Mempunyai rumah yang luas tentu menjadi dambaan banyak orang. Sebab, berbagai furniture kesayangan dapat Anda aplikasi secara bebas. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan hal tersebut. Namun begitu, Anda tidak perlu risau hati. Rumah kecil Anda pun bisa tampak luas dan cantik, serta tidak kalah indah dengan rumah besar, jika menerapkan beberapa cara berikut ini. Yuk, simak satu per satu.

10 Cara Menata Rumah Sempit Agar Tampak Luas
Tips menata rumah minimalis

1. Memilih Pintu Geser

Saat dibuka, pintu cukup memakan tempat sehingga bisa memberi kesan sempit pada rumah Anda yang minimalis. Oleh karena itu, akan lebih tepat jika Anda menerapkan pintu geser di rumah Anda. Dalam kondisi tertutup maupun terbuka, pintu tidak akan memakan tempat. Saat ini, banyak jenis pintu geser yang tersedia, mulai dari bahan kayu, tripleks, dan sebagainya.

2. Membuat Atap Lebih Tinggi

Ruangan yang sempit juga bisa diatasi dengan membuat atap yang tinggi. Sebab, atap tinggi dapat memberi kesan luas dan lega pada ruangan tersebut. Untuk bentuknya, Anda bisa memilih bentuk kerucut atau datar seperti pada umumnya. Yang terpenting, atap dibuat lebih tinggi dari biasanya.

3. Mengurangi Adanya Sekat

Pada umumnya, sekat akan memberi kesan sempit pada ruangan. Oleh karena itu, semaksimal mungkin, kurangi adanya sekat di dalam rumah. Sebagai contoh, hilangkan sekat antara ruang makan dengan dapur atau sekat antara lorong dengan ruang keluarga. Anda bisa menyesuaikan pengurangan sekat ini pada rumah Anda.

4. Menerapkan Ruangan Multifungsi

Ini merupakan dampak dari adanya pengurangan sekat. Beberapa ruangan bisa Anda jadikan satu. Atau, buatlah sebuah ruangan yang dapat digunakan untuk beberapa fungsi, misalnya bisa untuk ruang makan sekaligus ruang keluarga. Dengan adanya penyatuan ruang ini membuat rumah Anda tampak lebih lapang. Manfaat lainnya, Anda akan terhindar risiko menabrak furniture yang ada.

5. Mengaplikasikan Cermin Besar

Agar ruangan yang sempit tampak lebih besar, Anda bisa mengaplikasikan cermin besar. Pantulan benda pada cermin membuat ruangan tersebut tampak lebih luas dua kali lipat. Cermin ini bisa Anda aplikasi di beberapa ruangan penting, seperti ruang tamu, kamar tidur, maupun ruang keluarga.

6. Mengaplikasikan Jendela Besar

Sama seperti aplikasi cermin besar, menerapkan jendela besar di ruang tamu juga akan memberi kesan ruangan rumah Anda tampak lebih luas. Halaman rumah yang tampak dari dalam rumah seakan menjadi satu bagian dengan interior rumah sehingga hunian terkesan lebih luas.

7. Mengatur Pencahayaan

Percayalah, sinar lampu yang redup memberi kesan sebuah ruangan menjadi sempit. Maka, tak heran jika banyak orang yang mengaplikasi lampu redup pada saat akan tidur. Nah, agar rumah Anda terkesan lebih luas, aturlah pencahayaan yang cukup di setiap ruangan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan lampu yang cukup terang. Cahaya yang cukup ini juga akan memberikan efek yang indah pada setiap perabot dalam ruangan.

8. Memilih Cat yang Tepat

Selain pencahayaan, warna cat yang dipilih pun dapat memberikan kesan luas atau sempit sebuah ruangan. Sebagai perlindungan dari hujan dan rembesan air, Anda bisa menggunakan cat water proof. Sementara itu, untuk warna Anda bisa memilih warna-warna cerah. Sebab, warna cerah dapat memberi kesan ruangan menjadi lebih luas (seperti cerahnya pencahayaan). Beberapa rekomendasi warna yang bisa Anda aplikasi adalah putih atau krem. Jika Anda ingin menerapkan wallpaper, pilihlah yang mempunyai motif kecil. sebab, motif besar justru membuat ruangan menjadi tampak lebih sempit.

9. Memilih Furniture yang Sesuai

Ruangan sempit tentu saja furniture yang dipasangkan juga harus kecil. Sebagai contoh, pilihlah sofa dengan ukuran kecil jika ruangan tamu Anda memang sempit. Dengan begitu, Anda mempunyai keleluasaan untuk bergerak. Tidak hanya itu, jangan banyak menerapkan furniture dalam satu ruangan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan furniture multifungsi. Misalnya, kamar tidur yang sempit cukup diisi satu buah tempat tidur dengan dua nakas di kanan kiri. Untuk menyimpan pakaian, Anda bisa memanfaatkan  kolong tempat tidur sebagai almari. Dengan begitu, kamar tidur Anda akan tampak lebih luas. Sementara itu, untuk ruang keluarga, pilihlah sofa yang dapat dilipat dan dibentangkan.

10. Memanfaatkan Ruang Kosong

Beberapa ruang kosong dapat Anda maksimalkan untuk meletakkan beberapa barang yang tidak setiap saat digunakan. Sebagai contoh, ruangan di bawah tangga atau atap rumah. Dengan desain khusus, Anda bisa menyulap atap rumah menjadi gudang yang tertata rapi. Tidak hanya itu, dengan konsep seperti lemari, ruangan bawah tangga bisa Anda gunakan untuk meletakkan barang-barang yang jarang digunakan.

Rumah merupakan tempat Anda untuk berkumpul dengan keluarga dan melepas segala kepenatan setelah seharian bekerja. Oleh karena itu, membuat rumah terasa nyaman dan lega sudah menjadi tugas Anda dan pasangan. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman tinggal di dalamnya serta merilekskan diri. So, terapkan semua cara di atas untuk memperoleh manfaat maksimal dari rumah Anda.