How-ToTipsWeb

10 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

posted by MiFTiD 17 Mei 2016
10 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Ada banyak cara membuat artikel SEO yang bisa dilakukan oleh seorang penulis atau blogger. Seperti yang kita ketahui, artikel SEO atau artikel search engine optimization adalah jenis artikel yang menarik, enak dibaca, kata kuncinya tepat, dan yang jelas muncul di halaman pertama atau setidaknya halaman awal pada mesin pencari. Jika Anda adalah seorang pengelola blog atau singkatnya blogger, pastinya artikel SEO akan sangat penting untuk mengoptimalkan trafik dan kunjungan ke blog Anda. Siapa yang tidak mau blognya dikunjungi banyak orang? Maka, bisa menulis artikel SEO adalah sebuah keharusan. Nah, bagi yang belum tahu cara untuk menulis artikel SEO, simak tips dan cara membuat artikel SEO berikut ini.

1. Tema yang Tepat

Sebelum menulis, pikirkan dengan matang tentang tema yang akan Anda tulis. Tempatkan diri Anda sebagai pembaca dan sebagai pembaca, tema apakah yang membuat Anda tertarik untuk membaca? Nah, ikuti juga insting Anda dengan menulis hal-hal menarik yang nantinya akan membuat orang tertarik untuk mengunjungi blog Anda dan membaca tulisan Anda. Amannya, Anda bisa membuat tulisan dengan “everlasting topic”. Apa itu everlasting topic? Everlasting topic adalah topik abadi yang kasarannya tidak akan basi di pasaran. Jika Anda ingin menulis tentang news atau berita terikini, mungkin hal ini akan berhasil untuk hari pertama, kedua, ketiga, dan mungkin keempat. Namun seminggu kemudian, topik ini sudah akan basi dan tidak akan ada orang lagi yang mencari berita tentang hal ini. Lain halnya jika Anda menulis sesuatu dengan topik semisal manfaat sayur dan buah. Sampai kapanpun, hal ini tidak akan basi karena manfaat sayur dan buah tidak akan hilang atau berubah. Inilah yang dimaksud dengan everlasting topic. Amannya memang tulisan dengan jenis seperti inilah yang lebih SEO friendly.

2. Perhatikan Blog Saingan

Akuilah jika tidak hanya Anda seorang yang mengelola blog. Ada banyak sekali blogger-blogger lain yang melakukan hal yang serupa dengan Anda. Nah, untuk membuat blog Anda lebih menarik dan membuat artkel-artikel Anda lebih SEO friendly, ada baiknya Anda mengunjungi blog-blog saingan Anda dan memperhatikan isinya. Catat seperti apa gaya tulisan yang ada di blog-blog itu dan berusahalah untuk membuat artikel yang lebih menarik dari pada artikel yang ada di blog-blog saingan Anda. Satu hal yang perlu diingat, jangan sekali-kali meniru atau menjiplak tulisan dari blog-blog saingan Anda. Buatlah tulisan Anda sendiri dan beri tema, judul, dan keyword yang menarik. Jika isinya berkualitas, Anda akan mempunyai artikel yang isinya lebih SEO friendly and blog Anda akan mendapatkan kunjungan yang lebih tinggi.

3. Cari Judul Menarik

Judul yang menarik sangatlah penting dalam pengoptimalan artikel blog. Ada banyak judul yang dapat menarik pengunjung untuk membaca artikel blog. Yang perlu kita catat, artikel judul tidak harus terlalu panjang dan bertele-tele karena malah justru akan membuat pembaca bingung. Tapi, judul artikel juga tidak boleh terlalu singkat karena nanti terkesan tidak jelas dan malah terkesan seperti judul jebakan. Buatlah artikel dengan judul yang dapat mencakup isi artikel. Selain itu, buatlah judul yang jelas dan gunakan bahasa yang menarik sehingga nantinya banyak orang yang akan mengunjungi blog Anda dan membaca artikel Anda.

4. Optimalkan Keyword

Keyword adalah hal yang penting dalam sebuah artikel. Apalagi dalam artikel SEO. Keyword inilah yang akan menentukan kesempatan artikel Anda untuk muncul pada halaman awal mesin pencari. Karenanya, pastikan keyword yang Anda pakai dalam artikel cocok dengan isi artikel. Pastikan juga jumlah keyword Anda dalam satu artikel memenuhi ketentuan. Pastikan Anda menempatkan keyword pada judul artikel, awal kalimat pada paragraf pertama, dan pada kalimat terakhir paragraf. Beri juga keyword pada bagian tengah artikel. Ingat, jangan terlalu sering menulis keyword pada artikel karena nanti justru kesannya artikel Anda seperti artikel spam. Letak keyword harus bisa natural dan dapat membaur sempurna dengan isi artikel.

5. Gunakan Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah ringkasan yang sangat singkat pada bagian search descirption. Meta deskripsi ini harus mencakup semua yang Anda tulis dalam artikel. Tapi sebaiknya, jangan asal mengambil dari dalam artikel karena isi yang sama persis justru tidak akan berhasil di sini. Buatlah ringkasan sendiri dengan hanya beberapa kalimat saja. Tidak perlu panjang-panjang. Yang penting, isi dari artikel Anda dapat dijelaskan di meta deskripsi ini. Dengan adanya meta deskripsi ini, sangat mungkin Anda dapat memperbesar kemungkinan artikel Anda muncul pada halaman-halaman pertama mesin pencari. Selalu isi meta deskripsi karena ini adalah salah satu cara membuat artikel SEO yang paling berhasil.

