnya Anda dapat mencuci muka dengan bersih menggunakan air hangat.
  • Putih telur
    Tidak hanya madu, tapi putih telur juga sangat berkhasiat menjaga kecantikan kulit wajah. Terutama untuk membersihkan pori-pori kulit wajah dari kotoran. Selain itu masker putih telur juga mampu mengencangkan kulit wajah sehingga bebas komedo. Untuk membuat masker putih telur, pisahkan putih telur dan kocok hingga berbentuk krim lembut. Usapkan merata pada wajah terutama pada daerah berkomedo. Diamkan 10 menit sampai kering dan bilas dengan air hangat.
  • Lemon
    Manfaat lemon untuk menghilangkan kulit berminyak dan komedo tidak perlu diragukan lagi. Bahkan lemon sering digunakan untuk keperluan pembuatan kosmetik.Peras lemon dan buat jus kemudian campurkan dengan yogurt. Tambahkan madu dan satu sendok teh garam. Usapkan masker lemon merata ke seluruh wajah. Pada area berkomedo lakukan pijatan memutar dengan durasi 2-3 menit, bilas dengan air hangat.

4. Datang ke dermatologis

Komedo membandel akan lebih sulit dihilangkan meski telah banyak cara diupayakan untuk menghilangkannya. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dermatologis dan mendapatkan solusi paling tepat untuk menghilangkan komedo. Biasanya dermatologis akan melakukan perawatan menghilangkan komedo dengan melihat kondisi kulit. Sehingga komedo yang membandel lebih mudah hilang dan tidak datang lagi.

Komedo muncul karena terdapat faktor pemicunya. Meski sudah banyak melakukan perawatan, namun komedo berpeluang tumbuh kembali. Karena itu proses perawatan wajah harus ditunjang dengan penggunaan produk kecantikan yang antikomedo atau antijerawat. Hanya gunakan produk makeup yang bebas minyak. Usahakan untuk rutin menjaga kebersihan wajah dengan menghindari kontak tangan kotor dengan wajah sehingga komedo tidak mudah kembali lagi.

You may also like

1 Comment

audina 30 Agustus 2016 at 2:20 pm

terima kasih sudah memberi tips agar komedo saya hilang

Reply

Leave a Comment