6. Penggunaan Sub Judul

Tips selanjutnya dalam list cara membuat artikel SEO adalah memperhatikan penggunaan sub judul. Penggunaan sub judul sangat penting dalam penulisan artikel yang baik. Mengapa? Tanpa sub judul, artikel akan terlihat sangat panjang dan membosankan. Sebaliknya, jika Anda memberikan sub judul dalam tulisan atau dalam artikel Anda, artikel Anda akan terlihat lebih rapi dan lebih enak dibaca karena terdiri dari beberapa bagian. Pembaca pun juga tidak akan bosan membaca artikel Anda. Dalam penulisan artikel yang baik, setidaknya harus ada dua sub judul. Sub judul ini bisa langsung diletakkan setelah paragraf pengantar.

Cara membuat isi sub judul yang baik adalah dengan memahami betul apa yang Anda tulis jadi Anda nantinya bisa mengelompokkan bagian-bagian mana di tulisan Anda yang bisa dijadikan satu sub judul. Contohnya, misalkan Anda ingin menulis artikel tentang makanan yang dapat membantu melangsingkan tubuh. Nah, jika artikelnya berbentuk list seperti ini, maka akan sangat baik jika di setiap sub judul diisi dengan satu jenis makanan. Semisal, sub judul pertama adalah teh hijau, sub judul kedua adalah brokoli, sub judul ketiga adalah coklat, dan seterusnya. Maka akan lebih jika Anda tahu terlebih dahulu berapa makanan yang akan Anda bahas sehingga Anda tahu harus membuat berapa sub judul. Jika item dalam list Anda banyak, maka bisa satu sub judul diisi dua sampai tiga item.

7. Penggunaan Bold, Italic, dan Underline

Dalam artikel yang baik, ketiga formatting tools tersebut pasti sering digunakan. Penggunaan format cetak tebal atau bold, cetak miring atau italic, dan garis garis bawah atau underline memberikan fungsi yang cukup signifikan pada artikel Anda. Ketiganya dapat memberikan penekanan pada kalimat-kalimat di artikel Anda. Gunakan ketiganya atau setidaknya salah satu untuk menandai kata dan keyword yang penting dalam artikel Anda. Jika hal ini Anda lakukan, maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan relevansi di artikel Anda dan alhasil artikel dan blog Anda akan muncul di halaman yang lebih depan di mesin pencari. Meskipun penting, namun hal paling utama yang harus Anda ingat saat menggunakan ketiga tools formatting ini adalah dengan tidak menggunakannnya secara berlebihan. Jika Anda gunakan secara berlebihan, artikel Anda malah akan terlihat berantakan dan terlihat seperti spam.

8. Penggunaan External Linking

Untuk cara membuat artikel SEO selanjutnya, kita ada penggunaan external linking. Dalam setiap artikel di blog Anda, berikan external linking atau linking yang menuju postingan lain. Hal ini sangat penting adanya karena mungkin tidak semua yang Anda tulis di blog Anda murni berasal dari pemikiran Anda. Mungkin Anda juga mengutip dari sumber lain, paling tidak website seperti Wikipedia. Nah, berikanlah link eksternal yang menuju ke blog atau website suber tersebut. Hal ini bersifat referensial dan sangat penting adanya. Percayalah, mencantumkan link eksternal ke sumber tidak akan merugikan Anda. Malahan, blog Anda akan lebih diapresiasi pengunjung. Mengapa? Karena untuk pengunjung, link eksternal yang Anda cantumkan di dalam artikel Anda akan membantu pengunjung mendapatkan sumber informasi lebih mendalam. Bagi mesin pencari seperti Google, link eksternal juga penting karena Google akan mendapatkan referensi yang lebih jelas dan blog Anda akan dinilai baik oleh Google. Jika Anda masih enggan menggunakan metode ini, ingat jika plagiarisme itu tidak baik. Jika Anda mengambil bahan tulisan dari sumber lain dan tidak melakukan apresiasi, Anda dan blog Anda akan dicap sebagai plagiat.

9. Penggunaan Anchor Text

Dalam setiap artikel yang baik dan SEO friendly, tentunya anchor text selalu ada. Anchor text bisa diartikan sebagai kata atau kalimat di mana di dalamnya disisipkan sebuah link. Anchor text ini sama pentingnya dengan link eksternal karena akan memudahkan pembaca untuk mendapatkan referensi lainnya atau menuju ke artikel yang berhubungan dengan yang sedang dibacanya. Untuk menggunakan anchor text, perhatikan beberapa hal ini. Pertama, perhatikan variasi terhadap anchor text. Jangan pernah membuat anchor text yang sama persis dengan keyword. Kreatiflah dalam membuat anchor text sehingga artikel terkesan mengalir lebih natural. Kedua, jangan gunakan anchor text yang terdiri dari satu kata saja. Setidaknya anchor text harus terdiri dari tiga kata. Tapi, jangan pula gunakan anchor text yang terlalu panjang seperti satu kalimat penuh.

10. Mengoptimalkan Gambar

Memberi sisipan gambar dalam artikel Anda menjadi salah satu hal yang menarik pembaca. Namun kadang gambar akan membuat blog menjadi lama untuk dimuat. Hal ini kadang membuat pembaca tidak sabar. Untuk itu, coba optimalkan ukuran gambar yang akan Anda muat. Gunakan format JPEG dan yang penting gambar tidak pecah. Jadi, ukurannya tidak harus besar-besar. Hindari format gambar PNG dan GIF karena loadingnya lebih lama karena ukurannya yang lebih besar dari JPEG. Dengan cara membuat artikel SEO ini, blog Anda akan lebih sering dikunjungi oleh pelanggan karena isinya juga lebih SEO friendly.

You may also like

1 Comment

Pompa Submersible 31 Agustus 2016 at 3:03 pm

Nice Info. Keren nih…

Reply

Leave a Comment